Resep Cara Membuat Tekwan Asli Khas Palembang Citarasa Nikmat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Tekwan Asli Khas Palembang Citarasa Nikmat

Menu Internasional - Jika diminta menyebutkan salah satu masakan tradisional asal Palembang, kira-kira apa yang paling anda ingat? Pempek mungkin salah satu yang bisa langsung anda jawab dengan cepat dan tepat. Namun ada yang lain yang akan kami bagikan kali ini, yaitu resep tekwan sederhana khas Palembang. Mengapa tekwan dianggap makanan yang sederhana? Ya karena bahan dan bumbu yang digunakan sangat sederhana, termasuk juga proses membuatnya. Hampir mirip dengan pempek, tekwan terbuat dari ikan dan sagu, namun dalam penyajiannya sangat berbeda antara keduanya. Tekwan dalam hal ini disajikan bersama dengan kuah yang memiliki citarasa yang khas. Selain itu tekwan juga biasanya dihidangkan bersama pelengkapnya berupa sohun dan taburan berupa daun bawang, seledri dan bawang goreng.

Menengok dari asal katanya, tekwan berasal dari sebuah singkatan ungkapan umum yang beredar pada masyarakat sekitar. Berkotek Samo Kawan kemudian disingkat Tekwan mengandung arti mengobrol bersama kawan. Saya tidak banyak mengetahui apakah awalnya makanan tekwan ini di sajikan pada saat santai bersama sahabat atau apa, namun begitulah rumor yang beredar mengenai asal-usul kata tekwan. Dari berbagai kesan dari penjelasan di atas tekwan memang sangat sederhana, baik dari namanya, bahan dan proses membuatnya sangat sederhana, satu yang sangat tidak sederhana adalah rasanya. Untuk resep makanan tradisional Palembang yang lain silahkan lihat resep pempek Palembang.

Nah Bagi anda yang belum pernah menikmati yang namanya tekwan, atau bahkan belum tau apa itu tekwan, tidak usah jauh-jauh ke Palembang. Setidaknya anda bisa membuatnya sendiri di rumah sebelum sempat menikmati tekwan di tempat asal nya, Untuk itu bagi anda yang penasaran akan citarasa tekwan, silahkan anda simak resep tekwan yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Tekwan Asli Khas Palembang Citarasa Nikmat

Bahan-bahan :
  • 300 gram ikan tenggiri (digiling)
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 1 sendok teh garam 
  • ¼ sendok teh gula pasir 
  • 1 butir telur 
  • Air bersih secukupnya

Bahan kuah :
  • 100 gram udang (kupas kulitnya, bersihkan)
  • 400 ml kaldu udang (hasil rebusan kulit udang)
  • 10 gram jamur kuping (seduh dengan air panas)
  • 10 gram bunga sedap malam (seduh dengan air)
  • 150 gram bengkoang (iris memanjang)
  • 2 sendok teh garam
  • 3/4 sendok teh gula 
  • 25 gram Soun/sohun (rendam di air panas dan potong-potong)
  • 1/2 sendok teh cuka
  • 1/2 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 1 tangkai seledri (cincang)
  • Bawang merah goreng (untuk taburan)

Bumbu halus :
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh bubuk merica

Cara membuatnya :
  1. Membuat bola daging ikan : Campur ikan giling bersama dengan garam, gula pasir dan putih telur. Aduk-aduk semua bahan campuran hingga rata. Tambahkan tepung sagu, aduk-aduk lagi hingga rata. Ambil sedikit adonan dengan sendok, lalu buatlah bentuk bola, kemudian rebus bola ikan dengan air mendidih, tunggu hingga bola ikan mengapung dan matang lalu angkat. Lakukan hingga adonan bola ikan habis.
  2. Membuat kuah : Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan hingga keluar aroma harum bumbu. Masukan udang e dala tumisan bumbu, aduk-aduk hingga udang berubah warna. Selanjutnya tuangkan kaldu udang ke dalam tumisan dan masak hingga mendidih. Tambahkan jamur kuping, bunga sedap malam, garam, irisan bengkoang dan gula pasir, aduk sebentar. Masukkan soun dan cuka, aduk-aduk hingga rata dan matang.
  3. Penyajian : ambil beberapa bola ikan lalu siram bola ikan menggunakan kuah tekwan dan taburi dengan bawang goreng. Sajikan tekwan selagi panas atau hangat.

Mudah sekali kan membuat tekwan, hampir sama dengan bakso namun dengan rasa mirip pempek. Silahkan anda coba agar rasa penasaran anda segera terganti dengan rasanya yang nikmat. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang