Resep Tumis Jamur Campur Tahu Sedap Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Tumis Jamur Campur Tahu Sedap Nikmat

Menu Internasional - Yang hobby makan dan sekaligus pinter masak pasti sudah pernah mencoba tumis jamur, rasanya pasti enak kan. Bagi yang belum bisa memasak saya akan membagikan resep tumis jamur tahu, biar yang baru belajar memasak juga bisa membuat makanan lezat yang tak kalah dengan yang sudah pada jago memasak. Jika di rumah sedang masak jamur pasti saya jadi suka laper, ngga tau kenapa seneng banget ama yang namanya jamur. Setiap kali masak jamur pasti nasi hanya sebagai pelengkap, banyakan ambil jamur nya daripada nasinya. Mungkin saking senengnya ama sensasi rasa yang ditimbulkan dari jamur tersebut. Selain itu tekstur jamur juga asik saat dikunyah.

Jamur yang akan saya pakai untuk membuat tumis jamur tahu kali ini adalah jamur hioko kering. Jamur hioko ini sangat mudah di dapat dan harganya terjangkau. Selain mudah di dapat dan terjangkau dari segi harga, ternyata jamur hioko juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk asupan gizi manusia. Dengan kandungan gizi yang dimilikinya maka sudah jelas sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa jamur hioko atau lebih dikenal dengan nama jamur shiitake tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, namun juga banyak dijadikan obat. Beberapa meyimpulkan jamur hioko ini bisa dijadikan obat saluran pernafasan, memperbaiki sirkulas darah, menunda penuaan dini, meredakan gangguan hati, meningkatkan energi dan banyak lagi yang bisa di dapat dari jamur hioko. Resep jamur yang lain bisa anda lihat di resep nasi pepes jamur.

Jamur hioko atau jamur shiitake ini merupakan jamur asli dari daratan Asia Timur yang sudah sangat mendunia. Bukan saja di Asia namun hampir seluruh dunia mengenal jamur hioko atau shiitake ini. Jamur ini jika anda belum tahu, ternyata sudah dibudidayakan sejak 1000 tahun yang lalu. Sudah cukup tua sebagai bahan makanan yang semakin terkenal hingga saat ini. Kandungan protein yang terkandung dalam jamur hioko atau jamur shiitake ini mampu menggantikan kandungan protein hewani bagi para vegetarian. Dan seperti disebutkan di atas bahwa jamur ini banyak digunakan sebagai obat yang kini beredar dalam bentuk kapsul atau pil. Namun saran yang paling bagus adalah dikonsumsi sebagai bahan makanan, istilahnya mengkonsumsi obat dengan cara yang nikmat.

Resep Tumis Jamur Campur Tahu Sedap Nikmat

Nah dari tulisan pengantar di atas sebenarnya masih belum lengkap, masih banyak lagi kandungan dan manfaat jamur hioko bagi tubuh kita. Namun dalam hal ini saya bukan sebagai ahli gizi dan juga bukan ahli obat. Yang akan saya berikan tentu saja resep yang bisa anda konsumsi saat anda mau, dan pastinya tidak perl resep dokter. Semoga apa yang saya berikan dalam resep ini sangat bermanfaat bagi anda semua, sehingga anda bisa tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan saya bisa tetap memberikan resep-resep nikmat untuk anda semua. Untuk itu guna mempersingkatwaktu mari segera kita simak resep tumis jamur tahu yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 1 buah tahu cina besar
  • 250 gram jamur shiitake kering (seduh dulu dengan air panas dan tiriskan)
  • 50 gram daging giling
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 5 siung bawang merah (rajang halus)
  • 3 siung bawang putih (rajang halus)
  • 1 buah tomat (dipotong dadu)
  • 1 butir bawang bombay (dipotong dadu)
  • 1 cm lengkuas (geprak/memarkan)
  • 2 buah cabai hijau besar (rajang serong)
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh buuk merica
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • Penyedap rasa (hanya jika suka)
  • 250 ml air

Cara membuatnya :
  1. Tahu cina dipotong bentuk dadu, kemudian digoreng setengah matang saja, angkat dan sisihkan terlebih dahulu. Siapkan jamur, cuci jamur hingga bersih kemudian belah jamur memanjang menjadi dua.
  2. Siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng untuk menumis. Tumislah bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga keluar aroma harum. Selanjutnya masukkan cabai hijau, daun salam, potongan tomat dan lengkuas, lalu tambahkan daging giling ke dalam campuran bumbu, lanjutkan menumis hingga daging berubah warna dan menjadi kaku.
  3. Terakhir masukkan jamur ke dalam campuran, lalu aduk-aduk hingga merata, tambahkan garam, bubuk merica dan penyedap rasa (hanya jika suka), lalu tuangkan air. Lanjutkan memasak hingga ai mendidih dan bumbu meresap dalam bahan makanan. Selanjutnya angkat dan tumis jamur tahu siap dihidangakan.

Sangat mudah sekali kan membuat tumis jamur tahu yang nikmat. Jika anda mencoba resep tersebut dengan teliti dan benar, masakan ala restoran terkenal juga akan lewat dengan masakan anda. semua bahan yang saya berikan dalam resep kali ini bisa disajikan untuk 4 porsi makan. Jadi tunggu apalagi segera buat dan coba resep di atas. Selamat mencoba dan terus berkreasi. Semoga berhasil.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang