Cara Membuat Kue Black Forest Sederhana dan Praktis Dengan Rasa Mantap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Black Forest Sederhana dan Praktis Dengan Rasa Mantap

Menu Internasional - Kue Black Forest adalah sejenis kue khas dari negara Jerman yang sangat terkenal di dunia. Kue ini dibuat dari bolu coklat dan dilapisi dengan krim segar, serta tambahan serutan coklat dan buah cerry. Meskipun kue black forest ini dikenal berasal dari daerah Black Forest, tapi seseorang pembuat kue yang berasal dari Bad Godesberg, mengaku telah menemukan resepnya pada tahun 1915.

Ia kemungkinan berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, sehingga agar mudah mengingatnya dia menamakan resep kue ciptaannya dengan nama daerah tersebut. Beberapa teori saling mengungkapkan asal-usul kue ini. Namun daripada pusing mememikirkan asal-usulnya lebih baik mencoba membuatnya saja. Nah bagaimana membuatnya simak saja resep Cara Membuat Kue Black Forest Sederhana dan Praktis Dengan Rasa Mantap.

Bahan-bahan untuk membuat Kue Black Forest :
  • 8 butir Telur (ukuran sedang)
  • 60 gram coklat bubuk (kalau mau hitam pakai Africain Chocolate)
  • 40 gram maizena
  • 100 gram terigu
  • 1 sendok makan Sponge-28 (bisa di hilangkan atau diganti dengan emulsifier)
  • 100 gram mentega, lelehkan,dinginkan.
  • 200 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh vanilli
  • 500 gram whipped cream yang sudah dikocok kaku
  • 100 gram dark cooking chocolate
  • 10 buah strawberry segar
  • 1 kaleng black cherry, saring dan pisahkan airnya.
Kue Black Forest Jozz


Cara Membuat Kue Black Forest Sederhana dan Praktis :
  1. Campurkan tepung terigu, bubuk coklat dan tepung maizena, lalu aduk-aduklah hingga rata.
  2. Kocoklah telur, Sponge-28 dan gula hingga kental dan mengembang, masukkanlah campuran tepung sambil diayak, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu masukkan mentega yang sudah dilelehkan aduk-aduk hingga rata.
  3. Tuangkan bahan ke dalam loyang yang berbentuk kotak atau bulat sesuai selera berukuran 20x20x7 cm, panggang ke dalam oven sampai benar-benar matang, dan dinginkan.

Finishing Kue Blackforest :

  1. Potonglah kue dari oven arah melintang menjadi tiga bagian, basahi dengan cairan cherry hitam.
  2. Letakkan selapis potongan kue, olesi dengan whipped cream, lalu tatalah belahan buah cherry hitam diatas lapisan pertama, lalu tutuplah dengan meletakkan diatasnya lapisan kue yang kedua, olesi dan letakkan lagi buah cherry hitam, tumpukkan lagi lapisan teratas yang ketiga, lalu rapikanlah.
  3. Olesi seluruh bagian kue tadi dengan whipped cream, hiasi dengan dark cooking chocolate yang sudah dicetak sedemikian rupa hingga seluruh bagian kue tertutup semua.
  4. Semprotlah dengan whipped cream, lalu hiasi kue yang sudah tertutup dengan buah strawberry segar atau bahan tambahan lain jika diinginkan agar lebih cantik dan menarik.
Tips n Trik Praktis dan Ekonomis dalam Membuat Kue Black Forest :
  • Agar lebih ekonomis dalam membuat kue black forest, penggunaan dark cherry atau buah cerry hitam bisa dihilangkan. sedangkan untuk membasahi setiap lapisan kue bisa digunakan sirup buatan sendiri dari air+gula pasir yang direbus dengan perbandingan 1:1.
  • Untuk penggunaan whipped cream juga bisa diganti dengan butter cream untuk mengurangi biaya dan lebih ekonomis.
  • Cara yang praktis untuk membuat hiasan pada pinggiran/sisi kue black forest adalah dengan memotong coklat tipis-tipis menggunakan pisau bergerigi. Tetapi jika ada cetakan untuk membuat coklat pagar bisa digunakan untuk hasil yang lebih bagus.
  • Topping atau hiasan penutup bagian atas bisa menggunakan buah atau bisa juga mengunakan coklat curl (bisa dibuat dengan mengerok coklat dengan alat pengerok melon atau pepaya).
Nah demikian Cara Membuat Kue Black Forest Sederhana dan Praktis Dengan Rasa Mantap, ingin segera mencobanya? Untuk cara membuat kue yang lain silahkan cek di Cara Membuat Rainbow Cake Enak dan CantikSelamat mencoba dan berkreasi. 


Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang