Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar

Menu Internasional Lumpia basah maupun Lumpia goreng merupakan makanan ringan yang sangat populer, kedua nya sama hanya berbeda saja dalam proses pengolahan menjadi lumpia matang. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah kulit lumpia. Kulit lumpia merupakan hal yang penting dalam pembuatan lumpia itu sendiri, semua orang akan menilai sebuah lumpia dari kulitnya, beda sama buku jangan melihat buku dari sampul nya hehehe ga nyambung. Sehingga apabila anda melihat lumpia yang dibungkus dengan kulit yang halus pasti akan membuat selera anda semakin tergugah. Beda jika yang anda lihat lumpia dengan kulit pembungkus nya yang pecah atau retak dimana-mana setelah digoreng.

Sebagai bahan utama yang digunakan untuk membuat kulit lumpia adalah tepung terigu yang dicampur dengan air dan sedikit garam serta telur. Nah syarat utama untuk membuat kulit lumpia agar di dapatkan hasil yang baik adalah dari cara mengaduk adonan atau cara menguleni dalam bahasa Jawa harus benar-benar sempurna, selain itu adalah dengan penambahan bahan-bahan lain untuk membuat kulit lumpia menjadi renyah, gurih dan mantap. Berdasarkan pendapat orang banyak, kulit yang baik adalah kulit yang tipis, garing, mulus, renyah dan pasti nya gurih serta tidak pecah saat digoreng dan pastinya rasa juga enak. Namun tentunya setiap orang memiliki selera masing-masing dalam membuat kulit lumpia, ada yang suka tipis, namun ada juga yang suka tebal. Untuk anda yang suka kulit yang tipis oleskan adonan sekali saja pada wajan penggorengan, hasilnya akan menjadi lebih liat saat sudah dingin. Untuk yang suka tebal oleskan adonan berkali-kali pada saat menggoreng, hasilnya akan lebaih tahan lama dalam hal kerenyahan nya.

Untuk cara penyimpanan juga mempengaruhi kerenyahan dan kegurihan dari lumpia. Jika lumpia segera dikonsumsi sebaiknya taruh diatas selembar daun pisang lalu tutupi bagian atasnya dengan daun pisang juga, hal ini juga akan membuat aroma lumpia semakin menarik. Jika akan disimpan dalam waktu lama sebaiknya dimasukkan kedalam kantong plastik untuk menjaga tetap renyah.

Nah untuk anda pecinta kuliner yang banyak menanyakan bagaimana membuat kulit lumpai yang baik, berikut akan saya bagikan resep nya semoga resep yang akan saya bagikan ini sesuai dengan hasil yang anda harapkan, dan resepnya segera simak saja Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar yang berikut ini.

Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar

Bahan-bahan :
  • 200 gram tepung terigu (tersedia dalam berbagai merk)
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 150 ml telur (ambil putih telurnya saja)
  • 2 sendok makan minyak sayur (untuk bahan olesan)
Cara Membuat Kulit Lumpia Yang Baik dan Benar :
  1. Masukkan dan campurlah tepung terigu dengan garam dalam satu wadah lalu aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan putih telur lalu aduk-aduk kembali dengan tangan hingga rata dan tuangkan air sedeikit demi sedikit sambil terus diuleni. lakukan menguleni hingga air habis dan lanjutkan menguleni setelah air habis selama 15 menit, selanjutnya diamkan adonan selama 40 menit.
  2. Siapkan wajan anti lengket lalu panaskan dengan menggunakan api kecil, olesi wajan dengan sedikit minyak. Gunakan kuas kue yang lebar, celupkan ke dalam adonan lalu oleskan ke dalam wajan hingga rata.
  3. Goreng adonan hingga bagian pinggir adonan terkelupas, selanjutnya angkat dan letakkan di atas daun pisang untuk menjaga agar tidak lengket, lakukan hingga adonan habis.
Tips dan trik agar kulit lumpia tidak terlepas saat digoreng :
  • Putih telur bisa digunakan, caranya campurkan putih telur dengan 1 sendok makan air lalu kocok hingga rata. Oleskan campuran putih telur dengan menggunakan kuas disepanjang bagian luar kulit lumpia yang akan direkatkan, lalu tekan secara perlahan.
  • Biarkan selama 15 menit agar merekat lebih kuat. Saat menggoreng usahakan hanya sekali saja membalik kulit lumpia jika bagian bawah sudah berwarna kekuningan.
Nah demikian tadi cara membuat kulit lumpia dan tips agar kulit lumpia tidak terlepas saat digoreng. Bahan-bahan di atas digunakan untuk membuat kira-kira 32 lembar kulit lumpia. Selamat mencoba dan berkreasi.


  

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang