Resep Cara Membuat Gurami Kuah Pucung Khas Jakarta Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Gurami Kuah Pucung Khas Jakarta

Menu Internasional - Menikmati masakan khas tradisonal Indonesia dan merasakan nikmatnya berarti ikut bangga akan kekayaan budaya kuliner nusantara. Salah satu yang bisa anda nikmati atau bisa anda buat sendiri di rumah adalah resep gurami kuah pucung yang berasal dari Jakarta. Dari namanya memang agak aneh terutama kuah pucung. Apa itu kuah pucung? Kuah pucung merupakan kuah yang diberi atau dicampur dengan uah kluwak atau kluwek (sama dengan yang digunakan untuk membuat rawon). Buah kluwek memang menjadi bahan campuran makanan yang membuat warna kuah menjadi pekat dan terlihat kental. Salah satu masakan yang juga menggunakan buah kluwak atau kluwek adalah pindang kerbau asli Kudus yang sudah kami bagikan sebelumnya.

Meskipung menggunakan kuah yang menggunakan campuran kluwak, namun masakan ini tidak bisa disamakan dengan rawon atau pindang. Kuah pucung yang digunakan untuk masakan kali ini memiliki tekstur yang lebih kental ketimbang dengan kuah rawon. Hal ini akan memberikan citarasa yang lebih kental akan bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat masakan khas Betawi ini. Masakan khas Betawi yang kebanyakan sangat sederhana dalam membuatnya bukan berarti tidak memiliki rasa yang nikmat. Jika anda pernah menikmati kerak telor, itulah salah satu makanan khas asal Betawi yang tak kalah dengan makanan tradisional yang lain.

Nah perpaduan antara ikan gurami yang empuk dan nikmat dengan kuah pucung yang sedap akan meresap dan mnambah citarasa masakan yang semakin menggiurkan. Jika anda sempat berkunjung ke ibukota negara silahkan anda cari keberadaan gurami pucung yang paling terkenal, rasakan sensasinya. Namun bagi anda yang tidak sempat menikmati gurami kuah pucung anda bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Bagi yang tertarik kami aan memberikan resepnya untuk anda, silahkan simak yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Gurami Kuah Pucung Khas Jakarta

Bahan-bahan :
  • 500 gram ikan gurami (potong sesuai selera)
  • 2 batang serai (geprak/memakan)
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm lengkuas (geprak/memarkan)
  • 400 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu perendam (dicampur rata) :
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar (sangrai dan haluskan)
  • 1 butir jeruk nipis (peras ambil airnya)
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 cabai merah keriting
  • 4 cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 buah keluwak/kluwek (dikukus, ambil bagian dalamnya)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh bubuk kaldu (jika suka)
  • 1 buah tomat (dibelah jadi 8)
  • 1 batang daun bawang (rajang 1 cm)
  • 2 sendok makan bawang goreng (untuk bahan taburan)
  • 3 sendok makan minyak 

Cara membuatnya :
  1. Lumuri potongan ikan gurami dengan menggunakan bawang putih, ketumbar, air jeruk, garam dan 100 ml air yang dijadikan bumbu rendaman. Biarkan dalam waktu kira-kira 20 menit, tiriskan lalu goreng kering ikan gurami, angkat dan sisihkan dahulu.
  2. Tumis bumbu-bumbuyang sudah dihaluskan, masukkan juga serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, lakukan hingga tercium aroma harum. Selanjutnya tambahkan air, garam serta gula. Aduk-aduk hingga kuah mendidih, selanjutnya beri rajangan daun bawang dan potongan tomat.
  3. Masukkan potongan ikan gurami yang sudah digoreng tadi, masak hingga kuah meresap dan tersisa setengahnya. Segera angkat lalu sajikan dengan ditaburi bawang goreng di atasnya.
Kini anda bisa mencoba resep gurami pucung di atas untuk empat porsi makan. Selamat mecoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang