Cara Membuat Sayur Lodeh Cabai Hijau Sedap Mantap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Sayur Lodeh Cabai Hijau Sedap Mantap

Menu Internasional - Para pecinta sayur tentu sudah tidak asing lagi dengan sayur lodeh yang terkenal di daerah Jawa Tengah. Nah untuk anda pecinta masakan sayur kali ini kami akan membagikan resep sayur lodeh untuk anda. Sayur lodeh adalah sayur yang banyak memiliki variasi baik dari bahan dasarnya maupun jenisnya. Kadang kita menemukan  sayur lodeh dengan kuah santan berwarna putih, namun ada juga kuah santan yang berwarna merah. Namun kedua macam jenis kuah sayur lodeh tersebut sama-sama memiliki citarasa yang mantap dan patut anda coba sendiri di rumah.

Bahan yang umum digunakan untuk membuat sayur lodeh antara lain labu siam/jipang, kacang panjang, petai, cabai, jagung dan banyak lagi. Namun bahan-bahan yang disebutkan di atas buka merupakan bahan baku, artinya sayur lodeh bisa divariasikan dengan jenis sayaur yang beraneka ragam dan disesuaikan dengan selera anda masing-masing. Jadi sayur lodeh semakin memiliki semakin banyak variasi menyesuaikan keinginan dan kesukaan masing-masing.

Seperti yang telah disebutkan di atas untuk membuat sayur lodeh bahan-bahannya sangat mudah didapatkan, bahkan mungkin anda yang tinggal dikampung tinggal memetik dikebun. Selain bahannya mudah membuatnya pun juga sangat sederhana. Masakan ini cocok disajikan saat masih hangat dengan nasi putih dan lauk pauk serta sambal pedas. Dan cocok sekali disajikan panas saat udara dingin, dijamin bisa menghangatkan suasana.

Nah untuk mempersingkat waktu mari kita lihat saja resep sayur lodeh cabai hijau yang akan segera kami sajikan dibawah ini. Harapan kami adalah semoga resep yang kami sajikan akan sangat berguna bagi anda yang baru belajar memasak untuk membuat sajian yang mantap. Berikut resepnya.

Cara Membuat Sayur Lodeh Cabai Hijau Sedap Mantap

Bahan-bahan :
  • 1 buah labu siam
  • 7 kacang panjang
  • 50 gram buah melinjo
  • 50 gram tempe (potong dadu)
  • 6 buah cabai hijau besar
  • 400 ml air
  • 200 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • Garam secukupnya

Bahan tambahan :
  • 2 sendok teh irisan gula merah
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas (dimemarkan)
  • 1 genggam daun melinjo (yang masih muda)

Cara membuat sayur lodeh :
  1. Kupas kulit labu, lalu potong-potong labu siam seukuran dadu kecil, selanjutnya potong atau rajang kacang panjang serta cabai hijau.
  2. Panaskan air lalu masak labu siam bersama dengan kacang panjang, melinjo, tempe, cabai hijau, bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, serta lengkuas. Masak bahan-bahan tersebut hingga mendidih dan sayuran masak, aduk-aduk hingga rata.
  3. Tuangkan santan kedalam camopuran bahan, kemudian masak lagi menggunakan api kecil sambil sesekali daiaduk hingga kuah kembali mendidih. Selanjutnya masukkan daun melinjo, lalu aduk-aduk kembali hingga mendidih dan semua bahan matang, segera angkat dan sayur lodeh siap disajikan.

Nah mudah sekali dan tidak butuh waktu lama kan. Resep dan bahan yang disiapkan di atas bisa untuk 4 orang atau empat porsi. Selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap

Menu Internasional - Kue Putri kandis  merupakan kue tradisional khas Jambi yang merupakan salah satu jenis kue yang biasa dan mudah ditemukan pada perayaan adat atau acara-acara penting yang lain, misalnya acara antar belanjo yang merupakan budaya Jambi. Sejarah serta asal-usul kue Putri Kandis ini memang tidak terlalu banyak sumber yang jelas. Pembuat kue di Jambi Seberang Kota hanya mewarisi resep kue Putri Kandis ini turun temurun dari nenek moyangnya. Dan pada saat ini cuma beberapa saja dari para pembuat kue yang benar-benar terampil dalam membuatnya. Nah jika anda tertarik untuk belajar membuat atau ingin melestarikan kue warisan ini silahkan simak resep Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap . Bahan-bahan I Kue Putri Kandis : 15 kuning telur 125 gram gula pasir ¼ sendok teh vanilla 50 ml susu kental manis 50 gram margarine, dikocok hingga lembut 1 ½ sendok makan tepung terigu 175 ml santan dari parutan 1 butir kelapa 2 sendok makan cokelat bub