Resep Cara Membuat Pindang Telur Masak Kuah Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Pindang Telur Masak Kuah

Menu Internasional - Selamat berjumpa lagi buat anda para pecinta kuliner Nusantara tercinta. Kesempatan kali ini kami ingin kembali membagikan resep yang mungkin menarik untuk anda coba di rumah. Kami akan memberikan resep pindang telur puyuh yang tentu saja akan memberikan sensasi sendiri bagi anda yang sangat menyukai masakan khas Nusantara ini. Pindang telur kali ini kami akan menggunakan bahan telur puyuh yang dibuat dengan kuah yang istimewa. Pindang telur jika anda belum tau biasanya digunakan untuk makanan pelengkap jika kita sedang menikmati gudeg Jogja. Hanya saja yang berbeda kali ini pindang telur menggunakan telur puuh dan resepnya kami buat berkuah, sehingga sedikit memberikan citarasa yang berbeda dari kebanyakan pindang telur yang lain.

Beberapa waktu yang lalu kami juga telah membagikan resep pindang kerbau khas Kudus untuk anda. Perlu anda ketahui bahawa resep pindang di Indonesia sendiri memiliki perbedaan antar daerah. Misalnya pindang khas Kudus sama sekali berbeda dengan pindang khas Palembang. Nah dengan perbedaan yang ada sudah bisa membuktikan bahwa Nusantara memiliki keanekaragaman kekayaan kuliner yang tak tertandingi di Dunia. Jadi jangan pernah meninggalkan budaya kuliner Nusantara yang sangat membanggakan dan justru suka kuliner luar. Hal ini bisa saja membuat kekayaan kuliner Nusantara tergerus oleh budaya kuliner asing. Banggalah akan kuliner Indnesia.

Nah kembali lagi kepada resep pindang telur puyuh berkuah yang akan kami bagikan kali ini. Bahan yang digunakan memang sedikit agak banyak, hal ini tentu saja karena pindang sebagai masakan khas Nusantara terkenal akan bumbu rempah-rempah yang membuat citarasa menjadi kaya akan budaya. Namun meskipun banyak bahan yang digunakan anda tidak usah khawatir, proses membuatnya sangat mudah. Nah untuk menghemat waktu segera saja saya hadirkan resepnya untuk anda.

Resep Cara Membuat Pindang Telur Masak Kuah

Bahan-bahan :
  • 24 telur puyuh
  • 1 liter air (untuk merebus)
  • 750 ml air (untuk membuat kuah)
  • 1 genggam kulit bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Penyedap rsa (hanya jika suka)
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas (geprak/memarkan)
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 4 butir bawang merah (biarkan utuh)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe (geprak/memarkan)
  • 2 cm kunyit
  • 2 buah cabai merah (dibelah dua)
  • 2 buah belimbing sayur/belimbing wuluh (potong-potong)
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 1 batang daun bawang (potong menyerong)

Cara membuatnya :
  1. Rebus 24 telur puyuh dengan 1 liter air bersama dengan daun salam, kulit bawang merah, gula pasir dan garam, lakukan hingga telur matang lalu angkat. Retakkan kulit telur, jangan sampai kulit telur hancur. Selanjutnya rebus kembali telur tersebut hingga telur mengalami perubahan warna, lalu angkat dan kupas telur tersebut dari kulit cangkang, kemudian sisihkan dahulu.
  2. Didihkan air untuk membuat kuah bersama dengan serai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas. Tambahkan kecap manis, kecap ikan, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit merah.
  3. Selanjutnya masukkan telur puyuh yang sudah dikuliti tadi, kemudian tambahkan potongan belimbing wuluh. Masukkan garam, bubuk merica dan penyedap rasa (jika suka), masak lagi hingga semua bahan matang, beri irisan daun bawang lalu angkat.
  4. Pindang kuah telur puyuh sudah siap disajikan.

Nah sangat mudah kan membuatnya, semua bahan tersebut bisa disajikan untuk 4-5 porsi. Sudah siap untuk mencoba di rumah? Selamay mencoba dan tetap berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang