Manfaat dan Khasiat Tanaman Putri malu bagi kesehatan Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Manfaat dan Khasiat Tanaman Putri malu bagi kesehatan

Menu Internasional - Putri malu atau dalam bahasa latin disebut Mimosa pudica adalah sejenis tanaman perdu pendek asih termasuk dalam anggota suku polong-polongan yang sangat mudah dikenali dengan perilaku unik daun-daunnya yang bisa merespon secara cepat yaitu layu/menutup  saat disentuh. Walaupun jenis anggota dalam suku polong-polongan dapat merespon dengan cara yang sama, akan tetapi putri malu mampu bereaksi lebih cepat daripada jenis yang lain.

Respon menutup atau layu tersebut hanya bersifat sementara dan akan kembali seperti semula setelah beberapa menit kemudian. Tanaman yang unik ini ternyata juga mempunyai manfaat dan khasiat seunik tanaman itu sendiri. Apa saja manfaat dan khasiatnya simak saja yuk di Manfaat dan Khasiat Tanaman Putri malu bagi kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Obat Insomnia
Cara membuatnya :
  • Rebuslah 30-60 gram daun tanaman putri malu hingga mendidih dan minumlah airnya.
  • Dengan mencampurkan sebanyak 15 gram daun tanaman putri malu dengan 15 gram daun sawi langit serta 30 gram daun calincing yang selanjutnya direbus hingga mendidih dan minumlah air hasil rebusannya.
2. Sebagai Obat Bronkitis Kronis
Cara membuatnya :
  • Campurkan 600 ml air dengan 60 gram akar tanaman putri malu kemudian direbus dengan api yang kecil, biarkan hingga air hanya tersisa kira-kira 200 ml saja. Bagilah 2 air hasil rebusan untuk 2 kali minum.
  • Campurkan 30 gram daun tanaman putri malu, 10 gram akar tanaman peristrophe roxburghiana. Rebuslah dalam satu wadah, dan bagi 2 hasil rebusan untuk 2 kali minum.
3. Obat Batuk Berdahak
  • 10 hingga 15 gram direbus dan diminum air hasil rebusannya.
4. Obat Ascariasis
  • 15 hingga 30 gram daun tanaman putri malu direbus dan minum hasil rebusannya.
5. Sebagai Obat Rheumatik
  • Siapkan 15 gram akar tanaman putri malu lalu direndam ke dalam 500 ml arak putih dalam waktu 2 minggu, cara pemakaiannya adalah dengan menempelkan ke bagian yang sakit.
6. Manfaat penting lainnya dari tanaman putri malu adalah :
  • Mampu mengatasi penyakit malaria
  • Akar dan biji tanaman putri malu mampu merangsang muntah, mengobati radang mata yang sudah akut, mengobati kencing batu, menurunkan panas demam tinggi pada anak-anak serta sebagai obat manjur penyakit herpes.



Catatan Penting untuk mengkonsumsi atau menggunakan tanaman putri malu :
  •  Penting untuk diketahui bahwa pemakaian akar putri malu secara berlebihan atau melebihi dosis  justru akan menyebabkan keracunan dan muntah-muntah.
  • Dilarang keras bagi ibu atau wanita hamil untuk mengkonsumsi putri malu baik daun maupun akarnya karena akan sangat membahayakan janin.
Kandungan kimia dari jenis tanaman putri malu yang sangat penting adalah mimosine yang mempunyai sifat kimiawi dan efek dalam farmakologi antara lain manis, astringen, dan agak dingin. Sedangkan efek farmkologisnya adalah sebagai penenang (tranquiliser), pelancar dahak (expectoran), sedative, anti batuk (antitusif), penurun panas (antipiretic), pelancar air kencing (diuretic), dan anti radang (anti-inflammatory).



Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap

Menu Internasional - Kue Putri kandis  merupakan kue tradisional khas Jambi yang merupakan salah satu jenis kue yang biasa dan mudah ditemukan pada perayaan adat atau acara-acara penting yang lain, misalnya acara antar belanjo yang merupakan budaya Jambi. Sejarah serta asal-usul kue Putri Kandis ini memang tidak terlalu banyak sumber yang jelas. Pembuat kue di Jambi Seberang Kota hanya mewarisi resep kue Putri Kandis ini turun temurun dari nenek moyangnya. Dan pada saat ini cuma beberapa saja dari para pembuat kue yang benar-benar terampil dalam membuatnya. Nah jika anda tertarik untuk belajar membuat atau ingin melestarikan kue warisan ini silahkan simak resep Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap . Bahan-bahan I Kue Putri Kandis : 15 kuning telur 125 gram gula pasir ¼ sendok teh vanilla 50 ml susu kental manis 50 gram margarine, dikocok hingga lembut 1 ½ sendok makan tepung terigu 175 ml santan dari parutan 1 butir kelapa 2 sendok makan cokelat bub