Cara Membuat Gethuk Lindri Kenyal Gurih Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Gethuk Lindri Kenyal Gurih

Menu Internasional - Gethuk adalah salah satu makanan tradisional yang sampai saat ini masih sangat terkenal khususnya di pulau Jawa. Masing-masing daerah di pulau Jawa memiliki gethuk khasnya masing-masing. Yang paling terkenal adalah Gethuk Lindri yang juga dikenal di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta yang dijadikan oleh-oleh wajib jika berkunjung ke kota tersebut. Bahan dasar untuk membuat kue ini adalah singkong atau ubi.

Proses pembuatan nya masih sangat tradisional dan sangat sederhana, namun hasil dari proses pembuatan yang sangat sederhana tersebut mampu menciptakan kue tradisional yang memiliki citarasa kelas dunia. setelah singkong atau ubi dikukus dan dihaluskan dan diberi warna sesuai keinginan bahan getuk dimasukkan ke dalam gilingan putar, gilingan ini akan membuat adonan getuk berbentuk spserti mi namun dengan ukuran lebih besar. Setelah digiling gethuk dipotong-potong dengan ukuran yang disesuaikan kebutuhan.

Membuat gethuk lindri cukup mudah dan prosesnya sangat menarik untuk di ikuti. Dulu sewaktu kecil sering membantu membuat gethuk lindri dan paling senang saat menggilingnya. Nah kini giliran anda untuk membuat gethuk lindri di rumah. Siapkan bahan-bahan nya lalu ikuti resepnya di Cara Membuat Gethuk Lindri Kenyal Gurih.

Bahan-bahan Membuat Gethuk Lindri :
  • 1/2 kg singkong, dikupas kulitnya
  • 100 gr gula pasir 
  • 75 gr kelapa diparut kasar (kukus 5 menit)
  • 1/2 sdt vanili bubuk 
  • Pewarna makanan merah (5 tetes) 
  • Pewarna makanan hijau (5 tetes) 
  • Pewarna makanan lain (jika diinginkan)
Gethuk Lindri Special


Bahan-bahan Taburan Gethuk Lindri :
  • 200 gr kelapa parut 
  • 1/2 sdt garam 
Cara Membuat Gethuk Lindri Enak dan Nikmat :
  1. Kukus singkong yang sudah dikupas sampai menjadi empuk. Haluskan (ditumbuk), lalu sisihkan.
  2. Aduk-aduk hingga rata campuran gula pasir, kelapa diparut kasar, dan vanili bubuk, lakukan pengadukan hingga gula larut.
  3. Tuangkan campuran gula yang dibuat sebelumnya ke dalam singkong yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk hingga rata. 
  4. Bagilah 3 bagian adonan yang telah jadi. Pada masing-masing bagian adonan berilah pewarna merah dan hijau. Aduk-aduk masing-masing adonan hingga pewarna tercampur rata. Sisanya biarkan tetap berwarna putih.
  5. Giling masing-masing bagian adonan dengan penggiling gethuk. Gulung hasil gilingan lalu potong.
  6. Membuat bahan taburan : kukuslah  parutan kelapa dan garam hingga matang. Lalu angkat.
  7. Gethuk Lindri siap disajikan, taburi permukaan dengan parutan kelapa.
Gampang sekali bukan? Nah selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang