Cara Membuat Pindang Santan Dengan Ikan Tongkol Istimewa dan Lezat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Pindang Santan Dengan Ikan Tongkol Istimewa dan Lezat

Menu Internasional - Pindang merupakan masakan khas Indonesia dan juga masakan khas Palembang yang sangat terkenal karena rasanya yang unik. Percampuran antara rasa pedas, rasa asam dan rasa manis merupakan citarasa khas dari masakan pindang yang begitu banyak peminatnya ini. Terutama para pecinta kuliner akan sangat menikmati masakan pindang ini. Banyak sekali varian dari pindang dan semua itu tergantung dari selera masing-masing orang. Biasanya semua mengikuti apa yang seseorang sukai. Banyak contoh seperti pindang ikan, pindang daging sapi serta masih banyak lagi pindang-pindang yang lain yang nanti satu demi satu akan kita bahas disini dan tentu saja tidak lupa akan dibagikan resep-resep spesial nya khusus untuk anda pecinta masak memasak dan pecinta kuliner Indonesia.

Pindang yang terkenal biasanya dari daerah Palembang Sumatra Selatan, selain memang masakan khas Palembang juga merupakan menu yang sangat terkenal dengan pindang ikan patin nya. Banyak sekali peminat dari masakan pindang ikan patin ini, sehingga jika ada yang bilang anda dianggap tidak pernah ke Palembang jika belum menikmati masakan pindang ikan Patin yang merupakan kekayaan kuliner selain pempek dan tekwan yang juga menjadi ciri khas kota Palembang. Namun jangan berkecil hati nanti akan kita share mengenai masakan terkenal itu.



Nah sebelum kita membuat resep masakan pindang ikan patin yang khas itu ada baiknya kita mencoba resep yang pindang dengan bahan ikan yang lain. Tentu saja dalam resep special ini dengan bahan ikan tongkol atau orang juga menyebutnya ikan cue. Siapa tahu masakan ini akan lebih terkenal dari pindang ikan patin nya kota Palembang. Baiklah anpa berlama-lama ngobrol segera saja anda simak resepnya di Cara Membuat Pindang Santan Dengan Ikan Tongkol Istimewa dan Lezat yang berikut ini.

Cara Membuat Pindang Santan Dengan Ikan Tongkol Istimewa dan Lezat

Bahan-bahan :
  • 350 gram ikan tongkol/ikan Cue (dipotong-potong)
  • Minyak goreng secukupnya (untuk tumis dan menggoreng)
Bahan-bahan yang diiris tipis:
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai keriting merah
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 1/2 buah tomat
Bahan-bahan tambahan :
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas (dimemarkan)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai (dimemarkan)
  • 1 papan petai (dikupas lalu belah dua)
  • 150 ml santan (hasil parutan 1/2 butir kelapa)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
Cara Membuat Pindang Santan Dengan Ikan Tongkol Istimewa dan Lezat :
  1. Bersihkanlah ikan tongkol dan pisahkan dari tulangnya lalu sisihkan. Panaskan minyak dalam wajan lalu gorenglah ikan hingga berwarna kekuningan, segera angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan lagi 3 sendok makan minyak goreng, lalu tumislah bumbu-bumbu irisan bersama dengan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serta serai hingga matang dan beraroma harum. Selanjutnya masukkan petai dan aduk aduk hingga rata.
  3. Berilah santan, gula pasir dan garam dan masaklah hingga mendidih. Lalu selanjutnya masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng, aduk-aduk hingga rata. Kecilkanlah api, dan lanjutkan masak hingga mendidih dan bumbu meresap, angkat dan sajikan selagi panas atau hangat.
Nah pindang ikan tongkol sudah selesai dibuat untuk 4 orang, selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang