Resep Cara Membuat Kue Popaco Khas Manado Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Kue Popaco Khas Manado

Menu Internasional - Dari pulau Jawa kita terbang ke Sulawesi tepatnya di kota Manado. Di sana kita akan mendapatkan banyak makanan khas daerah yang sudah dikenal diseluruh Nusantara bahkan mungkin di mancanegara. Salah satu yang akan kami bagikan adalah resep kue popaco yang memiliki rasa manis dan gurih dari santan sebagai pelengkap penyajian. Sebagai salah satu makanan tradisional kue popaco ini hingga saat ini masih sering digunakan untuk sajian dalam berbagai acara baik yang formal maupun non formal. Kue tradisional masih menjadi primadona di sana dan masih dijaga kelestariannya. Mungkin banyak di daerah lain yang sudah tidak peduli dengan salah satu makanan tradisional terutama kue tradisional. Berbeda di Manado di sana hampir setiap ada upacara adat atau acara keluarga selalu terhidang makanan atau kue trdisional sebagai hidangan wajib. Jadi selain menjaga tradisi sekaligus juga menjaga budaya kuliner.

Melihat tampilan kue popaco dibungkus menggunakan daun pandan yang dibuat mangkuk memanjang, mengingatkan pada makanan tradisional yang ada di Jawa Timur yaitu bubur beras merah putih yang biasanya menggunakan daun pisang dengan bentuk yang sama. Namun isinya berbeda pastinya, dengan bentuk bungkus atau mangkuk daun pandan yang seperti itu, kue popaco juga sering disebut dengan nama kue perahu. Yang uniknya kue ini disajikan harus bersama saus santan, hal ini juga mengingatkan pada makanan khas Betawi kue putu mayang yang beberapa waktu lalu juga sudah kami bagikan resepnya. Kue ini menggunakan bahan dasar tepung beras, sehingga tekstur yang dihasilkan sangat lembut dan memiliki rasa manis. Lebih nikmat dengan adanya sensasi gurih dengan campuran saus santan kental nya.

Untuk membuat kue popaco ini sangatlah mudah, dengan mengikuti resep yang kami bagikan anda pasti akan berhasil membuatnya. Jika anda sedang akan mengadakan acara keluarga kue ini bisa di coba untuk hidangan bagi para undangan. Mungkin akan membuat banyak orang bertanya jika anda di luar Manado. Siapa tahu bisa menjadi sumber pendapatan di kemudian hari. Nah untuk anda yang tertarik mencobanya, berikut adalah resep kue popaco untuk anda semua.

Resep Cara Membuat Kue Popaco Khas Manado

Bahan-bahan :
  • 150 gram tepung beras
  • 15 gram tepung kanji
  • 2 lembar daun pandan
  • 500 ml santan kental
  • 1 1/2 sendok bubuk kayu manis
  • 1/4 sendok teh bubuk cengkih
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan besar (buat mangkuk panjang)

Bahan saus santan :
  • Santan dari 1 butir kelapa
  • 1 1/2 sendok makan tepung kanji
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Masaklah santan beserta gula merah hingga mendidih, lalu saring dan dinginkan. Kemudian masukkan bahan-bahan berikut, tepung beras, tepung kanji, daun pandan, bubuk cengkih, bubuk kayu manis dan garam, aduk-aduk hingga bahan tercampur rata. Selanjutnya tuangkan adonan yang sduah jadi ke dalam cetakan mangkuk dari paun pandan, lalu dinginkan.
  2. Saus santan : rebuslah santan, tepung kanji dan garam hingga mendidih hingga mendidih lalu dinginkan.
  3. Sajikan kue popaco dengn disiram dengan saus santan saat kue popaco sudah dingin.

Catatan : santan dimasak dengan menggunakan api sedang dan diaduk-aduk terus agar santan tidak pecah.

Mudah dan sederhana kan, namun rasa yang dihasilkan tentu tidak sederhana. Dengan bahanyang digunakan di atas akan menghasilkan 18 mangkuk kue popaco. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang