Resep Tahu Campur Khas Jawa Timur Sedap dan Mantap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Tahu Campur Khas Jawa Timur Sedap dan Mantap

Menu Internasional - Tahu dan tempe merupakan bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia. Hasil olahan tahu tempe juga bisa menghasilkan jenis makanan yang sangat beragam. Nah kali ini saya akan membagikan resep tahu campur khas Jawa Timur. Tahu campur sendiri merupakan sejenis makanan yang berupa sop daging sapi dengan lemak yang dicampur dengan berbagai makanan lain seperti tahu, lontong, perkedel, mie kuning, tauge sayuran berupa selada. Pokoknya sesuai dengan namanya tahu campur, ya isinya campur-campur termasuk juga kerupuk yang tak pernah ketinggalan melengkapi setiap makanan khas Nusantara. 

Tahu campur merupakan makanan tradisional Jawa Timur yang tepatnya berasal dari kota Lamongan. Kota Lamongan sudah tau sendiri kan terkenal juga dengan soto Lamongan yang sedapnya ngga ketulungan. Nah dari kota ini juga tahu campur tercipta. Dari ceritanya sih makanan tahu campur ini dari hasil coba-coba seorang kakek petani sekaligus penjual soto. Saat ia mencoba mencampur petis dengan kuah soto sisa ternyata enak, kemudian ditambah lagi dengan berbagai makanan seperti tahu, lontong dan sebagainya malah semakin nikmat saja rasanya. Sejak itu akhirnya mulai dikenal tahu campur hingga sekarang. Namun itu hanya cerita dari daerah asal tahu campur.

Tahu campur memang sangat digemari oleh banyak orang, tidak hanya di Lamongan yang telah menobatkan tahu campur sebagai ikon kuliner, namun juga berbagai kalangan di seluruh Jawa Timur kemudian mencinta makanan ini. Berbagai tahu campur seperti tahu campur Surabaya, Tahu Campur Malang kemudian bermunculan, bahkan ada juga tahu campur Magelang. Saking terkenalnya kini hampir setiap daerah khususnya di Jawa mengenal tahu campur. Kelezatan dari tahu campur memang sangat menawan, anda yang belum pernah mencoba, jika jalan-jalan ke Jawa Timur sempatkan menikmati tahu campir asli yang ada di sana, pasti anda semua akan ketagihan dibuatnya. Olahan tahu yang lain yang juga bisa anda coba di rumah adalah resep tahu gejrot khas Bandung.

Resep Tahu Campur Khas Jawa Timur Sedap dan Mantap

Nah jika anda ketagihan namun sangat jauh dari Jawa TImur dan tidak mungkin kembali kesana dalam waktu dekat, anda bisa koq membuatnya sendiri di rumah. Mungkin rasanya akan sama atau kalaupun berbeda pasti mendekati lah. Ini adalah resep generik yang dibuat dengan cita rasa khas Jawa Timur. Jangan lupa jika resep yang saya berikan ini enak, silahkan berbagi kepada sahabat atau sanak saudara, agar tahu campur tetap terjaga dan semakin populer. Jangan lupa juga coba resep yang laiin, terutama resep tradisional Nusantara. Nah untuk itu silahkan anda coba resep tahu campur yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 3 buah tahu china (goreng dan potong-potong)
  • 150 gram mie basah (seduh dengan air panas dan tiriskan)
  • 150 gram tauge (seduh dengan air panas dan tiriskan)
  • Daun selada secukupnya saja
  • 500 gram tetelan sapi (potong-potong)
  • 1000 ml air untuk merebus
  • 2 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 4 batang serai (geprak/memarkan)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 2 cm kunyit bakar
  • 1 1/2 sendok teh ketumbar (disangrai dulu)

Bahan perkedel :
  • 50 gram singkong (diparut dan peras airnya)

Bumbu halus perkedel :
  • 1 1/2 sendok teh ketumbar sangrai
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
  • 1 1/2 sendok tehh gula putih
  • 2 lembar daun jeruk (diiris tipis)
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Bahan sambal petis :
  • 12 buah cabai rawit (direbus dan haluskan)
  • 4 sendok makan petis udang
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 4 sendok makan air matang
  • (campur dan aduk semua bahan)

Cara membuatnya :
  1. Letakkan dan atur tahu goreng bersama mie basah, taoge dan daun selada ke dalam mangkuk atau piring saji, lalu sisihkan dahulu.
  2. Masak potongan daging tetelan menggunakan 1000 ml air hingga menjadi empuk. Sambil menunggu daging empuk tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama jahe dan serai hingga matang dan beraoma harum. Jika sudah segera angkat dan masukkan tumisan tersebut ke dalam rebusan daging tetelan. Selanjutnya didihkan kembali rebusan tersebut, kemuian angkat dan sisihkan.
  3. Membuat perkedel : campurkan parutan singkong dengan ketumbar, bawang putih, kunyit, gula pasir serta daun jeruk, lalu aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga rata. Bentuk adonan perkedel dengan entuk bulat pipih. Selanjutnya goreng adonan perkedel hingga matang dan angkat.
  4. Masukkan beberapa perkedel ke dalam mangkuk atau piring saji, kemudian siram menggunakan kuah tetelan, lalu sajikan bersama dengan sambal petis yang mantap.

Nah selesai sudah resep tahu campur yang saya bagikan hari ini. Resep ini bisa menjadi pilihan untuk santap siang atau malam anda bersema dengan keluarga tercinta.  Baha yang tersedia dalam resep di atas bisa disajikan untuk 4 porsi makan. Semoga resep yang saya bagikan kali ini bermanfaat untuk anda, selamat mencoba dan terus berkreasi. 

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang