Resep Mi Kocok Campur Jamur Kuping Sedap Mantap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Mi Kocok Campur Jamur Kuping Sedap Mantap

Menu Internasional - Sudah pernah menikmati mi kocok? Sudah pasti sebagian besar penggemar kuliner khas Nusantara sudah pernah menikmati mi kocok. Namu tidak semua bisa membuat mi kocok sendiri di rumah, untuk itu saya akan memberikan resep mi kocok jamur kancing untuk anda semua. Mengapa di namakan mi kocok campur, karena mi kocok yang akan saya berikan ini di campur dengan bahan berupa jamur kancing. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mi kocok adalah makanan tradisional khas Bandung Jawa Barat yang kemudian di kenal di seantero wilayah Nusantara. Maka sekarang kita akan mengenal mie kocok khas Bandung, mi kocok khas Medan, mi kocok Palembang dan sebagainya. Namun tentu saja yang paling terkenal adalah mi kocok Bandung di mana makanan ini berasal.

Mi kocok sebenarnya adalah olahan makanan dari bahan mie yang diberi kuah kaldu dan kikil sapi. Namun kini mi kocok sudah banyak divariasikan dengan berbagai bahan lain untuk menambah cita rasa. Maka kini banyak dikenal dengan berbagai macam jenis mi kocok, misalnya mi kocok ceker, mi kocok babat sapi, dan tentu saja adalah mi kocok campur jamur yang akan saya bagikan resepnya kali ini. Dan jika anda semua suka berwisata kuliner pasti akan menemukan berbagai jenis variasi dari mi kocok ini dengan tambahan berbagai macam bahan makanan lain, yang dengan demikian akan menambah semakin banyak jenis mi kocok yang bisa anda pilih sesuai selera.

Membuat mi kocok sebenarnya tidak lah sulit, namun kebanyakan orang sekarang malas memasak dan lebih suka membeli yang sudah siap santap. Bayangkan jika hal ini terjadi terus menerus dan tidak banyak lagi yang suka memasak, suatu waktu makanan khas Nusantara akan hilang lenyap di gantikan dengan makanan siap saji yang mutu dan kualitasnya belum tentu terjamin. Dan sudah pasti juga tidak baik dikonsumsi secara terus menerus, karena akan mengganggu kesehatan. Untuk itu dengan niat yang kuat saya akan mencoba membantu anda semua agaa kuliner daerah dan kuliner Nusantara yang lain tidak hilang begitu saja, saya ingin memberikan berbagai resep kuliner Nusantara yang mudah untuk di buat. Sudah beberapa resep mi tradisional yang sudah pernah saya bagikan, salah satu yang bisa anda coba adalah resep mi tek tek spesial yang sudah saya bagikan beberapa waktu yang lalu.

Resep Mi Kocok Campur Jamur Kuping Sedap Mantap

Tujuan saya cuma satu terus memberikan berbagai resep baik yang khas Nusantara atau resep tradisional lainnya. Sehingga Indonesia tidak kehilangan budaya kuliner yang kaya akan cita rasa yang nikmat dan mantap. Nah bagi anda semua yang ingin segera membuat mi kocok untuk menu makan hari ini segera saja anda simak resep mi kocok jamur kancing yang bisa anda lihat dan ikuti di bawah ini.

Bahan-bahan :
  • 250 gram mi kering/mi telur (seduh dengan air panas, tiriskan)
  • 350 ml air
  • 3 sendok makan minyak (untuk menumis bumbu)
  • 250 gram  udang ukuran sedang
  • 6 siung bawang merah (dihaluskan)
  • 3 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 50 gram jamur kancing (rajang tipis)
  • 250 gram daging ayam (direbus, lalu potong dadu)
  • 250 ml kaldu ayam
  • 3 butir cengkih
  • 1 sendok teh bubuk merica
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • 1/2 sendok teh bubuk jahe
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung maizena (dilarutkan dengan sedikit air)
  • 4 buah telur rebus (potong jadi 4 bagian)
  • 100 gram tauge (buang ekornya, lalu seduh dengan air panas dan tiriskan)

Bahan sambal :
  • 50 ml air matang
  • 6 buah cabai merah keriting (direbus)
  • 10 buah cabai rawit (direbus)
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 buah tomat (direbus)

Bahan pelengkap penyajian :
  • 2 batang daun bawang (rajang kasar)
  • 2 tangkai daun seledri (rajang halus)
  • Kerupuk gendar atau emping
  • bawang goreng secukupnya
  • 2 butir jeruk nipis (belas dua)

Cara membuatnya :
  1. Kupas dahulu kulit udang, lalu sisihkan bagian kepala dan kulit udang untuk campuran kaldu kuah, bagian sisanya cucilah hingga bersih dan sisihkan dulu.
  2. Membuat kuah : sangrai bagian kepala dan kulit udang tadi hingga warnanya berubah, lalu berilah air dan masak menggunakan api kecil saja selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah angkat dan saring airnya untuk memisahkan dari kepala dan kulit udang, lalu sisihkan.
  3. Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu seperti bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya sudah dihaluskan hingga tercium aroma harum. Selanjutnya masukkan potongan daging ayam beserta udang, aduk-aduk hingga daging ayam dan udang kaku dan berubah warna.
  4. Masukkan potongan jamur kancing, aduk hingga rata. Selanjutnya tuangkan kaldu ayam dan kaldu udang dan kaldu ayam ke dalam tumisan. Masukkan bubuk merica, bubuk pala, bubuk jahe, cengkih, gula dan garam, aduk-aduk hingga rata, lalu lanjutkan memasak hingga mendidih, berilah larutan tepung maizena agar kuahnya menjadi kental, lalu angkat.
  5. Membuat sambal : haluskan cabai merah, cabai rawit dan buah tomat yang sebelumnya sudah direbus, lalu tambahkan garam dan gula pasir, tuangi dengan air matang, aduk hingga rata dan sisihkan.
  6. Penyajian : tata mi di atas mangkuk bersama dengan tauge, telur rebus dan daging ayam. Kemudian tuangkan kuah di atas bahan-bahan tadi, taburi dengan rajangan daun bawang dan daus seledri serta bawang goreng. Sajikan dengan bahan pelengkap yang sudah disiapkan dan sambal untuk memberikan sensasi rasa yang mantap.
  7. Mi kocok jamur kancing siap dinikmati.

Nah resep sudah selesai saya bagikan untuk anda. Berbeda dengan mi kocok asli yang menggunakan kaldu sapi, mi kocok yang saya berikan menggunakan kaldu ayam yang dicampur udang. Namun hasilnya tidak akan mengecewakan dan tentu saja memberikan kreasi baru mi kocok Nusantara. Resep ini disarankan untuk empat porsi makan. Semoga resep yang saya bagikan sesuai dengan selera anda semua. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang