Resep Nasi Panggang Dengan Daging Asap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Nasi Panggang Dengan Daging Asap

Menu Internasional - Masih mager untuk beranjak dari jenis makanan yang satu ini. Ya nasi masih akan saya bahas pada artikel kali ini, alasannya karena nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Namun yang kali ini akan saya bagikan adalah resep nasi panggang dengan daging asap. Agak berbeda dengan menu masakan dari jenis nasi seperti yang sebelumnya pernah saya bagikan. Resep kali ini adalah salah satu jenis olahan makanan berbahan dasar beras atau nasi yang terlihat lebih modern. Apalagi dengan adanya daging asap yang tidk saja memerkaya rasa, namun sekaligus sebagai isian nasi yang memberikan tampilan menjadi terlihat lebih nikmat.

Tidak sedikit memang jenis makanan yang terbuat dari beras atau nasi. Beberapa yang sudah pernah saya bagikan dalam artikel sebelumnya bisa anda lihat contohnya adalah pepes nasi bakar yang juga merupakan makanan tradisional Nusantara yang hingga kini masih sangat digemari oleh banyak orang. Tentu saja berbeda dengan apa yang akan saya bagikan resep nya kali ini. Nasi yang akan saya bagikan resepnya kali ini di olah dengan cara dipanggang, lalu di beri bahan isi dan dilapisi dengan tepung terigu dengan campuran bahan yang akan menambah cita rasa masakan yang satu ini menjadi tak terbayangkan.

Seperti hal nya makanan modern khas Eropa, bentuk dari nasi panggang yang akan saya bagikan kali ini menyerupai makanan pizza atau semacam nya. Hanya dari segi penampilan saja nasi panggang yang akan saya berikan resepnya ini pasti mengundang rasa penasaran bagi yang melihatnya. Secara fisik bentuknya akan sangat berbeda dengan berbagai olahan nasi yang lain. Selain bentuk fisik, tekstur yang dimiliki nasi panggang ini juga akan sangat berbeda dengan nasi lainnya. Nasi panggang ini akan memiliki tekstur yang lebih lembut dan terikat dalam satu bagian. Pokoknya seperti yang saya bilang anda yang belum pernah menikmati nasi panggang ini pasti akan merasa penasaran seperti apa sih wujud dan cita rasa makanan ini.


Bagi anda semua yang penasaran ingin membuat dan mencicipi hasilnya jangan perna berkecil hati, jangan pernah merasa minder. Sekalipun anda tinggal di kampung asalkan punya niat untuk membuatnya, saya akan dengan senang hati memberikan resep makanan yang tidak hanya enak, namun juga sangat mudah untuk membuatnya. Untuk itu segera saja baca dan siapkan segala peralatan dan bahan untuk mebuat nasi panggang seperti yang ada pada resep berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 2 porsi nasi putih yang sudah matang
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok makan margarin (digunakan untuk menumis)
  • 1 sendok makan bawang bombay yang sudah dicincang
  • 3 siung bawang putih (dicincang halus)
  • 1 sendok makan saus inggris
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 buah cabai merah besar (iris tipis dan buang bijinya)
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1 batang daun bawang (dipotong kecil-kecil)
  • 50 gram wortel (dipotong dadu kecil-kecil)
  • 75 gram buncis (potong kecil)
  • 100 ml air kaldu
  • 2 lembar daging asap (rajang kecil)

Bahan untuk lapisan :
  • 1/2 sendok makan margarin
  • 150 ml susu cair
  • 50 gram parutan keju
  • 1 sedok teh tepung terigu

Cara membuatnya :
  1. Membuat isi : panaskan dahulu minyak dan juga margarin, kemudian tumislah bawang bombay cincang dan bawang putih hingga keluar aroma harum. Selanjutnya tambahkan saus dan bumbu-bumbu yang lain, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Selanjutnya masukkan ptongan daun bawang, buncis dan wortel ke dalam campuran tumisan, aduk lagi hingga rata. Kemudian tuangkan air kaldu, lalu masaklah hingga bumbu meresap, jika cukup angkat dan sisihkanlah.
  2. Membuat lapisan : Panaskan margarin, lalu masukkan tepung terigu ke dalmnya, aduk-aduk bahan tersebut sambil dituangi dengan susu cair. Lanjutkan memasak hingga bahan lapisan mengental, lal tambahkan parutan keju dan aduk-aduk hingga rata, lalu angkat.
  3. Selanjutnya siapkan pinggan yang tahan panas, olesi permukaan pinggan dengan margarin tipis saja. Letakkan nasi terlebih dahulu, kemudian beri bahan isian di atasnya dan tambahkan potongan daging asap yang sudah disiapkan, kemudian beri bahan lapisan di atasnya. Panggang bahan makanan dalam pinggan tersebut dalam waktu kira-kira 20 menit. Jika dirasa cukup segera angkat. 
  4. Nasi panggang dengan daging asap siap disajikan bersama dengan saus sambal.

Nah hanya dalam beberapa langkah saja nasi panggang sudah selesai dibuat. Langkahnya tidak ribet dan sangat mudah di ikuti siapa saja. Makanan yang satu ini juga bisa dipelajari dengan mudah bagi anda yang baru belajar memasak. Bahan di atas bisa dinikmati oleh 4 orang. Semoga resep yang saya bagikan kali ini bermanfaat dan sesuai selera anda semua. Selamat mencoba dan terus berkreasi. 

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang