Cara Membuat Opor Ayam Komplit dan Istimewa Khas Yogyakarta Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Opor Ayam Komplit dan Istimewa Khas Yogyakarta

Menu Internasional - Opor merupakan masakan yang sangat terkenal dan banyak sekali peminatnya terutama saat perayaan lebaran. Biasanya masakan ini berbahan dasar ayam sehingga jika menyebut masakan jenis ini yang terbayang di kepala adalah Opor Ayam. Masakan ini di kabarkan berasal dari daerah pulau Jawa, khususnya di daerah Jawa Timur dan daerah Jawa Tengah. Namun bukan berarti masakan ini hanya terkenal di daerah tersebut saja akan tetapi masakan ini sudah sangat dikenal di seluruh pelosok tanah air.

Opor ayam sendiri pada dasarnya adalah ayam yang direbus dengan racikan bumbu rempah-rempah dan campuran santan yang kental. Hal itu membuat opor ayam memiliki citarasa yang begitu kental dengan lembutnya daging dan gurihnya santan serta aroma dari bumbu-bumbu pembuatnya membuat siapa saja bisa mendadak lapar jika melihatnya. Masakan ini menjadi sangat populer oleh tradisi Jawa pada saat perayaan lebaran atau Idul Fitri, hampir disetiap rumah memasak opor ayam yang disajikan bersama dengan ketupat dan biasanya ditambah dengan sambal goreng ati.

Nah ada yang sudah tidak tahan menikmatinya? Kali ini mumpung sedang banyak waktu akan dibagikan resep spesial nya yang tentunya patut anda coba di rumah anda. Tidak perlu menunggu lebaran yang datangnya masih beberapa bulan lagi kan, keburu pingin. Daripada kepanjangan menulis segera saja kita simak resepnya di Cara Membuat Opor Ayam Komplit dan Istimewa Khas Yogyakarta yang berikut ini.

Bahan Opor :
  • 1/2 ekor ayam, potong menjadi 6 bagian
  • 4 butir telur rebus, kupas cangkangnya
  • 1 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
  • 3 sendok makan minyak
  • 4 cm lengkuas digeprak/dimemarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 3 batang serai, digeprak/dimemarkan
  • 700 ml santan cair
  • 1 sendok makan gula merah
  • 400 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh air asam Jawa
  • Bawang goreng secukupnya sebagai bahan taburan
Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 1/2 sendok teh merica
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok makan garam
  • Penyedap rasa (optional/jika disuka)
Cara Membuat Opor Ayam Komplit dan Istimewa Khas Yogyakarta

Cara Membuat Opor Ayam Komplit dan Istimewa Khas Yogyakarta :
  1. Luluri atau lumuri ayam dengan menggunakan perasan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya bilaslah ayam hingga bersih. Tumislah bumbu-bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan lengkuas, daun salam serta serai hingga harum dan matang. Masukkan ayam kedalam campuran bumbu lalu aduk-aduk hingga rata dan ayam menjadi kaku.
  2. Tuangkanlah santan cair, lalu tambahkanlah gula merah, lanjutkan memasak hingga ayam setengah matang. Masukkanlah santan kental, air asam Jawa serta telur resbus yang telah dikupas. Masaklah menggunakan api kecil hingga ayam matang dan kuah mengental. selanjutnya jika sudah matang angkatlah dan beri taburan bawang goreng dan sajikan saat panas.
Nah itulah tadi cara membuat opor ayam specialnya, selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang