Cara Membuat Puding Bolu Karamel Special Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Puding Bolu Karamel Special

Menu Internasional - Puding Bolu Karamel adalah makanan penutup yang sangat nikmat dan mampu menggugah selera. Teksturnya yang lembut dan kenyalnya puding membuat makanan yang satu ini begitu diminati banyak orang. Puding biasanya disajikan sebagai makanan penutup setelah menikmati makanan utama. Puding dengan bahan kaya serat disinyalir mampu mengurangi atau meyerap kandungan kolesterol dari makanan utama.

Kreasi puding sangat bervariasi, hampir setiap makanan bisa dijadikan atau dipadukan menjadi puding yang nikmat, salah satunya seperti bolu yang akan kita buat resepnya kali ini. Sebagai makanan penutup pastinya puding dibuat tidak terlalu mengenyangkan tapi menyegarkan sekaligus nikmat di mulut. Berbeda dengan kue pukis yang nikmat dihidangkan selagi hangat, puding lebih nikmat dihidangkan dingin. Mungkin karena puding digunakan sebagai hidangan penutup sehingga dengan dihidangkan dingin akan lebih menyegarkan.

Nah ini bisa menjadi pilihan yan menarik jika suatu saat anda mengadakan jamuan makan, anda bisa memilih puding sebagai makanan penutup. Membuat puding sangat mudah dan dengan skill memasak yang baik mak puding akan menjdi lebih cantik. Anda tertarik membuat sendiri makanan penutup anda? Jangan khawatir akan saya tuliskan resep spesialnya di Cara Membuat Puding Bolu Karamel Special, yuk langsung saya simak resep berikut ini.

Bahan-bahan untuk Membuat Bolu :
  • 5 butir kuning telur (pisahkan kuning telurnya)
  • 2 putih telur (ambil dari sisa yang diambil kuningnya)
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 80 gr margarine, dilelehkan
  • 1 sendok teh essens vanilla 
Bahan untuk Membuat Pudding :
  • 500 ml susu cair
  • 1 Sachet bubuk agar-agar
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 2 butir telur (pisahkan kuning telurnya)2 putih telur (ambil dari sisa yang diambil kuningnya)
  • 100 gr gula pasir/gula putih
  • 1 sendok teh bubuk vanili
Bahan untuk Membuat Karamel :
  • 100 gr gula pasir, buatlah menjadi karamel 

Cara Membuat Puding Bolu Karamel Special : 
  1. Membuat Bolu : Persiapkan loyang untuk memanggang berbentuk bulat dengan ukuran 20 cm, oleskan margarine ke seluruh permukaan loyang, lalu taburi dengan teping terigu.  
  2. Siapkan oven dengan dipanaskan pada suhu 180 derajat C.
  3. Kocoklah campuran gula pasir dan telur hingga memucat dan bertekstur lembut. 
  4. Masukkan backing powder serta tepung terigu, aduk-aduk hingga rata, lalu masukkan lelehan margarine dan vanilli, aduk-aduk lagi hingga rata, lalu tuangkan adonan ke loyang yang telah disiapkan sebelumnya.  
  5. Masukkan loyang berisi adonan kira-kira 30 menit sampai matang dan berwarna cokelat keemasan, angkat loyang, lalu dinginkan.  
  6. Persiapkan loyang bongkar pasang berukuran 22 cm, letakkan di dalamnya kue, lalu sisihkan. 
    Membuat Puding : Ambilah sedikit susu cair, lalu larutkan maizena dengan susu cair, campurkan bersama kuning telur, aduk-aduk hingga rata.
  7. Campurkan sisa susu cair yang ada bersama agar-agar, bubuk vanilli, dan gula pasir, tuangkan campuran telur yang sudah dibuat sebelumnya dan aduk-aduk hingga rata lalu didihkan, dan angkat setelah uap nya hilang.
  8. Campurkan bersama putih telur yang telah dibuat dengan dikocok hingga kaku, aduk-aduk hingga rata dan tuangkan ke dalam loyang. 
    Tuangkan caramel, dan bentuklah pola marmer, simpan dalam lemari dingin.
  9. Sajikan dingin untuk rasa lebih nikmat.
Nah Puding Bolu Karamel sudah jadi, selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang