Cara Membuat Pepes Ikan Majalaya Khas Bandung Selatan Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Pepes Ikan Majalaya Khas Bandung Selatan

Menu Internasional - Pepes adalah salah satu pengolahan makanan khas tradisional Indonesia yang biasanya bahan dasar pepes adalah ikan. Namun pepes bisa juga untuk bahan makanan lain seperti jamur dan sebagainya. Satu hal selain ikan yang begitu melekat dalam olahan pepes adalah daun pisang yang menjadi pembungkus ikan beserta bumbu-bumbu nya. 

Cara pengolahan atau pembuatan pepes adalah dengan menghaluskan bumbu serta rempah-rempah sebagai yang kemudian ditambahkan dengan daun kemangi, tomat serta cabai sebagai bahan tambahan yang selanjutnya dibalurkan bersama dengan ikan yang sudah dibersihkan. 

Selanjutnya semua bahan yang sudah dicampurkan dibungkus dengan daun pisang dan dikunci dengan dua batang lidi di ujung-ujung nya. Selanjutnya sebagai langkah akhir bahan yang telah dibungkus kemudian di bakar atau dipanggang di atas bara api/arang hingga matang. Nah kali ini akan dibagikan resep istimewa khas Jawa Barat yaitu Cara Membuat Pepes Ikan Majalaya Khas Bandung Selatan. Silahkan segera saja cek resepnya berikut ini.

Bahan-bahan :
  • Ikan mas (carp)
  • Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
  • 10 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 batang asam Jawa
  • 5 siung bawang putih
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
Bumbu-bumbu yang diiris :
  • 2 batang daun bawang
  • 5 siung bawang merah
  • Surawung (dun kemangi/bassilica), tanpa bahan ini maka pepes ikan akankehilangan ke-khasan-nya
  • Daun salam, serai yang dimemarkan, laos/lengkuas sebagai bahan tambahan.
Cara Membuat Pepes Ikan Majalaya Khas Bandung Selatan

Cara Membuat Pepes Ikan Majalaya Khas Bandung Selatan :
  1. Keluarkan isi perut ikan, buang sisiknya lalu dicuci bersih.
  2. Lumuri ikan dengan setengah bumbu.
  3. Isikan bumbu yang tersisa kedalam perut ikan.
  4. Bungkus dengan daun pisang (sebaiknya dibungkus beberapa lapis), sehingga apabila daun lapisan pertama terbakar/sobek ikan tidak tumpah/keluar.
  5. Masukkan kedalam wajan (wok) lalu tambahkan air hingga bungkusan hampir terendam, rebislah diatas api yang tidak terlalu besar selama kira-kira 1-2 jam hingga air mengering.
  6. Perhatikan kondisi wajan jangan sampai terlalu kering sehingga bungkusan pepes tidak hangus.
  7. Diamkan beberapa saat diatas wajan tanpa api hingga wajan menjadi dingin. Sesekali baliklah bungkusan pepes.
  8. Untuk hasil yang lebih sempurna setelah proses pada No.6 lanjutkan dengan dipanaskan diatas tempat memasak dengan api kecil. Bolak balikan pepes setiap kira-kira 5 menit hingga daun pisang pembungkus benar-benar kering dibagian luar.
  9. Cara penyajian : sajikan sehari setelah pembuatan, atau dingin tanpa masuk ke dalam lemari pendingin.
  10. Cara lain : Setelah proses No.5 di atas lanjutkan dengan proses di panggang dimasukkan atau diletakkan di atas arang/bara api panas atau di masukkan ke dalam oven dengan temperatur tertentu.
Nah demikian resep membuat pepes ikan Majalaya, selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang