Resep Ketoprak Khas Betawi Sedap dan Lezat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Ketoprak Khas Betawi Sedap dan Lezat

Menu Internasional - Bagi sebagian orang ketoprak merupakan seni pertunjukan yang layak ditonton, namun bagi sebagian orang yang lain ketoprak merupakan hasil dari seni kuliner yang layak dinikmati. Seperti resep ketoprak tahu yang akan saya bagikan untuk anda saat ini. Keberadaan ketoprak sebagai makanan memang kini diakui oleh banyak orang sebagai makanan asal Betawi, namun banyak orang juga mengatakan bahwa ketoprak berasal dari daerah Jawa Tengah. Nah mengenai asal usul ketoprak saja sudah menjadi tidak menentu. Namun menurut logika saya, karena ketoprak banyak dijual di daerah Jakarta, sedangkan jarang ditemukan di daerah Jawa Tengah maka saya berpendapat bahwa makanan ketoprak ini berasal dari Betawi. Sedangkan yang di Jawa Tengah adalah ketoprak untuk menyebut salah satu seni peran atau seni budaya Jawa.

Sebaiknya kita sudahi saja perdebatan mengenai asal usul ketoprak, setidaknya kita tahu ada dua jenis ketoprak untuk sesuatu yang berlainan. Jika kita makan ketoprak pastinya kita menemukan sesuatu hal yang unik. Uniknya adalah bahan atau bumbu yang akan digunakan sebagai bumbu ketoprak di ulek di atas piring, begitu yang saya lihat saat membeli ketoprak di beberapa tempat. Apakah itu ciri khas para pedagang ketoprak atau hanya sebagian orang saja yang melakukan demikian. Selain membuatnya dengan cara unik ternyata makanan ini juga memiliki rasa yang tak kalah unik. Awalnya saya berpikir bahwa ketoprak itu sama dengan gado-gado, lotek atau pecel, namun ternyata semua makanan yang saya sebut itu berbeda semua.

Bahan untuk membuat ketoprak ternyata tidak menggunakan sayur hijau, artinya masih menggunakan sayur tapi tidak selengkap yang ada pada gado-gado. Untuk membandingkannya silahkan simak resep gado-gado berikut. Nah dari membandingkan pasti anda akan menemukan banyak perbedaan dari kedua makanan ini. Bahan yang digunakan untuk membuat ketoprak biasanya terdiri dari mi bihun itu wajib, tahu, tauge dan bumbu-bumbu pelengkap, lalu ditambah bahan taburan dan kerupuk. Jika melihat dri bahan dan cara membuatnya, menyajikan ketoprak sangat mudah sederhan dan sangat cepat. Nah  dengan kesederhanaan ini maka bisa dijadikan rekomendasi bagi anda yang ingin membuat sendiri ketoprak dirumah.

Resep Ketoprak Khas Betawi Sedap dan Lezat

Nah untuk anda semua yang belum pernah menikmati nikmat dan lezatnya ketoprak khas Betawi buruan segera membuatnya di rumah. Tidak usah jauh-jauh ke Jakarta hanya untuk menikmati seporsi ketoprak, cukup di rumah dan tidak usah mengeluarkan banyak uang untuk ongkos pulang pergi ke Jakarta. Ongkos perjalanan pulang pergi ke Jakarta bisa untuk membuat menu ketoprak beberapa hari lho. Untuk itu silahkan anda simak resep ketoprak tahu yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 5 buah tahu cina ukuran sedang
  • 200 gram tauge (buang akarnya, seduh dengan air panas dan tiriskan)
  • 100 gram bihun (seduh dengan air panas dan tiriskan)
  • Kecap manis secukupnya saja
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kerupuk sagu secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng tahu)
Bumbu halus :
  • 100 gram kacang tanah goreng
  • 5 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh cuka
  • 1 sendok teh  garam
  • 125 ml air matang
Cara membuatnya :
  1. Goreng tahu cina sebentar saja, lalu tiriskan, kemudian potong-potong tahu goreng tersebut dengan pisau dan sisihkan.
  2. Tata bihun, tahu dan tauge, lalu siram dengan bumbu yang telah dihaluskan, lalu beri tambahan kecap sesuai dengan selera.
  3. Taburi ketoprak dengan bahan pelengkap bawang goreng dan kerupuk sagu secukupnya, dan ketoprak siap disantap.
Nah sangat mudah kan membuat ketoprak sendiri. Dalam resep ini bumbu halus dibuat terpisah, sebab jika meniru seperti yang para pedagang ketoprak lakukan, anda bisa pecahin banyak piring. Resep yang saya berikan di atas cukup disajikan untuk empat porsi makan. Selamat mencoba dan terus berkreasi.



Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap

Menu Internasional - Kue Putri kandis  merupakan kue tradisional khas Jambi yang merupakan salah satu jenis kue yang biasa dan mudah ditemukan pada perayaan adat atau acara-acara penting yang lain, misalnya acara antar belanjo yang merupakan budaya Jambi. Sejarah serta asal-usul kue Putri Kandis ini memang tidak terlalu banyak sumber yang jelas. Pembuat kue di Jambi Seberang Kota hanya mewarisi resep kue Putri Kandis ini turun temurun dari nenek moyangnya. Dan pada saat ini cuma beberapa saja dari para pembuat kue yang benar-benar terampil dalam membuatnya. Nah jika anda tertarik untuk belajar membuat atau ingin melestarikan kue warisan ini silahkan simak resep Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap . Bahan-bahan I Kue Putri Kandis : 15 kuning telur 125 gram gula pasir ¼ sendok teh vanilla 50 ml susu kental manis 50 gram margarine, dikocok hingga lembut 1 ½ sendok makan tepung terigu 175 ml santan dari parutan 1 butir kelapa 2 sendok makan cokelat bub