Cara Membuat Kue Gemblong Istimewa Gurih dan Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Gemblong Istimewa Gurih dan Nikmat

Menu Internasional - Nama makanan tradisional ini unik, rasanya pun unik seperti namanya. gemblong itulah nama kue tradisional ini, berbentuk bulat terbuat dari bahan tepung yang dibuat adonan bersama bahan-bahan lain lalu setelah digoreng dan didinginkan dilapisi dengan menggunakan cairan gula yang telah dilarutkan. namun yakinkah anda untuk membeli atau menyantap kue dengan nama unik cenderung aneh ini, yakin saja karena kue ini rasanya tidak seaneh namanya, gurih dan manis itulah sensasi yang akan anda dapat dari rasa kue ini. Yang paling penting jangan salah menyebut namanya saja saat anda meneriaki penjualnya untuk membeli. Bisa jadi anda gagal membeli malah adu mulut sama penjualnya. Sebut namanya "gemblong" bukan "gemblung". Gemblung dalam bahasa Jawa berarti "gila".

Nama kue tradisional yang sama sekali tidak keren ini patut anda cicipi dahulu sebelum anda mengkonsumsi makanan yang bergaya kebarat-baratan. Umumnya orang yang mengkonsumsi jajanan tradisional selalu di ejek oleh teman-temannya dengan mengatakan "ini sudah tahun 2020 masih saja makan yang begituan" jangan pernah berkecil hati karena sebaliknya yang harus anda rasa adalah bangga masih bisa menikmati jajanan tradisional di tanah air sendiri. Jika nanti anda hanya untuk mengkonsumsi makanan tradisional ini ke negara tetangga alangkah malu nya.

Tentunya akan lebih bangga lagi jika anda tidak hanya bisa mengkonsumsinya namun bisa membuatnya sendiri di rumah. Kue tradisional biasanya masih tetap lestari karena resep turun temurun, karena memang diakui di masa sekarang ini orang lebih memeilih jajanan kue instant yang membuatnya pun kita tidak tahu. Hati-hati karena kita tidak bisa mengawasi proses pembuatannya kita juga tidak mungkin tahu makanan yang sebenarnya kita makan itu layak di konsumsi atau tidak.

Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini akan saya bagikan resep istimewa kue tradisional yang patut anda coba sendiri di rumah. Nah resep specialnya adalah Cara Membuat Kue Gemblong Istimewa gurih dan Nikmat yang berikut ini. Yuk segera saja kita simak resepnya.

Cara Membuat Kue Gemblong Istimewa Gurih dan Nikmat

Bahan-bahan :
  • 350 gram tepung ketan
  • 100 gram tepung beras
  • 1/2 butir kelapa yang masih agak muda, diparut memanjang lalu dikukus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 350 ml santan kental
  • minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan Besta (Lapisan Gula) :
  • 100 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram gula merah, diiris halus
Cara Membuat Kue Gemblong Istimewa Gurih dan Nikmat :
  1. Campurkan tepung ketan dengan tepung beras, garam serta kelapa parut. tumbuk hingga kelapa parut agak hancur.
  2. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga merata. Buatlah bentuk bulat-bulat agak pipih oval dan padat dari adonan. Selanjutnya gorenglah adonan ke dalam minyak panas yang banyak dan gunakan api sedang hingga adonan matang, lalu angkatlah adonan.
  3. Membuat besta : didihkanlah air, lalu masukkan gula pasir serta gula merah hingga berserabut. Masukkan adonan ketan yang sudah dibentuk bulat oval aduk-aduk dengan cepat hingga besta merata pada adonan ketan dan mengering. Lalu matikan api dan angkat lalu simpanlah kedalam wadah kedap udara.
Demikian tadi resep membuat kue gemblong spesial, bahan-bahan di atas menghasilkan 12 buah kue. Selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap

Menu Internasional - Kue Putri kandis  merupakan kue tradisional khas Jambi yang merupakan salah satu jenis kue yang biasa dan mudah ditemukan pada perayaan adat atau acara-acara penting yang lain, misalnya acara antar belanjo yang merupakan budaya Jambi. Sejarah serta asal-usul kue Putri Kandis ini memang tidak terlalu banyak sumber yang jelas. Pembuat kue di Jambi Seberang Kota hanya mewarisi resep kue Putri Kandis ini turun temurun dari nenek moyangnya. Dan pada saat ini cuma beberapa saja dari para pembuat kue yang benar-benar terampil dalam membuatnya. Nah jika anda tertarik untuk belajar membuat atau ingin melestarikan kue warisan ini silahkan simak resep Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap . Bahan-bahan I Kue Putri Kandis : 15 kuning telur 125 gram gula pasir ¼ sendok teh vanilla 50 ml susu kental manis 50 gram margarine, dikocok hingga lembut 1 ½ sendok makan tepung terigu 175 ml santan dari parutan 1 butir kelapa 2 sendok makan cokelat bub