Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat

Menu Internasional - Masih saja gerah dan hujan masih juga belum mau mengguyur bumi Nusantara tercinta ini. Ya bersebarlah dan semua akan diberi hujan pada waktunya. Untuk anda yang masih merasa panas pada siang hari dan dinin pada malam hari kami akan memberikan resep yang menyegarkan sekaligus menghangatkan yaitu es sekoteng yang nikmat segar sekaligus menghangatkan. Membicarakan es sekoteng tentu saja kita ingat akan salah satu minuman tradisional wedhang jahe yang menyehatkan itu. Namun tentu saja berbeda antara wedhang jahe dengan es sekoteng yang disebut disini. Es sekoteng memang mengandung jahe sebagai bahan dasarnya namun dalam wujud fisiknya es sekoteng lebih mirip dengan wedhang ronde. Wedang ronde sudah sangat terkenal saya sendiri sering menikmatinya di kota budaya Yogyakarta.

Yang membuat saya menyimpulkan bahwa es sekoteng dan wedhang ronde ini mirip adalah dari tampilan fisiknya dimana es sekoteng menggunakan kacang tanah dan juga bola ketan  yang juga terdapat pada minuman wedhang ronde. Kedua wedhang jahe ini sama-sama mampu memberikan kesegaran yang sekaligus memberikan kehangatan bagi yang menikmatinya. Sangat cocok dikonsumsi saat malam hari dengan udara dingin saat sedang bersama rekan dan sahabat. Menikmati es sekoteng tidak hanya membuat kita betah berada lama-lama di luar ruangan sekalius mempererat kebersamaan dan juga menyehatkan. Bahan yang digunakan untuk membuat es sekoteng ini cukup mudah dan tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi tubuh karea tergolong sebagai minuman tradisional herbal.


Nah bagi anda yang ingin membuat es sekoteng sebagai penghangat kala malam hari bersama keluarga kami akan memberikan resepnya di akhir artikel kali ini. Kami hanya mengharap semoga resep-resep yang kami tuliskan secara sederhana ini mampu memberikan manfaat yang baik bagi anda dan kesehatan anda. Untuk itu mari kita segera saja menyimak resep es sekoteng yang segar berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 100 gram kacang tanah
  • 400 gram tepung ketan
  • 100 gram gula halus
  • 125 ml air
  • 2-3 tetes pewarna merah makanan
  • 2-3 tetes pewarna hijau makanan
  • 2-3 tetes pewarna kuning makanan
  • 200 gram kolang kaling (diiris tipis memanjang)
  • 1 1/2 liter air (untuk merebus)'
  • 4 batang serai (dipipihkan lalu diikat simpul)
  • 4 ibu jari jahe (bakar dan memarkan)
  • 5 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • 300 gram gula pasir
  • 50 gram kacang tanah (disangrai buang kulit arinya)
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Sangrai 100 gram kacang tanah hingga warna kecoklatan, segera angkat dan buanglah kulit ari nya. Campurkan kacang sangrai tersebut dengan gula halus, lalu tumbuk hingga halus dan sisihkan.
  2. Campurkan tepung ketan bersama dengan  air dan pisahkan menjadi tiga bagian untuk dicampur dengan pewarna makan, aduk aduk adonan tersebut hingga adonan bisa dibentuk. Buatlah bentuk bulat dari adonan warna tersebut. Pipihkan dan isi adonan dengan kacang tumbuk tadi lalu tutup adonan dan sisihkan.
  3. Masak air dicampur dengan jahe, daun pandan dan gula pasir hingga mendidih, angkat dan saring air rebusan tersebut. Didihkan air kembali air jahe tadi, masukkan bola-bola ketan yang sebelumnya telah dibuat, masukkan juga kolang-kaling ke dalam rebusan jahe tersebut. Masak hingga bola-bola ketang tersebut mengapung, lalu ambil dan dinginkan.
  4. Masukkan beberapa biji bola ketan ke dalam mangkok kecil, berilah dengan irisan kolang-kaling, kacang sangrai dan tuangi dengan air jahe. Tambahkan juga es batu dan juga susu kental manis agar minuman lebih segar dan nikmat.

Nah kini anda sudah siap menikmati segarnya minuman es sekoteng yang nikmat dan sehat bersama dengan keluarga. Semua bisa di buat dengan mudah bukan? Resep yang kami tuliskan diatas pas untuk satu keluarga dengan empat anggotanya. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap

Menu Internasional - Kue Putri kandis  merupakan kue tradisional khas Jambi yang merupakan salah satu jenis kue yang biasa dan mudah ditemukan pada perayaan adat atau acara-acara penting yang lain, misalnya acara antar belanjo yang merupakan budaya Jambi. Sejarah serta asal-usul kue Putri Kandis ini memang tidak terlalu banyak sumber yang jelas. Pembuat kue di Jambi Seberang Kota hanya mewarisi resep kue Putri Kandis ini turun temurun dari nenek moyangnya. Dan pada saat ini cuma beberapa saja dari para pembuat kue yang benar-benar terampil dalam membuatnya. Nah jika anda tertarik untuk belajar membuat atau ingin melestarikan kue warisan ini silahkan simak resep Cara Membuat Kue Putri Kandis Khas Jambi Paling Mantap . Bahan-bahan I Kue Putri Kandis : 15 kuning telur 125 gram gula pasir ¼ sendok teh vanilla 50 ml susu kental manis 50 gram margarine, dikocok hingga lembut 1 ½ sendok makan tepung terigu 175 ml santan dari parutan 1 butir kelapa 2 sendok makan cokelat bub