Resep Cara Membuat Kue Moho Pandan Lembut Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Kue Moho Pandan Lembut

Menu Internasional - Dari kue tradisional khas Jawa Barat kita menuju ke arah timur ke Jawa Tengah. Di daerah sini ada sebuah kue tradisional unik yang banyak disukai oleh masyarakatnya. Kali ini kami juga akan membagikannya dalam resep kue moho pandan. Kue moho terkenal sebagai kue jajanan pasar yang sangat terkenal, terbuat dari tepung beras. Jika dilihat sekilas kue ini sangat mirip dengan kue bolu kukus, bahkan proses dan cara pembuatannya juga sama dikukus dengan menggunakan cetakan. Hasilnya bisa dibayangkan cukup menarik layaknya cup cake yang lembut dan manis itu.

Sebagai jajanan pasar kue ini sangat dikenal oleh masyarakat khususnya di daerah Jawa. Tak heran jika hingga saat ini kue yang satu ini masih bisa ditemukan di banyak pasar tradisional yang tersebar di pulau itu. Seperti kita ketahui bahwasannya kue tradisional Nusantara mendapat perhatian lebih dari mancanegara. Beberapa pameran budaya di luar negeri terbukti mampu mengenalkan berbagai budaya Nusantara termasuk juga budaya kulinernya. Dan yang sangat membanggakan beberapa kue tradisional Nusantara menjadi kue favorit dalam pameran tersebut, salah satunya adalah kue moho.

Jika orang luar negeri saja bisa dengan bangga menikmati kue tradisional, apakah kita sebagai pribumi akan membiarkan kue tradisional kita hilang ditelan waktu. Jangan samapai itu terjadi, tetepalah menjaga kuliner Nusantara yang sehat untuk anak cucu kita. Demikian komitmen kami sebagai web penyedia resep masakan agara setidaknya bisa membantu anda dalam mengembangkan budaya kuliner Nusantara. Untuk itu silahkan anda simak resep kue moho pandan berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Moho Pandan Lembut

Bahan-bahan :
  • 3 sendok makan tepung beras (untuk biang)
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 75 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 300 gram tepung beras
  • 75 ml air daun suji
  • 250 ml air

Bahan areh :
  • 350 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya :
  1. Membuat biang : campurkan tiga sendok makan tepung beras dengan ragi instan dan 75 ml air, lalu diamkan selama 30 menit. Campurkan juga tepung terigu, tepung beras dan gula pasir dan air, campurkan juga adonan biang. Aduk-aduk selama 15 menit, lalu tambahkan air daun suji dan aduk-aduk hingga adonana menjadi licin.
  2. Selanjutnya masukkan santan sambil di tepuk-tepuk, tambahkan juga garam dan diamkan selama satu jam. Kemudian panaskan cetakan, lalu tuangkan adonan yang sudah dibuat tadi ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Lalu kukus adonan tersebut selama 25 menit lalu angkat. Keluarkan kue moho pandan dari cetakan dan biarkan hingga tidak terlalu panas, dan sia disajikan.

Kini anda bisa mulai mencoba membuat kue moho dengan kreasi anda sendiri. Sangat mudah kan untuk diikuti. Bahan yang kami sedikan dalam resep di atas bisa untuk menghasilkan sebanyak 15 buah kue moho. Akhir kata kami ucapkan selamat mencoba dan jangan berhenti berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang