Resep Cara Membuat Kue Onde-onde Ketawa Ngakak Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Kue Onde-onde Ketawa Ngakak

Menu Internasional - Pernah ngga makan kue malah diketawain oleh kue yang anda makan? Pada kenyataannya pasti belum pernah terjadi. Namun ada kue yang suka tertawa, jadi kue ini selalu bahagia dalam hidupnya. Kue ini akan kami jadikan resep onde-onde ketawa yang akan kami bagikan di weekend kali ini. Sudah bukan hal baru tentang kue onde-onde ketawa, ini adalah kue tradisional yang resepnya turun temurun, bahkan dari dulu hingga sekarang kue yang satu ini tidak pernah sedih, meskipun mau dimakan sekalipun, mereka tetap tertawa bahkan hingga ngakak. Kue onde-onde yang pernah kami bagikan dulu adalah kue onde-onde biasa yang tidak tertawa namun berisi kacang hijau. Beda dari kedua jenis onde-onde ini adalah yang satu empuk, yang satu gurih dan tidak ada isinya.

Saya belum menjelaskan mengapa kue ini dinamakan ke onde-onde ketawa. Coba anda lihat resep kue onde-onde isi kacang hijau, kue tersebut bulat polos dengan wijen merata di permukaannya. Sedangkan kue onde-onde ketawa memiliki bagian yang merekah atau menganga dan jika dilihat dari salah satu sisi akan terlihat seperti mulut sedang tertawa, atau jika anda pernah bermain game pacman, seperti itulah bentuknya. Hingga saat ini belum terkuak misteri, apa yang ditertawakan oleh onde-onde ini. Becanda, tidak ada misteri apapun dalam pembuatan kue ini, yang adalah anda fokus dalam membuatnya agar hasilnya nikmat dan gurih.

Kue onde-onde krtawa ini juga merupakan salah satu kue yang sangat banyak di temukan saat hari raya. Karena kue ini memiliki rasa yang nikmat, disamping itu juga awet jika diabnding dengan kue onde-onde yang biasa. Jika anda salah satu penggemar kue onde-onde ini dan hingga saat ini belum bisa membuatnya, silahkan anda simak dan buat sesuai dengan resep yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Onde-onde Ketawa Ngakak

Bahan-bahan :
  • 350gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur (dikocok lepas)
  • 200 gram gula pasir
  • 150 ml air
  • 2 1/2 sendok makan minyak goreng
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 3/4 sendok teh baking powder
  • Air secukupnya (untuk pencelup)
  • 175 gram wijen
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng) 

Cara membuatnya :
  1. Masak air dan gula pasir terlebih dahulu, masak hingga gula pasir larut, lalu dinginkan dan sisihkan.
  2. Campurkan telur kocok lepas dengan minyak, aduk-aduk hingga rata, lalu tuangkan larutan gula sedikit demi sedikit. Selanjutnya masukkan tepung terigu, baking powder, serta soda kue sambil diayak, lalu aduk-aduk hingga rata.
  3. Bentuklah bulat-bulat dari adonan, lalu celuokan adonan ersebut ke dalam air pencelup, kemudian guling-gulingkan di atas wijen, lakukan hingga rata. 
  4. Goreng adonan yang sudah diberi wijen hingga mekar atau merekah dan matang, lalu segera angkat dan tiriskan.

Note : menggoreng onde-onde sebaiknya menggunakan api sedang, lalu jika sudah mengapung sebaiknya kue di bolak-balik agar merekah dan matangnya merata.

Kue onde-onde sudah tertawa dan siap untuk dinikmati untuk berbagai acara. Resep yang kami bagikan kali ini bisa menghasilkan 35 buah kue. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang