Resep Tahu Gunting atau Tahu Tek Khas Surabaya Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Tahu Gunting atau Tahu Tek Khas Surabaya

Menu Internasional - Bagi anda yang doyan makanan Nusantara sangat disarankan untuk mencoba cita rasa dari tahu gunting. Memang ada makanan bernama tahu gunting? Tentu saja ada dan saya akan membagikan resep tahu gunting khas Surabaya untuk anda semua. Mengapa makanan tersebut dinamakan dengan sebutan tahu gunting? Sperti hal nya makanan tradisional yang lain, tahu gunting disebut demikian karena diambil dari perilaku penjualnya yang biasanya menggunting tahu dengan cekatan. Maka dengan perilaku unik penjualnya tersebut muncul nama tahu gunting untuk makanan tersebut. Mungkin jika penjualnya mengiris tahu akan dinamakan tahu iris, atau mungkin jika tahu dibanting akan disebut tahu banting. Untung sang penjual tidak pernah membanting barang dagangannya.

Namun tidak semua orang mengenal dengan sebutan tahu gunting, sebagian yang lain mengenal makanan khas Surabaya ini dengan sebutan tahu tek tek, ini juga diambil dari kebiasaan penjualnya yang memukulkan sutil beradu dengan penggorengan, hingga bunyi tek tek pun muncul dan membuat nama baru untuk menyebut tahu gunting yaitu tahu tek atau tahu tek tek. Membuat nama makanan yang sederhana sama hal nya dengan cara membuat tahu gunting itu sendiri, sangat mudah dan sangat sederhana. Jadi bagi anda yang kebetulan bingung untuk membuat makanan yang tidak mengenyangkan, buat aja tahu gunting, karena mudah dan dijamin enak. Jika anda ingin olahan tahu yang tak kalah enak dan sederhana silahkan simak resep tahu gejrot khas Cirebon.

Untuk menggambarkan bagaimana wujud dari tahu gunting bisa melihat penjelasan berikut. Tahu gunting adalah makanan berupa tahu goreng setengah matang atau matang yang digunting kecil-kecil, lalu ditambahkan lontong yang juga digunting, lalu ditambah dengan kentang goreng dan sedikit tauge. Setelah isi sudah siap, makanan tersebut kemudian disiram dengan saus bumbu atau bisa juga menggunakan bumbu petis. Makanan ini tidak saja terkenal di Surabaya, namun sudah tersebar luas terutama diberbagai kota besar di Indonesia. Maka tak heran jika ada beberapa nama daerah yang menempel pada nama tahu gunting. Sebut saja tahu gunting Samarinda dan tahu gunting Medang, karena di daerah ini juga terkenal dengan makanan tersebut.

Resep Tahu Gunting atau Tahu Tek Khas Surabaya

Nah kini sudah saatnya anda belajar sendiri membuat makanan nikmat tersebut di rumah. Sangat dianjurkan untuk anda yang baru belajar memasak, karena selain bahan-bahan yang digunakan cukup mudah di dapat, proses membuat tahu gunting juga sangat mudah dan sangat sederhana. Jadi segera saja anda simak resep tahu gunting berikut, siapkan semua bahan dan peralatan memasak dan ikuti langkah-langkah yang saya tuliskan dalam resep. Semoga tahu gunting yang anda buat menghasilkan cita rasa yang nikmat dan sedap. Berikut resepnya untuk anda.

Bahan-bahan :
  • 6 buah ketupat/lontong (potong-potong)
  • 500 gram tahu putih (potong kecil-kecil)
  • 150 gram tauge (rendam ke dalam air panas dan tiriskan)
  • 3 tangkai dau seledri (rajang halus)
  • Kerupuk sagu/kerupuk udang secukupnya 

Bumbu petis :
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 4 siung bawang putih (tumis hingga layu)
  • 1 sendok makan kacang tanah (digoreng)
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan petis udang
  • 1 sendok teh cuka
  • 50 ml air matang

Cara membuatnya :
  1. goreng tahu hingga setengah matang atau matang (sesuai selera)
  2. Membuat bumbu petis : ulek atau haluskan cabai rawit merah, kacang tanah goreng dan bawang putih yang sudah di tumis layu. Kemudian campurkan bumbu petis, kecap manis, air dan cuka, lalu aduk-aduk hingga rata.
  3. Siapkan mangkuk saji, masukkan potongan ketupat/lontong, tambahkan tahu goreng dan tauge, siram dengan saus bumbu petis, kemudian taburi dengan rajangan daun seledri dan beri kerupuk sagu atau kerupuk udang.
  4. Tahu gunting buatan anda siap disajikan.

Nah sangat mudah bukan? Meskipun anda tidak menggunakan gunting namun begitulah inti membuat tahu guntik atau tahu tek tek. Resep ini saya buat lebih sederhana, anda tidak perlu beratraksi memamerkan keahlian menggunting tahu. Namun jika anda berniat agar mirip dengan para penjual tahu gunting, goreng dahulu tahunya, baru digunting saat mau disajikan. Jadi tahu gunting lebih afdol karena anda menggunakan gunting untuk memotongnya. Resep di atas bisa dinikmati oleh 4 orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang