Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kue kembang goyang dengan bentuknya yang khas dan rasa renyahnya yang juga khas kini sudah sedikit orang membuatnya, meskipun begitu saat hari raya masih ada beberapa orang membuatnya untuk disajikan bagi para tamu. Di beberapa daerah kue ini biasa digunakan untuk pelengkap bahan sesajian seperti di daerah Bali pada saat perayaan hari besar agama.

Membuat kue kembang goyang cukup mudah dan unik. Menggunakan cetakan kue berbentuk bunga yang mekar lalu cetakan yang sudah panas dicelupkan ke dalam adonan kue kemudian dicelupkan kedalam minyak panas sambil digoyang-goyang hingga kue terlepas. Hal ini dilakukan berulang-ulang hingga seluruh adonan habis. Nah dengan cara membuat yang unik ini maka terciptalah nama kue kembang goyang yang gurinh, renyah dan mantap. Meskipun kue ini sudah semakin berkurang keberadaannya kecuali di kampung-kampung, namun bagi yang masih melestarikannya merupakan kebanggan tersendiri.

Hal yang terakhir bagi anda yang belum pernah menikmati atau membuat kue ini adalah membaca dan mencoba resep yang akan kami bagikan segera untuk anda. Resep kue kali ini akan kami bagikan di Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih. Semoga anda berhasil dan kue tradisional tetap lestari.

Bahan-bahan untuk membuat kue kembang goyang :
  • 200 gram tepung beras
  • 65 gram gula pasir halus
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml santan (dari parutan 1/2 butir kelapa)
  • 2 sendok makan wijen
  • Minyak goreng secukupnya
Kue Kembang Goyang


Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih :
  1. Campurkan tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk hingga rata.
  2. Tuang telur beserta santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga seluruh adonan tercampur rata.
  3. Masukkan cetakan kue kembang goyang ke dalam minyak yang sudah dipanaskan untuk memanaskan cetakan.
  4. Celupkan cetakan kue ke dalam adonan, lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas sambil goyang–goyang cetakan sampai adonan kue terlepas dari cetakan.
  5. Goreng kue dengan mengulangi langkah diatas sampai matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat kue lalu tiriskan. Kue kembang goyang kini sudah siap disajikan. Sajikan kue dengan disimpan di dalam stoples kedap udara agar terjaga kerenyahannya untuk waktu lama.

Untuk membuat kue kembang goyang lebih menarik, bisa digunakan pewarna kue (jika diinginkan). Selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang