Cara Membuat Wingko Babat Khas Semarang Nikmat dan Enak

Selasa, 26 Februari 20130 comments

Wingko atau lebih dikenal dengan nama wingko babat adalah makanan sejenis kue kekeyaan Nusantara, merupakan kue tradisional yang sangat terkenal, banyak orang mengenal wingko babat berasal dari daerah Semarang. Namun sebenarnya Wingko Babat sendiri berasal dari kota kecil di daerah Lamongan. Namun karena banyak dijual di Semarang makan lebih terkenal Wingko Babat Khas Semarang. Lepas dari semua itu Kue yang berbahan dasar kelapa ini memang sangat nikmat, dan biasa dibawa untuk oleh-oleh. Ada anggapan yang entah benar atau salah mengenai kemasan dari wingko Babat yang terkenal bercap Kereta Api, asal muasalnya karena Kue Wingko Babat ini sering dan hampir ada di seluruh stasiun-stasiun Kereta Api. Namun itu hanya anggapan tanpa fakta alias isapan jempol belaka. Nah yang lebih penting lagi bagaimana cara membuatnya? Yuk kita simak resep berikut ini Cara Membuat Wingko Babat Khas Semarang Nikmat dan Enak.

Bahan Membuat Kue Wingko Babat Khas Semarang :

  • 250 gram tepung beras ketan
  • 100 gram kelapa setengah tua (kupas kulit arinya dan diparut)
  • 250 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 75 gram margarin
  • 20 gram coklat bubuk 
  • 100 ml air
Wingko Babat Khas Semarang


Cara Membuat Wingko Babat Kas Semarang Nikmat dan Enak :

  1. Ambil separuh atau 125 gram gula pasir kocok dengan margarin sampai rata seluruhnya, lalu sisihkan. (adonan I)
  2. Ambil gula pasir yang tersisa atau 125 gram sisanya, kocok dengan dicampur telur ayam hingga mengental sempurna. (adonan II)
  3. Siapkan tempat (baskom) untuk adonan campuran tepung beras ketan dan parutan kelapa, aduk-aduk hingga merata. Masukkan (adonan II) campuran antara gula dengan telur ayam. kemudian masukkan juga (adonan I) campuran antara gula dan margarin.
  4. Masukan air bertahap sedikit-sedikit sambil terus diaduk samai adonan bercampur rata, tambahlah cokelat bubuk kedalam adonan, aduk hingga rata.
  5. Persiapkan cetakan, lapisi cetakan dengan daun pisang dan oles dengan minyak sedikit saja. Tuang adonan kedalam cetakan.
  6. Panggang dengan oven panas kira-kira 40 menit hingga matang yang ditandai dengan warna kuning kecoklatan. Lalu angkat.
  7. Potong potong sesuai bentuk yang diinginkan, sajikan Wingko Babat Khas Semarang selagi hangat.

Nah mudahkan? tunggu apalagi? Selamat mencoba dan berkreasi.
Share this article :
 
Copyright © 2012. Resep Masakan Internasional - All Rights Reserved
RSS Feeds
Powered by Blogger