Cara Membuat Kue Klapertaart Panggang Khas Manado

Rabu, 29 Mei 20130 comments


Klappertaart merupakan kue tradisional khas dari daerah Manado Sulawesi Utara, kue khas ini dibuat dengan campuran bahan-bahan antara lain tepung terigu, kelapa, mentega dan susu serta telur. Resep dasar kue klappertaart ini muncul pada saat kependudukan penjajah Belanda di Manado kala itu. Cara pengolahan kue ini ada berbagai cara, salah satunya dipanggang. Dengan cara dipanggang kue ini akan menghasilkan kue dengan tekstur yang padat dan berbentuk sperti kue tart pada umumnya. Dan jenis pengolahan yang lain selain dipanggang mampu menghasilkan tekstur kue yang sangat lembut, seperti halnya custard yang begitu lembut sehingga akan segera lumer saat dimakan. Kue klappertaart ini sangat ocok disajikan dalam keadaan dingin.

Kue khas manado yang sudah ada sejak jaman penjajahan ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Namun belakangan ini banyak pengusaha kue ini yang berkreasi dengan hasil kue dengan kandungan kalori rendah. Hal ini dilakukan agar para penggemar kue ini tidak perlu khawatir untuk menikmati kue ini kapan saja tanpa berpikir akan tingginya lemak yang terkandung dalam kue, terutama yang sedang melakukan diet.

Nah jika anda penasaran dengan wujud kue yang satu ini karena memang resepnya sudah sangat lama dan tidak disetiap tempat dapat ditemukan, maka dengan bangga akan dibagikan dalam artikel singkat ini. Resep yang akan saya bagikan ini akan dikemas sesederhana mungkin agar dapat dengan mudah dipraktekkan diruma anda. Nah segera saja anda simak resep aspecialnya di Cara Membuat Kue Klappertaart Panggang Khas Manado yang berikut ini.

Cara Membuat Kue Klapertaart Panggang Khas Manado


Bahan-bahan :
  • 4 kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh rhum
  • 2 sendok makan margarine (dilelehkan)
  • 100 ml air kelapa muda
  • 2 putih telur
  • 30 gram gula pasir
  • 50 gram kenari (dicincang kasar)
  • 50 gram kismis
  • 1 butir kelapa yang masih muda (kerok dagingnya)

Cara Membuat Kue Klappertaart Panggang Khas Manado :
  1. Kocoklah kuning telur beserta gula pasir hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama dengan tepung maizena. Berilah rhum, margarin serta air kelapa, aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan.
  2. ocoklah putih telur bersama dengan 30 gram gula pasir hingga adonan kaku serta gula pasir larut. Campurkanlah ke dalam adonan klappertaart. Tuangkan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi dengan margarine dengan volume kira-kira 3/4 pinggan.
  3. Berikanlah daging buah kelapa yang sudah dikerok, cincangan kenari serta kismis diatas permukaan adonan. Selanjutnya pangganglah adonan selama kira-kira 40 menit atau kira-kira hingga matang, lalu setelahnya keluarkn kue dan dinginkan.

Itulah tadi resep kue klappertaart serta cara membuatnya yang sangat mudah, bahan-bahan diatas mampu menghasilkan kira-kira 16 potong kue untuk keluarga anda. akhir kata selamat mencoba dan berkreasi.
Share this article :
 
Copyright © 2012. Resep Masakan Internasional - All Rights Reserved
RSS Feeds
Powered by Blogger