Resep Cara Membuat Sayur Lodeh Campur Daging Sapi Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Sayur Lodeh Campur Daging Sapi

Menu Internasional - Kembali lagi hadir dengan berbagai resep masakan yang akan menginspirasi dapur sehat anda. Kali ini kami akan kembali membagikan resep sayur yang sangat sederhana dan sudah umum dinikmati sebagai masakan rumahan yang menggugah selera. Resp Sayur lodeh nangka muda adalah pilihan resep yang tidak saja menggugah selera, namun sekaligus sebagai alternatif masakan sederhana yang selain mudah dibuat pastinya akan memberikan citarasa khas Jawa. Ada beragam cerita tentang sayur lodeh yang berupa cerita yang tidak jelas asal-usulnya. Bahkan ada cerita yang mungkin hanya lelucon mengatakan bahwa sayur lodeh berasal dari Betawi dari kata celetukan "Lo Deh" namun tentu saja itu hanya pendapat yang tidak jelas. Namun meskipun bumbu-bumbu yang digunakan kental dengan bumbu yang khas digunakan di Jawa Tengah dan sekitarnya, sayur lodeh untuk tiap daerah nyatanya berbeda satu sama lain, terutama dari sayur yang digunakan.

Terlepas dari mana asal-usul sayur lodeh yang benar, ada sumber yang mengatakan bahwa sayur lodeh berasal dari daerah Jawa Tengah, tepatnya di kawasan kebumen. Ada dua jenis sayur lodeh yang umum dinikmati di daerah tersebut, yaitu sayur lodeh yang menggunakan santan putih dan ada juga sayur lodeh yang menggunakan kuah santan kuning atau merah. Baik yang berwarna putih maupun merah nyatanya kedua jenis sayur lodeh ini sama-sama memberikan citarasa yang khas dan menarik. Umumnya sayur lodeh menggunakan bahan olahan sayur seperti labu jipang, kacang panjang, petai, terong dan ada juga yang menggunakan nangka muda. Dalam penyajiannya masakan yang gurih oleh santan ini biasanya disajikan dengan sambal pedas dan telor asin atau bisa juga ikan asin. Campuran tersebut nyatanya bisa menambah citarasa dari sayur itu sendiri.

Seperti ang dikatakan sebelumnya masakan sayur lodeh ini memang sangat sederhana dalam proses pembuatannya, namun tidak ada pakem yang mengharuskan sayur lodeh menggunakan bahan-bahan yang selalu sama. Pada kenyataannya kini kita bisa menemukan sayur lodeh yang biasa dipadukan dengan daging dan bahan makanan yang lain sesuai dengan keinginan atau selera masing-masing. Seperti pada resep terdahulu ada juga yang menggunakan cabai hijau, bisa dilihat pada resep sayur lodeh cabai hijau.

Resep Cara Membuat Sayur Lodeh Campur Daging Sapi

Jika bingung menentukan masakan apa yang akan anda buat hari ini, mungkin resep yang akan kami sajikan kali ini akan menjadi alternatif yang cocok untuk anda sekeluarga. Untuk itu segera saja anda simak resep sayur lodeh yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 250 gram tetelan daging sapi
  • 750 ml air (untuk merebus daging)
  • 100 gram tempe (potong-potong kecil)
  • 100 gram nangka muda (potong kecil-kecil)
  • 1 papan petai (dibelah dua)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 jempol lengkuas (geprak/memarkan)
  • 500 ml santan
  • 1 buah labu siam (kupas lalu potong-potong)
  • 50 gram kacang panjang (dipotong 3cm)
  • 10 buncis (dirajang)
  • 100 gram terong ungu (dipotong-potong)
  • 2 sendok teh terasi (dibakar)
  • 12 cabai hijau (rajang serong)
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh penyedap (hanya jika suka)

Bumbu halus :
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 2 sendok makan ebi (rendam dan tiriskan dulu)
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur

Cara membuatnya :
  1. Rebus dahulu tetelan daging sapi dengan 750 ml air hingga daging menjadi empuk, angkat lalu potong-potong. Masak kembali potongan daging tetelan menggunakan api sedang.
  2. Masukkan bahan lain seperti tempe, petai, nangka, daun salam dan lengkuas. Masaklah hingga nangka menjadi empuk. 
  3. Kemudian masukkan  santan, labu siam, buncis, kacang panjang, terasi, terong, cabai hijau, gula merah dan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan juga garam dan penyedap (jika suka). Aduk campuran bahan hingga mendidih, lalu segera angkat.

Sayur lodeh sudah siap disajikan untuk keluarga tercinta. Resep sayur diatas untuk disajikan bagi empat orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang