Cara Membuat Calamari Ring Gurih dan Renyah Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Calamari Ring Gurih dan Renyah

Menu Internasional - Mungkin tidak sedikit dari para pecinta kuliner di sini yang suka makan seafood. Salah satu yang mungkin anda gemari adalah cumi. Seperti resep yang akan kami bagikan kali ini adalah resep calamari ring. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu calamari, calamari adalah kata lain dari cumi. Artinya kali ini kita akan membuat resep cumi dengan bentuk cincin atau bisa dikatakan sebagai cumi cincin. Bentuk cincin bisa dibuat hanya memotong tubuh cumi kemudian membuang isinya.

Membuat calamari ring sangat mudah, demikian juga sangat mudah mendapatkan bumbu dan bahan lain untuk membuatnya. Tepung untuk membungkus calamari ring biasanya menggunakan tepung roti kasar agar menghasilkan cumi dengan citarasa gurih dan renyah. sedangkan untuk menyajikan nya biasa digunakan campuran mayones, saus tomat, air jeruk dan gula halus yang diaduk menjadi satu hingga menghasilkan saus yang nikmat. Masakan seafood yang satu ini bisa anda jadikan alternatif untuk menciptakan suasana makan malam yang berbeda di ruang makan anda dan keluarga.

Untuk membuat resep masakan seafood kali ini, kami akan memberikan resep spesial nya untuk anda coba di rumah. Semoga resep yang kami bagikan ini mudah diikuti dan menciptakan rasa yang sesuai dengan citarasa anda sekeluarga. Jangan lupa untuk berkunjung kembali karena kami akan terus membuat resep-resep spesial untuk anda lebih banyak dan nikmat. Semoga pembaca terbantu untuk menyiapkan sajian yang nikmat.

Cara Membuat Calamari Ring Gurih dan Renyah

Bahan-bahan :
  • 500 gram cumi (kupas kulit dan buang isinya, lalu potong bulat)
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1 sendok teh bubuk merica
  • 1/2 sendok teh garam (untuk melumuri cumi)
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh bubuk cabai
  • 1/2 sendok teh bubuk kaldu (opsional)
  • 1 sendok teh garam
  • 2 putih telur (kocok lepas)
  • 100 gram tepung roti kasar
  • Minyak goreng secukupnya
  • Penyedap rasa (opsional) 

Bahan untuk saus :
  • 3 sendok makan mayones
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 2 sendok makan air jeruk lemon
  • 1 sendok teh gula halus

Cara membuat calamari ring :
  1. Cumi yang sudah dipotong dilumuri dengan soda kue dan 1/2 sendok teh garam, sisihkan dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya cuci cumi hingga bersih, lalu tiriskan hingga tiris.
  2. Campurkan tepung maizena, bubuk merica, bubuk cabai, garam serta bubuk kaldu (jika suka), lalu aduk-aduk hingga merata seluruhnya. Masukkan cumi kedalam campuran tepung tersebut, bolak-balik cumi hingga campuran tepung melekat.
  3. Celupkan cumi ke dalam putih telur, kemudian guling-gulingkan cumi ke dalam tepung roti hingga tertutup rata. Lalu goreng cumi tersebut menggunakan minyak goreng panas yang banyak, Selanjutnya jika sudah matang angkat dan tiriskan.
  4. Membuat saus : campurkan semua bahan untuk membuat saus, lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Penyajian : sajikan cumi goreng calamari ring dengan saus yang sudah di buat sebelumnya.

Resep calamari ring sudah berhasil kita buat, bahan yang kami berikan di atas bisa dihidangkan untuk 4 orang. Akhir kata selalu kami ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang