Cara Membuat Matabak Telor Special Mudah dan Murah Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Matabak Telor Special Mudah dan Murah


Menu Internasional - Beberapa waktu yang lalu kita telah membuat resep martabak manis atau kue terang bulan. Nah kali ini kita akan membuat martabak yang berbeda dengan sebelumnya yiatu martabak telur. Martabak telur tidak tidak menggunakan adonan layaknya martabak manis atau terang bulan. Martabak telur mengolahnya seperti membuat telur dadar kemudian di dalamnya diisi dengan berbagai macam bahan isian misalnya sayuran dan sebagainya.

Penjual martabak telur biasanya juga menjual martabak manis atau kue terang bulan, dan sama saja dibelakang nama kedua martabak ini ada embel-embel Bangka. Karena martabaka awalnya memang dibawa oleh etnis Tionghoa yang menetap di pulau Bangka dan berkembang pesat hingga di seluruh Nusantara. Kini di mana pun anda tingga akan sangat mudah sekali mendapatkan martabak telur. Biasanya martabak telur bisa kita dapatkan mulai sore hingga tengah malam. 

Cita rasa gurih dan nikmatnya martabak telur ini sangat digemari oleh banyak orang. Dominasi rasa telur dan bahan isian martabak akan membuat pecinta kuliner ketagihan. Nah anda yang ingin menikmati martabak telur tapi tidak ada yang berjualan diselitar anda, anda bisa memuatnya sendiri dirumah. Kami akan menyediakan resep spesialnya di Cara Membuat Matabak Telor Special Mudah dan Murah yang berikut ini.

Bahan Kulit Martabak Telor Special :

  • 100 gram tepung terigu
  • air secukupnya
  • 2 sendok makan telur kocok lepas (ambil dari telor utk isian)
  • 1 sendok makat minyak/margarin cair
  • garam secukupnya
Bahan Isi Martabak Telor Special :
  • 300 gram daging giling
  • 1 batang daun bawang iris, campurkan saat menumis daging giling
  • 4 batang daun bawang iris kecil
  • 6 sendok makan bawang bombay iris
  • 4 bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh curry powder
  • 6 butir telur
  • merica dan garam secukupnya.
Saus Martabak Telor Special :
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh air asam jawa
  • garam dan gula pasir sesuai selera
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan sambal botol (bisa cabai rawit hijau diiris)
  • Irisan ketimun
  • 2 sendok makan air
Martabak Telor Special Mudah dan Murah

Cara Membuat  Adonan Martabak Telor Special :
  1. Campurkan tepung terigu dengan minyak cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi rata/kalis.
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng. Diamkan selama 1-2 jam.
  3. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain.
Cara Membuat Isi Martabak Telor Special :
  1. Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga bearoma harum, masukkan daging giling, curry powder,merica, 1 batang daun bawang (diiris) dan garam.
  2. Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat lalu  sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
  3. Kocok 4 butir telur (telor yang tersisa setelah diambil 2 sendok makan untuk kulit), buat orak-arik setengah matang. Lalu sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
Cara Membuat Saus Martabak Telor Special: 

  1. Campur semua bahan saus menjadi satu.
Finishing Cara Membuat Martabak Telor Special:
  1. Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan hingga melebar dan tipis (bisa juga dengan pengilas adonan).
  2. Ambil mangkok, masukkan 1 buah telur kocok, daging giling,orak-arik telur setengah matang, irisan 2 batang daun bawang, garam, merica. Aduk-aduk hingga rata. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.
  3. Panaskan minyak di wajan datar yang lebar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga isi martabak tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya. 
Nah mudahkan semoga berhasil, selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang