Resep Tahu Acar Kuah Kuning Segar dan Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Tahu Acar Kuah Kuning Segar dan Nikmat

Menu Internasional - Tahu lagi, tahu lagi udah bosen dengan makanan yang berbahan dasar tahu ya? Jangan donk, meskipun sederhana tahu punya banyak nutrisi yang penting bagi tubuh lho. Nah tahu resep tahu apa yang akan saya berikan? Saya akan memberikan resep tahu acar kuah kuning. Sudah tahu kan tahu acar yang asli Solo memiliki kuah coklat yang menyegarkan? Kali ini saya akan memberikan resep modifikasi tahu acar untuk anda semua. Resep yang akan saya berikan ini memang keluar dari pakem yang selama ini menjadi ciri khas tahu acar, namun sekali lagi saya tekankan bahwa resep ini hanya resep modifikasi yang bisa anda coba di rumah atau sebagai koleksi resep pribadi. Jadi selain resep tahu acar yang asli anda bisa sedikit merubahnya menjadi tahu acar versi yang baru.

Beberapa waktu yang lalu saya juga sudah memberikan resep tahu acar asli Solo yang sangat nikmat dan menyegarkan yang di dapat dari sensasi kuah coklat nan maknyus. Nah makanan yang sering diserbu para wisatawan di kota Bengawan ini tentu saja bisa mejadi makanan yang pas untuk anda semua yang begitu menghindari makanan berkolesterol tinggi. Pasalnya tahu acar merupakan makanan yang dibuat dari racikan sayuran yang bebas kolesterol. Sebagai makanan tradisional khas Solo, acar tidak hanya menjadi buruan para wisatawan yang ingin menikmati sajian khas Solo ini. Penduduk lokal juga serasa tidak pernah bosan dengan makanan khas Solo yang satu ini.

Banyak sekali para penikmat tahu acar Solo menikmati tahu acar pada siang hari. Memang benar banyak yang mengatakan bahwa tahu acara paling nikmat disantap siang hari saat panas terik. Beberapa alasan yang muncul dari para penikmat tahu acar memang masuk akal, makanan ini sangat cocok dinikmati siang hari karena setelah lelah dengan pekerjaan, tahu acar dengan kuah nya mampu mengobati lapar sekaligus dahaga. Alasan lain adalah karena tahu acar biasanya disajikan tidak dalam keadaan panas, sehingga bisa langsung dinikmati tanpa harus menunggu lama. Nah alasan-alasan tersebut yang membuat tahu acar menjadi makanan yang begitu terkenal hingga saat ini. Namun selain alasan di atas tentunya sensasi rasa yang bisa d dapatkan dari tahu acar adalah yang paling utama.

Resep Tahu Acar Kuah Kuning Segar dan Nikmat

Nah bagi anda yang mungkin jauh dari kota Bengawan namun kangen dengan kuliner khas tahu acar, denga senang hati saya kan memberikan resepnya. Namun sesuai dengan judul saya akan memberikn resep modifikasinya, resep yang asli bisa anda lihat di resep tahu acar asli Solo yang sudah saya berikan sebelumnya. Untuk itu silahkan anda pilih yang mana yang lebih anda sukai, atau bisa juga mencoba resep berikut bagi anda yang ingin menikmati tahu acar dalam sensasi rasa yang lain. berikut resepnya.

Bahan-bahan :
  • 2 buah tahu putih (potong dadu 3x3, goreng hingga berkulit)
  • 5 butir bawang merah (potong jadi 4 bagian)
  • 3 buah belimbing sayur (potong 1 cm)
  • 6 buah cabe rawit utuh
  • 2 buah cabai hijau besar (buang bijinya dan iris serong)
  • 2 cm lengkuas (geprak/memarkan)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang daun bawang (potong 1 cm)
  • 1 sendok teh cuka
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 400 ml air

Bumbu halus :
  • 7 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri (disangrai)
  • 2 cm kunyit (dibakar)

Cara membuatnya :
  1. Panaskan dahulu minyak goreng dalam wajan, lalu tumislah bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan serai, lengkuas dan daun salam hingga keluar aroma harum.
  2. Masukkan irisan cabai hijau dan cabai rawit utuh, bawang merah serta potongan belimbung sayur, lanjutkan menumis semua bahan hingga layu.
  3. Masukkan tahu putih goreng, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu tambahkan gula pasir dan garam, aduk lagi hingga rata.
  4. Selanjutnya tuangkan air dan aduk lagi hingga rata. Lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan semua bahan matang. Sebelum diangkat masukkan dan bawang dan cuka, aduk rata lagi, baru kemudian diangkat.
  5. Tahu acar kuah kuning sudah siap disajikan.

Nah sangat mudah sekali kan membuatnya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat masakan nikmat ini juga tidak lama, hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Hasilnya ada bisa menyajikan 5 porsi tahu acar kuah kuning untu keluarga tercinta. Tunggu apalagi silahkan anda coba da nikmati, selamat mencoba dan teruslah berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang