Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Hati Khas Nusantara Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Hati Khas Nusantara

Menu Internasional - Bagi para pecinta kuliner yang suka rasa pedas, sambal merupakan bahan makanan pelengkap yang nyaris tak bisa dipisahkan dengan makanan utama tersebut. Seperti yang akan kami berikan kali ini yaitu resep sambal goreng kentang untuk anda semua pecinta sambal. Sambal adalah makanan pelengkap yang umumnya sangat mudah di buat sehingga sering ada pada setiap penyajian masakan. Sambal umumnya menjadi hidangan pelengkap untuk hidangan khususnya di budaya kuliner Nusantara, Asia Selatan dan Asia Timur.

Seperti dijelaskan di atas bahwa membuat sambal umumnya sangat mudah dan tidak butuh waktu yang lama, sehingga hampir setiap hidangan apapun jenisnya selalu dilengkapi dengan adanya sambal. Bahkan bagi sebagian orang sambal malah justru menjadi menu makanan yang sangat digemari, bahkan bisa mengalahkan hidangan utama yang dihidangkan. Makanya kini sudah banyak tempat makan yang mengkhususkan menu sambal sebagai daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner.

Nah bagi anda yang suka masakan pedas dan ingin membuat masakan yang nikmat dengan kehadiran sambal yang mantap, seperti sudah disebutkan di atas akan segera kami sediakan resep sambal goreng kentang untuk anda. Semoga resep sambal kali ini sangat bermanfaat untuk anda, terutama bagi anda yang aru belajar memasak. Satu lagi catatan jika anda tidak terlalu suka yang sangat pedas anda bisa menyesuaikan jumlah cabai yang digunakan. Untuk mempersingkat waktu silahkan anda ikuti resep yang berikut ini.

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Hati Ampela Nusantara

Bahan-bahan :
  • 400 gram kentang
  • 2 pasanga hati ampela
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 1 buah cabai merah besar (buang bijinya)
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • Garam secukupnya

Bahan-bahan tambahan :
  • 4 buah cabai merah (dibuang bijinya dan iris serong)
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai (dimemarkan)
  • 1 mata asam jawa
  • 1 sendok makan kecap manis

Cara membuatnya :
  1. Kupas kentang, lalu potonglah kentang dengan bentuk dadu. Selanjutnya goreng kentang hingga matang dengan berubahnya warna agak kecoklatan, Angkat dan sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya rebus hati ampela hingga matang, angkat dan potong bentuk dadu kecil lalu sisihkan juga.
  2. Panaskan minyak  dalam wajan lalu tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan beserta irisan cabai, daun jeruk,  dan serai hingga beraroma harum dan matang. Kemudian masukkan irisan hati ampela dan asam jawa, aduk-aduk hingga mendidih.
  3. Masukkan kentang yang sebelumnya sudah digoreng lalu berilah kecap manis, lanjutkan memasak sambil diaduk hingga bumbu meresap dan tercampur rata, segera angkat dan saatnya sambal goreng kentang siap disajikan.

Resep kita sudah selesai dibuat dan kini saatnya anda membuatnya dirumah untuk disajikan sebagai hidangan lezat bagi keluarga. Bahan pada resep di atas bisa dibuat untuk disajikan bagi empat orang. Selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang