Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia

Menu Internasional - Jengkol adalah jenis tumbuhan khas di kawasan Asia Tenggara. Bijinya yang beraroma "mantap" sangat digemari khususnya di Malaysia, Thailand, dan Indonesia dan digunakan sebagai bahan pangan. Jengkol sebagai bahan makanan bisa dimakan segar (tanpa dimasak) atau tanpa pengolahan maupun dengan diolah sebagai masakan. Jengkol bisa diolah menjadi masakan dengan berbagai macam jenis masakan yang cukup nikmat diluar baunya. Yang paling umum untuk mengolah jengkol sebagai masakan antara lain di rendang, digoreng, dan yang paling populer adalah di buat semur.

Diluar kekurangannya yang paling utama yaitu baunya yang khas, biji jengkol ternyata mengandung banyak manfaat yang cukup baik. Manfaat Jengkol didapat dari kandungan nutrisi nya, yaitu kandungan vitamin, asam jengkolat, mineral dan serat yang tinggi dan  baik untuk kesehatan tentunya dengan konsumsi terbatas. Manfaat jengkol selengkapnya bisa anda baca di Manfaat Mengkonsumsi Jengkol. Para pecinta jengkol hampir tidak peduli tentang aroma yang dihasilkan jengkol, meskipun bau tidak sedap namun jengkol memiliki penggemar yang tidak sedikit.

Nah jika anda salah satu penggemar sejati jengkol, kali ini akan kita bagikan cara membuat masakan berbahan dasar jengkol, untuk itu mari kita simak resepnya di Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia yang berikut ini.

Bahan-bahan untuk Membuat Semur Jengkol :
  • 1 ons Biji Jengkol 
  • 2 sdm Minyak goreng (untuk menumis)
Bumbu-bumbu untuk Membuat Semur Jengkol :
  • 3 Bawang merah (utuh)
  • 2 cm Jahe
  • 2 siung Bawang putih
  • 4 sdm Kecap
  • 1 sdt Lada
  • Garam secukupnya
Semur Jengkol Special


Cara Membuat Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia :
  1. Bersihkan jengkol, kupas kulit ari nya, lalu belah dua, dan rebus hingga matang.
  2. Buanglah sisa air untuk memasak, biji jengkol kembali dicuci.
  3. Haluskan bumbu-bumbu selanjutnya tumislah dengan minyak goreng.
  4. Masukkan jengkol lalu tambahkan sedikit air, tambahkan kecap secukupnya, lalu direbus hingga matang.
  5. Setelah dirasa matang, angkat jengkol masukkan kedalam piring saji.
  6. Semur Jengkol Paling Mantap di Dunia siap disantap.
Tips-tips bagi penggemar jengkol dengan berbagai olahannya :
  • Konsumsilah jengkol dengan batas kewajaran (tidak berlebihan), sekalipin kaya kandungan nutrisi konsumsi berlebihan akan membuat "jengkolan" yaitu penumpukan kristal di saluran urin.
  • Selain nikmat jengkol mempunyai kelebihan lain pada "bau" nya, pengolahan yang tepat mengurangi efek dari baunya (perendaman atau perebusan yang baik bisa mengurangi efek bau tidak sedap).
  • Ingat baunya tentunya juga harus ingat tempat buang air kecil yang tepat (jangan sembarangan)
  • Siramlah dengan banyak air, atau jika perlu beri sabun air untuk menyiram.
Nah mudah bukan? Ingat ya jangan cuma mau enaknya tapi jaga juga prilaku agar tidak mencemari lingkungan atau rumah anda dan kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba dan berkreasi.


Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang