Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih

Menu Internasional - Gemblong kicak atau di beberapa daerah menyebut dengan jadah adalah menu kue tradisional yang enak banget, terbuat dari bahan utama tepung beras ketan. Berbeda dari Kue Gemblong yang sebelumnya di bagikan, karena bahan utama gemblong yang dari Bandung menggunakan bahan dasar tepung ketan, dan tepung beras. Rasanya pun pasti berbeda, juga bentuknya. Kue gemblong kicak merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah yang tepatnya dari daerah Tegal. 

Biasanya disajikan pada saat bulan ramadhan sebagai menu yang banyak dirindukan oleh banyak orang terutama saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa, karena makanan tradisional ini memang sangat cocok sebagai menu berbuka puasa. Ada yang bilang berbukalah dengan yang manis, bukan begitu? Nah kue inilah alternatif makanan manis untuk berbuka puasa. Kue yang legit ini disajikan bersama dengan saus gula dengan santan kental yang membuat rasa kue tradisional ini menjadi unik manis dan gurih.

Nah kebetulan saat ini sedang mendekati bulan puasa ramadhan saatnya menyiapkan diri untuk berbuka dengan yang manis kan? Kebetulan kue ini memang sangat jarang ditemukan, karena memang sering dibuat hanya saat bulan puasa itupun dengan jumlah penjual yang sedikit. Untuk itu daripada pengen buka dengan menu kue yang enak ini malah ga jadi berbuka gara-gara ga nemu kue nya, sebaiknya membuat sendiri saja kue yang lezat ini, karena akan dibagikan resep specialnya di Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih yang berikut ini. Yuk segera simak dan praktekkan resepnya.

Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih


Bahan-bahan :
  • 1/2 kg beras ketan putih, direndam selama kira-kira 2 jam, lalu ditiriskan
  • 1/2 butir kelapa, diparut kasar
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • Daun pisang secukupnya, untuk alasi loyang

Bahan-bahan saus gula :
  • 1/2 liter santan, hasil parutan 1 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 sendok makan irisan gula merah
  • 1 sendok teh tepung beras
  • 8 mata buah nangka, potong-potong bentuk kotak dadu
Cara Membuat Kue Gemblong Kicak Istimewa Legit dan Gurih :
  1. Campurkanlah bahan parutan kelapa bersama dengan beras ketan putih, aduk-aduk hingga rata, selanjutnya kukuslah selama 25 menit.
  2. Didihkanlah air bersama daun pandan serta garam, lalu masukkan beras ketan dan aduk-aduklah hingga air habis, angkat campuran bahan tersebut lalu kukus hingga matang.
  3. Siapkan wadah loyang dengan ukuran 24x24x4 cm, letakkan daun pisang sebagai alas diatas loyang lalu olesi dengan minyak goreng. Tumbuk adonan ketan yang sebelumnya sudah dikukus hingga halus dan masukkan kedalam loyang dan padatkan. Selanjutnya keluarkan gemblong dari loyang dan potong-potonglah gemblong dengan bentuk sesuai selera, segera sajikan bersama dengan saus gula.
  4. Membuat saus gula : Rebuslah santan bersama dengan garam dan gula merah serta tepung beras hingga medidih. Masukkanlah potongan-potongan nangka dan aduk-aduk hingga rata lalu angkat.
Nah demikian tadi resep kue gemblong kicak untuk menu berbuka puasa bersama keluarga anda. Bahan-bahan diatas untuk 10 orang. Selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang