Resep Cara Membuat Mie Tek Tek Spesial Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Mie Tek Tek Spesial

Menu Internasional - Melanjutkan menu masakan yang kami berikan pada artikel yang lalu, masih dengan menu masakan dari mie. Kali ini kami akan kembali memberikan resep masakan yang sama dengan yang kemarin yaitu resep mie tek tek spesial. Sebenarnya antara mie tek tek yang lalu dengan yang sekarang sama saja, akan tetapi ada beberapa tambahan yang membuat mie tek tek pada resep kali ini menjadi spesial. Mie tek tek memang sangat unik bukan saja karena citarasanya yang khas masakan Nusantara, namun namanya sendiri kadang menjadi perbincangan yang menarik. Masakan dari mie ini disebut dengan nama mie tek tek karena umumnya si penjual memukul wajan untuk membuat mie sehingga menimbulkan suara tek tek yang kemudian menjadi nama masakan yang nikmat ini.

Meskipun sederhana mie tek tek sangat terkenal khususnya dikalangan mahasiswa, walaupun bagi semua kalangan mie tek tek memang istimewa. Jika anda pernah kost sebagai mahasiswa di kota Yogyakarta, mie tek tek merupakan salah satu menu yang meskipun tidak wajib namun sering di tunggu kehadirannya. Terutama pada malam hari saat mahasiswa sedang sibuk mengerjakan tugas dan terasa lapar sedangkan warung sudah pada tutup, mie tek tek lah yang menjadi pengisi perut yang terasa sangat istimewa. Si abang mie tek tek seolah menjadi pahlawan kemalaman pada saat-saat seperti ini.

Mie tek tek sendiri sebenarnya bisa disantap kapan saja, namun karena umumnya penjualnya muncul pada setiap malam tiba jadi seolah menjadi menu makan malam wajib. Masakan yang satu ini sangat mudah dalam membuatnya, dan citarasanya pun mampu menggugah selera para pecinta kuliner khususnya mie. Seperti hal nya resep mie tek tek sederhana pada artikel yang lalu, mie yang digunakan untuk membuat mie tek tek spesial ini juga menggunakan mie kering. Lalu bagaimana cara membuatnya, silahkan simak resepnya yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Mie Tek Tek Spesial

Bahan-bahan :
  • 3 sendok makan minyak (untuk menumis)
  • 150 gram daging dada ayam (potong dadu kecil)
  • 100 ml air
  • 150 gram kol (rajang kasar)
  • 100 gram caisim (rajang kasar)
  • 2 butir telur (goreng dengan cara orak-arik)
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok teh bubuk kaldu
  • 150 gram mie kering (direbus hingga matang)

Bumbu untuk dihaluskan :
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh butir merica
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh garam

Bahan acar mentah :
  • 1 buah wortel (dipotong dadu kecil)
  • 1 buah mentimun (rajang dadu kecil)
  • 4 butir bawang merah (rajang dadu kecil)
  • 15 buah cabai rawit
  • 1 1/2 sendok makan cuka
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air panas

Cara membuatnya :
  1. Tumis bumbu-bumbu halus hingga tercium aroma harum, lalu masukkan potongan daging ayam, aduk-aduk hingga diging berubah warna. Selanjutnya masukkan air, lanjutkan memasak hingga air tersisa sedikit.
  2. Masukkan rajangan kol, caisim dan telur orak arik yang sudah dibuat sebelumnya, lalu masukkan juga mie dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan bumbu-bumbu yang tersisa, lalu masaklah hingga bumbu meresap sempurna, lal segera angkat dan sajikan mie tek tek dengan acar mentah dan kerupuk gurih.
  3. Membuat acar mentah : campurkan semua bahan untuk membuat acar, aduk-aduk hingga rata, lalu simpan dalam wadah yang tertutup.

Nah sama mudahnya kan dengan resep mie tek tek sederhana ang kemarin. Resep kali ini bisa menghasilkan empat porsi makan untuk keluarga anda di rumah. Semoga resep ini membantu anda dan sesuai dengan selera. Selamat mencoba dan terus berkreasi.
Tips : Simpan acara mentah dalam wadah tertutup, lalu simpan kembali dalam lemari pendingin agar acar tetap awet dan tidak lekas basi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang