Resep Cara Membuat Nasi Briani Lezat dan Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Nasi Briani Lezat dan Nikmat

Menu Internasional - Menikmati makanan dengan rasa dan tampilan menarik tentu akan menambah selera makan bagi para penikmatnya. Dari sekian banyak makanan ang pernah anda makan, mungkin salah satu yang menarik adalah masakan dari Timur Tengah. Kali ini masakan yang akan kami berikan resepnya adalah resep nasi briani. Makanan ini memang banyak sekali penggemarnya dan hampir semua orang pernah menikmati terutama di daerah Timur Tengah dan Asia. Masakan yag satu ini memang unik dari segi rasa maupun dari bahan untuk membuatnya. Jika anda ingin membuatnya sendiri mungkin akan sangat banyak bahan yang harus disiapkan. Akan tetapi daripada anda penasaran dengan kenikmatan nasi briani ini salah satu cara ya membuat sendiri di rumah.

Berdasarkan literatur yang kami kumpulkan, masakan ini bernama biryani atau biriani, namun ketika sampai di Indonesia dan Malaysia kemudian masakan ini ditambah dengan nasi. Alasannya adalah karena makanan ini memang berbahan dasar beras yang kemudian dimasak bersama dengan bumbu rempah, sayuran dan bisa juga ditambah dengan daging (non vegetarian). Biryani sendiri dari asal katanya merupakan kata serapan dari bahasa Parsi yaitu beran yang artinya goreng atau panggang. Dalam proses pembuatan nasi briani ini beras direbus pada panci terpisah hingga setengah matang, baru kemudian dicampur dengan bumbu dan bahan lain lau dimasak lagi hingga matang.

Nah setelah anda tahu proses membuatnya secara singkat di atas, mungkin anda semakin penasaran, seperti apa sih jadinya wujud dan rasa dari masakan yang nampak lezat dan banyak orang membicarakan ini. Daripada anda penasaran segera saja anda siapkan bahan-bahan yang akan kami tulis pada resep nasi briani yang satu ini.

Resep Cara Membuat Nasi Briani Lezat dan Nikmat

Bahan-bahan :
  • 400 gram beras panjang (beras basmati)
  • 3 sendok makan minyak samin
  • 1 butir bawang bombay (iris bulat)
  • 3 siung bawang putih (rajang tipis)
  • 3 cm kayu manis
  • 6 butir kapulaga
  • 15 butir cengkih
  • 2 buah bunga pekak/lawang
  • 350 gram sandung lamur (dipotong kecil-kecil)
  • 1 sendok teh bubuk adas
  • 1/2 sendok teh bubuk jintan
  • 1 sendok teh bubuk pala
  • 1 sendok teh bubuk merica
  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit
  • 2 liter air
  • 175 ml yoghurt tawar (plain yoghurt)
  • 2 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan kismis
  • 4 sendok makan bawang merah goreng

Cara membuatnya :
  1. Panaskan minyak samin, lalu tumis bawang bombay dan rajangan bawang putih hingga berbau harum dan layu. Kemudian tamahkan kayu manis, kapulaga, bunga pekak dan cengkih, lanjutkan menumis hingga bumbu yang ditumis benar-benar beraroma harum.
  2. Selanjutnya masukan potongan daging sapi (sandung lamur), lalu masukkan bubuk adas, bubuk pala, bubuk jintan, bubuk merica dan bubuk kunyit. Tuang air kedalam bumbu-bumbu tersebut. Lanjutkan memasak hingga daging matang, lalu masukkan plain yoghurt dan aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga rata.
  3. Masukkan beras ke dalam campuran tersebut, lalu aduk-aduk kembali, masak beras hingga setengah matang dan air mulai kering, lalu angkat. Kukus beras setengah matang tadi hingga menjadi nasi matang lalu berilah margarin dan kismis, aduk-aduk lagi hingga rata, kemudian segera angkat, lalu hidangkan dengan taburan bawang goreng.

Kini saatnya anda menikmati hasil masakan anda nasi briani yang nikmat dan mantap. Semua bahan yang dimasak di atas bisa disajikan bagi 5 orang. Semoga resep kali ini bermanfaat untuk menambah ragam hidangan di rumah anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang