Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Campur Kelapa Muda dan Kismis Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Campur Kelapa Muda dan Kismis

Menu Internasional - Membuat kue tradisional sama juga mengembangkan tradisi kuliner leluhur. Seperti yang kita tahu bahwa jaman yang berkembang semakin pesat mempengaruhi kehidupan tradisi masyarakat kita. Untuk tetap menjaga kelestarian makanan kalau bukan anda siapa lagi. Nah untuk membuat anda bisa melestarikan kuliner asli Nusantara kami akan memberikan resep cara membuat kue lumpur kentang untuk anda semua. Saat ini mungkin masih banyak kue lumpur yang dijual, akan tetapi hanya di pasar tradisional yang ada di daerah-daerah, itupun dapat dihitung jumlahnya. Semakin hari kualitas makanan yang kita makan terutama makanan kecil atau camilan semakin tidak sehat. Berbeda dengan jajanan pasar seperti kue lumpur yang dibuat dengan bahan sederhana dan cara tradisional, dan pastinya sehat.

Berbeda dengan cemilan masa kini yang dibuat dengan campuran bahan kimia yang sudah tidak bisa di toleransi lagi, memang tidak semuanya namun ada produsen yang asal dalam membuatnya. Dengan terus menjaga kelestarian kue tradisional Nusantara mudah-mudahan tradisi kuliner Nusantara justru semakin dikenal di dunia internasional. Kembali lagi ke kue lumpur, untuk membuat kue lumpur ini sebenarnya sangat mudah baik bahan maupun proses membuatnya. Hasilnya adalah sebuah kue dengan tekstur yang lembut, hampir mirip dengan tekstur lumpur, dari situ lah nama kue lumpur di dapat. Sebelumnya kami juga sudah pernah membagikan resep yang sama yaitu resep kue lumpur lembut sederhana. Namun dengan bahan dan takaran yang berbeda.

Nah anda semua sudah tau bukan kondisi kuliner asli Nusantara kita belakangan ini? Untuk itu anda sebagai generasi masa kini jangan pernah meninggalkan kue tradisional. Jika anda tidak mendukung kelestarian atau tidak mendukung terjaganya makanan tradisional, suatu saat tradisi makanan tradisional kita akan hilang dan tidak ada yang membuatnya lagi. Untuk menjaganya kami selalu sediakan resepnya untuk anda semua. Meskipun tidak bisa dimulai hari ini, dengan membaca resep ini mudah-mudahan suatu saat anda bisa membuatnya dan memperkenalkan ke generasi selanjutnya. Untuk itu segera saja simak dan coba resep yang berikut ini.

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Campur Kelapa Muda dan Kismis

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram kentang kukus (dihaluskan)
  • 6 butir kuning telur
  • 3 butir putih telur
  • 150 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • Margarin (dicairkan)
  • 700 ml santan kelapa
  • 150 gram kelapa muda (kerok tipis dagingnya)
  • 60 gram kismis

Cara membuatnya :
  1. Campurkan 6 butir kuning telur dan 3 butir putih telur, lalu kocok sebentar, masukkan gula pasir, garam serta vanili, lalu kocok lagi hingga campuran adonan mengembang. Tuangkan margarin yang sudah dicairkan, aduk-aduk hingga merata. Kemudia masukkan tepung terigu dan kentang kukus yang sudah dihaluskan, serta santan kelapa. Aduk-aduk lagi adonan tersebut hingga rata.
  2. Panaskan cetakan kue lumpur, olesi permukaan cetakan dengan margarin atau minyak, selanjutnya tuangkan adonan ke dalam cetakan, lalu panggang adonan dalam cetakan hingga setengah matang. Berilah kelapa muda dan kismis di atas adonan setengah matang tadi, kemudian tutup cetakan dan panggang lagi adonan seperti sebelumnya, lakukang hingga adonan kue benar-benar matang, lalu segera angkat.

Resep kue lumpur kentang sudah selesai kami buatkan untuk anda, sangat mudah dan sederhana bukan cara membuat dan bahan-bahannya? Dengan bahan yang tersedia pada resep di atas anda bisa membuat 20 buah kue lumpur untuk disajikan. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap

Menu Internasional - Kue Putri kandis  merupakan kue tradisional khas Jambi yang merupakan salah satu jenis kue yang biasa dan mudah ditemukan pada perayaan adat atau acara-acara penting yang lain, misalnya acara antar belanjo yang merupakan budaya Jambi. Sejarah serta asal-usul kue Putri Kandis ini memang tidak terlalu banyak sumber yang jelas. Pembuat kue di Jambi Seberang Kota hanya mewarisi resep kue Putri Kandis ini turun temurun dari nenek moyangnya. Dan pada saat ini cuma beberapa saja dari para pembuat kue yang benar-benar terampil dalam membuatnya. Nah jika anda tertarik untuk belajar membuat atau ingin melestarikan kue warisan ini silahkan simak resep Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap . Bahan-bahan I Kue Putri Kandis : 15 kuning telur 125 gram gula pasir ¼ sendok teh vanilla 50 ml susu kental manis 50 gram margarine, dikocok hingga lembut 1 ½ sendok makan tepung terigu 175 ml santan dari parutan 1 butir kelapa 2 sendok makan cokelat bub