Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang

Menu Internasional - Seorang pecinta kuliner tradisional dan sekaligus pemburu kuliner Nusantara pasti mengenal makanan getuk. Getuk merupakan makanan tradisonal khas Jawa yang terbuat dari singkong atau ubi. Kali ini kami akan membagikan resep getuk trio khas Magelang yang merupakan salah satu makanan tradisional yang paling dikenal. Dinamakan getuk trio karena getuk ini memiliki warna khas, dan sesuai namanya kue ini memiliki tiga warna sehingga disebut getuk trio. Tiga warna yang menyatu menjadi satu membuat tampilan kue tradisional ini menjadi unik. Namun tidak saja unik dari segi tampilan, kue ini juga memiliki rasa yang tak kalah unik dari segi rasa. Rasa manis dipadu dengan rasa gurih dari santan membuat kue yang satu ini menjadi primadona kuliner asli Magelang.

Satu hal yang cukup layak dibanggakan hingga saat ini adalah getuk trio tidak menggukan bahan pengawet. Umumnya getuk trio bisa bertahan selama dua hari, lebih dari 2 hari kue nikmat tersebut sudah tidak layak untuk dinikmati. Jadi bagi anda yang kebetulan sedang melakukan perjalanan di daerah Magelang atau Mutilan, jangan lupa dilihat tanggal kadaluarsa getuk trio di kemasan. Selain tidak menggunakan pengawet, kue getuk trio juga menggunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi. Ummnya warna dari getuk trio ini adalah putih, coklat dan merah muda. Namun ada juga warna yang lain seperti warna hijau, namun sekali lagi apapun warnannya pastikan pewarnanya menggunkan pewarna makanan.

Untuk anda yang kebetulan jauh dari kota Magelang dan sangat ingin menikmati getuk trio, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang digunakan cukup mudah di dapat, dan perasa makanannya sendiri hanya menggunakan gula. Jika anda sudah tidak sabar untuk membuatnya, berikut resepnya untuk anda. Untuk resep getuk yang lain lihat juga resep getuk lindri  untuk dicoba.

Resep Cara Membuat Getuk Trio Khas Magelang

Bahan-bahan :
  • 1/2 kg singkong (kupas, bersihkan dan potong)
  • 1/2 butir kelapa (diparut lalu dikukus)
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • Pewarna makanan secukupnya (coklat dan merah muda)
  • Air secukupnya (untuk mengukus)

Cara membuatnya :
  1. Kukuslah potongan singkong yang sudah dibersihkan hingga matang, lalu angkat dan biarkan hingga uapnya hilang.
  2. Setelah uapnya hilang campur singkong dengan gula pasir dan garam, tumbuk atau haluskan singkong hingga lembut (bisa juga menggunakan gilangan getuk atau gilingan daging).
  3. Pisahkan singkong yang sudah dihaluskan menjadi tiga bagian, beri satu bagian dengan warna merah muda, satu bagian dengan warna coklat dan satu bagian lagi biarkan tetap putih saja.
  4. Letakkan singkong merah muda di atas loyang yang dilapisi plastik, lalu ratakan dan padatkan. Selanjutnya letakkan singkong warna putih di atas nya, ratakan dan padatkan, terakhir letakkan singkong warna coklat di lapisan paling atas, ratakan dan padatkan.
  5. Potong lapisan getuk sesuai selera anda, atau jika ingin bentuk yang unik bisa juga dicetak dengan cetakan kue. 
  6. Getuk trio siap disajikan dengan taburan parutan kelapa, atau bisa juga tanpa taburan parutan kelapa.

Nah mudah sekali kan membuat getuk trio khas Magelang, bahannya sederhan, cara membuatnya juga sederhana, dan hasilnya cukup memuaskan dan jauh lebih nikmat dari kata sederhana. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.  





Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang