Cara Membuat Yogurt Sendiri Sehat dan Nikmat

Jumat, 01 Maret 20130 comments


Yogurt merupakan susu yang sengaja dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yogurt bisa dibuat dari susu hewani maupun nabati, termasuk di dalamnya susu kedelai. Namun dalam proses produksi jaman modern sekarang ini paling banyak dibuat dari susu sapi. Dari proses fermentasi gula susu (laktosa) dihasilkan asam laktat, asam laktat yang dihasilkan dari proses fermentasi berperan dalam protein susu dalam menghasilkan tekstur gel dan aroma yang khas pada yogurt. Proses fermentasi dan cara membuat yogurt sejatinya tidak susah dan anda bisa saja membuatnya di rumah. Selain lebih menghemat pengeluaran mungkin saja untuk di perdagangkan sebagai produksi rumahan malah bisa menghasilkan keuntungan. Nah lalu bagaimana cara membuatnya simak saja Cara Membuat Yogurt Sehat dan Nikmat.

Bahan-bahan untuk Membuat Yogurt :
  • 1000 ml Susu (bisa susu apa saja)
  • 1/2 Cangkir biang Yogurt/Yogurt Plain (yogurt yang masih mengandung bakteri yang masih hidup/bakteri probiotik)
Yogurt



Cara Membuat Yogurt Sendiri Sehat dan Nikmat :
  1. Tuangkan susu kedalam panci dan panaskan dengan kompor api kecil maupun dengan oven dengan temperatur kira-kira hingga 85 derajat Celcius sambil di aduk-aduk perlahan. Yang perlu diperhatikan saat proses pemanasan jangan sampai susu mendidih dan hangus di bagian bawahnya. Proses pemanasan susu bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.
  2. Setelah dirasa cukup angkat susu dan dinginkan dengan mencelupkan panci ke dalam baskom atau wadah besar lain yang di beri air sambil diaduk perlahan-lahan hingga temperatur susu mencapai kira-kira 43 derajad Celcius.
  3. Jika sudah mencapai temperatur yang diinginkan tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri hidup kedalam panci berisi susu. Ratakan dengan cara diaduk-aduk hingga pencampuran kedua bahan rata secara keseluruhan.
  4. Pindahkan cairan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam wadah yang bersih, lalu tutup rapat-rapat atau bisa ditutup dengan plastik rapat agar proses inkubasi berjalan bagus.
  5. Dalam proses inkubasi diamkan cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Usahakan agar temperatur tetap terjaga sekitar 38 derajad Celcius. Proses ini kira-kira membutuhkan waktu selama 7 jam. Semakin lama didiamkan tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.
  6. Setelah didiamkan selama sekitar 7 jam atau lebih dinginkan yogurt yang telah mengental selama beberapa jam sebelum dikonsumsi. Hal ini akan lebih mengawetkan atau menambah waktu kadaluwarsa yogurt selama 1-2 minggu.

Nah mudah sekali membuat yogurt sendiri, selamat mencoba dan berkreasi. 


Share this article :
 
Copyright © 2012. Resep Masakan Internasional - All Rights Reserved
RSS Feeds
Powered by Blogger