Resep Nugget Ikan Gurame Nikmat dan Gurih Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Nugget Ikan Gurame Nikmat dan Gurih

Menu Internasional - Sudah pernah menikmati nugget kan? Ya nugget memang sudah sangat terkenal, salah satu nugget yang  kini sedang berkembang pesat adalah chicken nugget atau nugget ayam. Namun pada kesempatan ini saya akana membagikan resep nugget gurami yang tak kalah nikmat dari nugget ayam. Memang nugget awalnya adalah olahan makanan dari daging, dan yang paling terkenal adalah nugget ayam. Awalnya nugget ini menggunakan bahan dasar daging ayam fillet, lalu diolah dengan cara tertentu hingga menghasilkan nugget ayam yang lembut dan nikmat. Nugget ayam atau chicken nugget belakangan menjadi makanan yang berkembang pesat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri nugget ayam sudah dikenal banyak orang beberapa tahun belakangan ini dan semankin populer di kalangan masyarakat.

Indonesia adalah surga bagi para pemburu kuliner, banyak sekali makanan hasil modifikasi dari makanan aslinya. Contoh yang paling dekat dari jenis nugget yang ada adalah nugget tempe yang kini sudah mulai terkenal juga di masyarakat. Selain nugget tempe di Indonesia juga dikenal jenis nugget lain yaitu nugget tahu, dan yang akan saya bagikan resepnya kali ini adalah resep nugget gurami. Jika melihat ke belakang, makanan ini mulai diciptakan dan diperkenalkan pada tahun 1950 oleh C. Baker, seorang profesor ahli pangan di Cornell University dan diterbitkan dalam sebuah karya akademis yang tidak dipatenkan.

Semenjak saat itu kemudian banyak sekali bermunculan nugget dari daging ayam dan berbagai olahan daging yang lain. Nugget memang bisa dibuat dari bahan apa saja, bahkan bahan pangan tradisional nan murah meriah pun bisa dibuat menjadi nugget yang tak kalah nikmat dari nugget daging. Nugget tempe dan nugget tahu bisa menjadi alternatif lain bagi anda yang menganut vegetarian.
Resep Nugget Ikan Gurame Nikmat dan Gurih

Nah bagi sobat yang tertarik untuk membuat nugget dari ikan gurami untuk saian makan hari ini, saya akan segera membuatkan resep sederhana yang gampang anda ikuti di rumah. Resep yang akan saya bagikan kali ini semoga bisa memberikan pengetahuan dan menambah ilmu memasak anda semua di rumah. Untuk mempersingkat waktu silahkan anda simak resep spesial yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram daging gurami
  • 200 gram tepung kanji
  • 1 butir telur (untuk campuran adonan)
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bubuk merica secukupnya
  • Penyedap rasa (hanya jika suka)
  • 150 ml susu cair
  • 1 sendok makan mentega
  • 1 putih telur (untuk melapisi nugget)
  • 150 gram tepung panir (untuk lapisan nugget)
  • Minyak goreng (siapkan minyak yang banyak)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan daging gurami, bumbu-bumbu dan sebutir telur ke dalam wadah blender, lalu haluskan dengan blender tersebut. Campurkan adonan daging gurami yang sudah diblender dengan tepung kanji dan susu cair, lalu aduk-aduk hingga bahan tercampur rata.
  2. Olesi mangkuk tahan panas menggunakan mentega, kemudian ratakan adonan daging gurami ke dalam mangkuk tersebut, lalu kukus hingga matang, kemudian angkat dan dinginkan.
  3. Potong hasil kukusan nugget yang sudah matang sesuai dengan selera anda masing-masing, kemudian celupkan ke dalam telur kocok, lalu lumuri dengan tepung panir. 
  4. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, lalu goreng nugget hingga warna berubah menjadi kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan.
  5. Nugget ikan gurami siap di disajikan dengan saus sambal, atau digunakan sebagai lauk makan.

Nah resep nugget ikan gurami sudah selesai kami buat dan bagikan untuk anda semua. Semua bahan yang digunakan untuk membuat nugget di atas bisa untuk disajikan bagi empat porsi makan. Sebagai akhir kata selalu kami ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi. 

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang