Resep Nasi Lengko Khas Cirebon Sedap dan Mantap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Nasi Lengko Khas Cirebon Sedap dan Mantap

Menu Internasional - Pernah menikmati makanan nasi lengko? Jika belum pernh segera cicipi biar pernah, rasanya enak lho. Jika ingin membuatnya sendiri kami akan memberikan resep nasi lengko khas Cirebon untuk anda semua. Namun sebelum sampai ke resep nasi lengko sebaiknya anda tau apa nasi lengko dan dari mana asalnya. Nasi lengko sebenarnya adalah makanan khas masyarakat yang ada di sepanjang pantai utara atau pantura. Daerah yang terkenal dengan nasi lengko antara lain Cirebon, Indramayu, Brebes dan Tegal serta berbagai daerah sekitarnya. Makanya jika nasi lengko diklaim berasal dari Cirebon saja nanti daerah lain yang juga memiliki nasi lengko sebagai makanan khasnya iri. Jadi saya akan mengatakan bahwa nasi lengko adalah makanan khas pantura sejak sekarang.

Saya sendiri pernah dan sangat menggemari nasi lengko ini. Dulu hampir seminggu 3-4 kali menikmati nasi lengko. Bukan di Cirebon atau di Tegal, namun di kota Yogyakarta dan belinya di warung Tegal atau Warteg. Pernah juga ada teman dari Cirebon yang buka warung tenda dan menu andalannya adalah nasi lengko ini. Makanan ini mirip dengan pecel atau lotek, namun bahan yang digunakan sedikit berbeda. Nasi lengko seperti namanya terdiri dari nasi, dilengkapi dengan tahu goreng, tempe goreng, mentimun segar dicacah, taoge direbus serta ditambah dengan daun kucai yang dipotong kecil-kecil. Setelah di tata baru diberi bumbu saus kacang dan dilengkapi kecap manis. Untuk melengkapi sajian nasi lengko taburan bawang goreng tidak boleh ketinggalan.

Untuk penyajiannya kira-kira demikian, tempe goreng dan tahu goreng sebelum ditata dalam piring biasanya dipotong dadu kecil-kecil. Lalu diletakkan di atas piring berisi nasi, setelah itu ditambahkan taoge dan mentimun yang dicacah. Di atasnya lagi ditaburi daun kucai. Setelah semua ditata barulah disiram dengan bumbu saus kacang dengan tingkat kepedasan yang disesuaikan selera. Di atas bumbu saus kecap tambahkan kecap manis dan taburi dengan bawang goreng. Agar lebih nikmat lagi kerupuk jangan sampai tertinggal untuk ditambahkan ya.

Untuk membuat nasi lengko bahan-bahannya sudah tentu sangat mudah di dapat dan murah meriah. Makanan ini jika dikasih daun bayam atau kangkung rebus sudah mirip dengan pecel atau lotek ya, hanya saja berbeda pada tambahan kecap manisnya. Bumbu aus kacang yang digunakan mirip yang biasa dipakai untuk rujak, kecap manisnya juga biasanya bukan kecap yang kental, namun kecap dipilih yang agak encer. Pengalaman saya pertama menikmati makan nasi lengko yang dibeliin oleh teman saya di warung Tegal di dekat bekas terminal Yogyakarta, langsung ketagihan lho, namun saat ini saya sudah jarang menikmati dan rasanya kangen jika ingat makanan yang satu ini.

Nasi lengko jika di Tegal namanya bukan nasi lengko tapi sega lengko, menyesuaikan dengan bahasa lokal Tegal yaitu bahasa ngapak. Baik nasi lengko yang pernah saya makan, baik versi orang Cirebon maupun versi orang Tegal ternyata sama, jadi memang benar jika nasi lengko adalah warisan buaya kuliner di sepanjang pantai utara. Bisa dikatakan nasi lengko ini khas Cirebon, khas Indramayu, khas Brebes dan khas Tegal. Semua sah saja asalnya dari mana toh yang saya rasakan baik bahan maupun rasanya sama. Untuk anda yang ingin embuat makanan khas Cirebon yang sedang booming akhir-akhir ini, silahkan lihat di resep empal gentong khas Cirebon di situs resep masakan ini.

Resep Nasi Lengko Khas Cirebon Sedap dan Mantap

Nah karena bahan dan bumbunya sudah sangat biasa digunakan atau dipakai untuk memasak sehari-hari, maka saya yakin anda semua pasti bisa membuatnya. Cara membuat nasi lengko ini juga sederhana sekali, tidak ribet dan sangat mudah. Waktu untuk membuatnya juga saya rasa tidak terlalu lama, karena bumbu saus kacang sudah siap digunakan. Hanya tinggal merebus dan menggoreng bahan isian, di tata dan jadilah nasi lengko. Namun untuk lebih tepat dalam takarannya diperlukan resep yang pas, untuk itu silahkan saja anda simak resep nasi lengko yang berikut ini. 

Bahan-bahan :
  • 500 gram nasi (hangat lebih baik)
  • 1 buah mentimun (dicacah atau dipotong dadu)
  • 50 gram taoge (direbus)
  • 150 gram tempe (dipotong dadu)
  • 200 gram tahu (dipotong dadu)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 4 tangkai kucai (dicincang halus)
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu saus kacang :
  • 75 gram kacang tanah (digoreng)
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 ml santan (direbus)

Cara membuatnya :
  1. Membuat bumbu saus kacang : haluskan semua bahan yang digunakan untuk membuat bumbu saus kacang, taruh dalam mangkuk lalu beri santan dan aduk hingga rata lalu sisihkan dahulu.
  2. Haluskan bawang putih dan garam, kemudian beri air an aduk-aduk hingga merata. Lumuri atau masukkan tempe dan tahu ke dalam campuran bumbu tersebut, diamkan selama lima menit agar meresap bumbunya.
  3. Panaskan minyak yang sudah disiapkan, lalu goreng tempe dan tahu yang sudah dibumbui hingga matang, lalu segera angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan piring saji, beri dengan nasi, beri dengan potongan tempe dan tahu goreng, tambahkan mentimun dan taoge. Kemudian siram campuran bahan tersebut dengan bumbu saus kacang, di atasnya taburi dengan rajangan daun kucai, beri kecap manis secukupnya. Terakhir taburi dengan bawan goreng dan lengkapi dengan kerupuk.

Nah nasi lengko khas Cirebon dan sepanjang jalur pantura sudah selesai saya baika, Bahan dan bumbu tidak ada yang susah dicari bukan? Semua bisa membuat makanan enak dan sehat, Nasi lengko termasuk makanan yang kaya protein dan serat, karena tidak mengandung unsur hewani. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang