Cara Membuat Abon Sapi Enak Renyah dan Gurih

Rabu, 17 April 20130 comments

Menu Internasional - Abon merupakan bahan makanan yang dibuat dari serat-serat daging dari hewan. Dilihat secara kasat mata abon berwarna kecoklatan agak terang atau kehitaman hal ini dikarenakan abon di beri tambahan kecap sebagai bumbunya. Hal lain yang terlihat dari abon adalah terlihat seperti serat-serat kapas, karena abon didominasi oleh serat otot yang mengering dan di suwir-suwir. Abon nyaris tidak mempunyai kadar air atau kering sempurna, hal ini menyebabkan abon awet disimpan selama bermingu-minggu bahkan berbulan-bulan didalam kemasan kedap udara. Abon biasanya digunakan sebagai bahan taburan atau lauk diatas sepiring nasi, bubur ayam atau mie, bisa juga digunakan sebagai bahan isian lemper. Nah untuk anda yang ingin membuat baon sendiri akan saya berikan resepnya di Cara Membuat Abon Sapi Enak Renyah dan Gurih.

Cara Membuat Abon Sapi Enak Renyah dan Gurih


Bahan-bahan :
  • 1 kg daging sapi
  • 300 ml santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ibu jari lengkuas, digeprak atau dimemarkan
Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 2 sendok makan gula merah/secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Abon Sapi Enak Renyah dan Gurih :
  1. Rebuslah daging bersama dengan daun salam dan lengkuas, tunggu hingga daging menjdi empuk lalu iris tipis-tipis, selanjutnya pukul-pukul dengan pemukul daging hingga memar, lalu disuwir-suwir halus.
  2. Panaskan santan, masukkan daging yang sudah di suwir-suwir beserta bumbu-bumbu halus. Masaklah dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga santan habis dan daging mengering. Cara mengaduk setelah daging kering aalah dengan mebolak-balikan abon agar tidak gosong. Buatlah abon yang benar-benar kering agara abon bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Sudah jadi kan abonnya, nah untuk anda selamat mencoba dan berkreasi.
Share this article :
 
Copyright © 2012. Resep Masakan Internasional - All Rights Reserved
RSS Feeds
Powered by Blogger