Resep Cara Membuat Selat Solo Sedap Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Selat Solo Sedap Nikmat

Menu Internasional - Bagi anda yang pernah ke kota Solo pastinya akan heran mendengar selat solo. Bukankah jika ke Solo hanya menyebrang Bengawan Solo melalui jembatan? Anda benar tidak ada pelabuhan penyebrangan di Solo, selat solo adalah nama makanan. Sepertinya baik jika kami membagikan resep selat solo untuk anda pada kesempatan yang baik ini. Sekaang sudah tidak perlu bingung lagi memikirkan selat di kota Solo, namun lebih baik jika anda menikmati lezatnya selat solo. Selat solo sebenarnya adalah nama makanan tradisional asli kota Solo. Makanan ini lebih mirip dinamakan salad sebenarnya. Akan tetapi entah bagaimana awalnya hingga kemudian disebut dengan nama selat. Namun apapun namanya yang harus dan wajib adalah kita berbangga memiliki budaya kuliner yang kaya akan rasa. Hingga saat ini nama selat solo sudah tidak asing lagi bahakan menjadi ikon kuliner di beberapa restoran esar yang dikenal di mancanegara.

Jika kita melihat lebih jauh memang tidak terlalu banyak perbedaan yang ada dari selat solo dan salad pada umumnya. Makanan yang satu ini berisi sayur-sayuran seperti wortel, mentimun, buncis, selada dan juga biasanya ditambah dengan daging atau telur. Biasanya bahan-bahan yang telah dicampur diberi dengan mayones yang sedikit memberikan rasa asam namun menyegarkan. Makanan ini biasanya atau lebih cocok sebagai makanan penutup, namun tidak salah juga untuk disajikan pada saat acara keluarga non formal sebagai makanan pengganti kue yang sudah terlalu biasa. Namun bagi sebagian orang yang belum mengenal selat solo masih bingung dan kadang menunggu nasi, dikiranya selat solo adalah makanan yang dimakan bersama nasi, tidak salah, hanya kurang cocok saja.

Resep Cara Membuat Selat Solo Sedap Nikmat

Nah untuk anda yang mungkin saja belum pernah mengenal atau bahakan belum tahu seperti apa wujud dari selat solo, jangan khawatir dan jangan sedih. Makanan yang satu ini sangat mudah koq cara membuatnya, bahakan juga sangat mudah mempersiapkan bahannya. Maka dari itu untuk langkah yang benar dan tidak keliru dalam membuatnya, berikut kami sampaikan resepnya untuk anda.

Bahan-bahan :
  • 500 gram daging sapi (has dalam utuh)
  • 3 sendok makan margarin
  • 5 butir bawang merah (dirajang tipis)
  • 1 buah tomat (dipotong-potong)
  • 1/4 sendok teh bubuk pala
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 liter air

Bumbu untuk merendam :
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • 2 sendok makan kecap manis
  • (Campur kedua bahan dan aduk hingga rata)

Bahan saus mayones :
  • 4 butir telur rebus (ambil kuningnya saja dan haluskan)
  • 1/4 sendok teh mustard
  • 1/8 sendok teh bubuk merica
  • 1/2 sendok teh cuka
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 sendok teh gula pasir

Bahan acar :
  • 1 butir telur rebus (ambil kuningnya saja dan haluskan)
  • 2 butir bawang merah (belah dua)
  • 50 gram mentimun (buang bijinya, potong dadu)
  • 50 gram wortel (potong dadu)
  • 1/8 sendok teh bubuk merica
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh cuka
  • 1 sendok teh gula pasir

Bahan pelengkap :
  • 3 butir telur rebus (belah dua memanjang)
  • 75 gram wortel (potong 3cm, rebus hingga matang
  • 50 gram buncis (potong 3cm, rebus hingga matang)
  • 200 gram kentang (potong dan goreng dengan kulitnya)

Cara membuatnya : 
  1. Lumuri daging has dalam menggunakan bumbu perendam, lalu didiamkan hingga kira-kira satu jam dalam kulkas.
  2. Membuat acara : campurkan kuning telur yang sudah dihaluskan dengan wortel, mentimun dan bawang merah, lalu ratakan. Kemudian tambahkan gula pasir, merica, garam, dan cuka, lalu aduk hingga rata. Selanjutnya diamkan kira-kira selama dua jam di dalam kulkas.
  3. Panaskan margarin, lalu masukkan daging yang udah direndam sebelumnya, lalu aduk daging hingga mengalami perubahan warna, jika sudah potong dengan tebal 1cm dan sisihkan dulu.
  4. Panaskan lagi sisa margarin yang ada, lalu tumis bawang merah hingga harum. Kemudian masukkan tomat dan aduk hingga tomat layu. Tuang dengan air, lalu masak lagi hingga mendidih. Selanjutnya masukkan ptongan daging tadi, tambahkan kecap manis, kecap inggris dan bubuk pala, aduk hingga rata. Lanjutkan memasak hingga matang dan bumbunya meresap.
  5. Membuat saus mayones : campurkan kuning telur yang sudah halus bersama dengan bubuk merica, garam, cuka, gula pasir, garam dan mustard. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  6. Penyajian : Sajikan selat solo bersama dengan acar, saus mayones dan bahan pelengkapnya.

Nah meskipun bahanya agak banyak namun semuanya mudah didapatkan bukan, dan cara membuatnya pun sangat gampang. Semua bisa disajikan untuk 6 porsi selat solo. Selamat mencoba dan tetaplah berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang