Cara Membuat Kue Lapis Sagu Khas Betawi Lembut dan Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Khas Betawi Lembut dan Nikmat

Menu Internasional - Kesempatan kali ini kita akan membuat resep kue tradisional asal Betawi. Resep kue lapis sagu adalah pilihan kita di siang hari yang panas ini. Kue yang satu ini cukup dikenal oleh masyarakat Jakarta khususnya. Bahkan para pendatang yang merantau ke Jakarta pun banyak yang akhirnya jatuh cinta dengan citarasa kue lapis ini. Kue lapis sagu ini dikenal oleh kebanyakan orang sebagai kue pepe. Bentuk fisiknya tidak jauh berbeda dengan kue lapis tradisional kebanyakan. Bahan pembuat kue ini juga tidak jauh berbeda dengan kue lapis yang lain yaitu menggunakan tepung sagu atau tepung kanji.

Kue ini relatif sangat mudah dibuat dibandingkan dengan kue tradisional yang lain. Bahan-bahan kue juga sangat mudah untuk dibeli disekitaran rumah, bahkan tersedia diwarung-warung kecil sekitar anda. Keberadaan kue ini hingga saat ini masih masuk dalam kategori aman. Masih banyak orang membuat dan menjualnya, bahkan tidak sebatas hanya di pasar-pasar tradisional. Para penjaja kue keliling biasanya juga menjual kue lapis sagu ini sebagai kue favorit.

Namun meskipun keberadaannya masih cukup banyak dan masih mudah ditemukan tidak ada salah nya anda belajar untuk membuat kue lapis sagu atau kue pepe ini. Perkembangan dan desakan makanan instan kini telah mencapai tahap yang sangat mengkhawatirkan, sehingga dikhawatirkan juga akan sedikit demi sedikit jajanan pasar tradisional kita. Jika kita peduli pastinya kekayaan kuliner nusantara akan tetap terjaga, atau bahkan menjadi makanan favorit di kemudian hari.

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Khas Betawi Lembut dan Nikmat

Nah untuk itu sekarang saatnya kami akan membagikan resep kue tradisional Nusantara untuk anda semua di rumah. Semoga kue yang akan kita bagikan resepnya ini sesuai dengan selera anda, sekaligus ikut menjaga agar kue ini tetap bisa dinikmati anak cucu kita di kemudian hari. Resep kali ini ada di Cara Membuat Kue Lapis Sagu Khas Betawi Lembut dan Nikmat, yuk kita simak sama-sama.

Bahan-bahan :
  • 1 liter santan (hasil dari 1 butir kelapa)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 350 gram gula pasir
  • 1 sendok makan margarin (leleh kan)
  • 300 gram tepung beras
  • 150 gram tepung kanji
  • Pewarna kue merah (secukupnya)
  • Pewarna kue hijau (secukupnya)

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Khas Betawi Lembut dan Nikmat :
  1. Masaklah santan bersama garam dan daun pandan hingga keluar aroma harum, lalu masukkan gula pasir serta margarin, kemudian aduk-aduk hingga mendidih dan angkat, lalu biarkan beberapa saat hingga menjadi hangat.
  2. Tuangkan santan yang sudah hangat ke dalam campuran tepung beras dan tepung kanji, aduk-aduk hingga semua bahan larut bersama santan. Selanjutnya bagi adonan tersebut menjadi tiga bagian.
  3. Tuangkan 200 ml adonan kedalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak, lalu kukus selama 5 menit, tuangkan lagi 200 ml adonan dengan warna yang berbeda dan kukus lagi selama 5 menit. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis. Jika adonan sudah habis dan berlapis-lapis, kukus kue selama 20 menit atau hingga matang, angkat dan biarkan hingga dingin, lalu dipotong-potong untuk disajikan.
Nah kue lapis sagu atau kue pepe telah berhasil dibuat dan siap disajikan untuk acara santai bersama keluarga atau dihidangkan untuk tamu. satu loyang kue ini cukup disajikan untuk 4-5 orang. Nah akhir kata selalu kami ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang