Cara Membuat Kue Pandan Chiffon Special Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Pandan Chiffon Special

Menu Internasional - Pada kesempatan kali ini kita akan membagikan resep kue pandan chiffon. Kue chiffon merupakan kue sejenis bolu dengan tekstur yang lembut dan memiliki citarasa manis. Rasa manis dari kue pandan chiffon yang di taburi gula pasir bubuk berkesan membuat kue jadi lebih gurih, ditambah aroma khas pandan yang mampu menggugah selera. 

Kue Pandan Chiffon yang lembut ini sangat cocok dihidangkan untuk anggota keluarga maupun pada acara-acara semi resmi. Kue pandan chiffon juga baik dihidangkan pada saat hari raya meskipun tidak terlalu tahan lama, namun untuk 2-3 hari sudah cukup untuk kue ini menjadi suguhan yang mantap.

Tekstur lembutnya kue pandan ini memudahkan untuk dicerna. Dan kenikmatan rasa kue ini mampu memanjakan lidah siapa saja yang memakannya. Cara membuatnya sangat simpel dan mudah dipraktekkan. Nah berikut adalah resep specialnya Cara Membuat Kue Pandan Chiffon Special. Yuk segera simak resepnya.

Bahan-bahan untuk Membuat Kue Pandan Chiffon Special :  
  • 6 butir telur (pisahkan kuning telurnya)
  • 8 putih telur  (ambil 6 dari sisa yang diambil kuningnya)
  • 275 gr gula pasir/gula putih halus 
  • 100 ml minyak selada 
  • 150 ml santan (hasil parutan 1/2 butir kelapa) 
  • 250 gr ayakan tepung terigu 
  • 1 sendok teh baking powder (pengembang kue)
  • 1/2 sendok teh soda kue 
  • Pasta pandan secukupnya
  • 1 sendok teh cream of tartare
Bahan untuk Hiasan Kue :  
  • Taburan gula bubuk dan ceri merah  
Kue Pandan Chiffon Special

Cara Membuat Kue Pandan Chiffon Special :  
  • Persiapkan loyang untuk memanggang Kue Pandan Chiffon berbentuk bulat dengan ukuran 22 cm, taruh alas kertas roti di permukaan loyang, basahi dengan air, lalu sisihkan.  
  • Siapkan oven dengan dipanaskan pada suhu 180 derajat C.
  • Aduklah kuning telur serta gula pasir, masukkan minyak selada, tepung terigu serta santan, soda kue dan baking powder, aduk-aduk bahan-bahan campuran sampai adonan mengental. Tambahkan pasta pandan lalu aduk-aduk lagi hingga rata seluruhnya.  
  • Kocoklah cream of tartare bersama putih telur, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil tetap dikocok sampai adonan mengembang sempurna dan kaku. 
  • Masukkan putih telur kedalam campuran adonan telur, aduk-aduk hingga rata, masukkan semua adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan sebelumnya lalu pangganglah kedalam oven yang telah dipanaskan dengan waktu kira-kira selama 45 menit sampai matang.  
  • Setelah kira-kira matang, angkat kue dari oven, balik loyang menghadap kebawah, kue akan terlepas sendiri setelah uap panasnya hilang. Setelah kue sedikit dingin taburkan gula bubuk di atas permukaan lalu hiasi dengan buah cherry di atas permukaannya.
Gampang banget membuatnya? Selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang