Resep Cara Membuat Cumi Bakar Bumbu Kare Enak Sedap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Cumi Bakar Bumbu Kare Enak Sedap

Menu Internasional - Tahun baru sudah kita jelang bersama, hari kedua di tahun baru ini kami akan kembali membagikan  resep-resep spesial yang layak anda coba di rumah. Setelah berbagai resep kue kering untuk menyambut hari natal yang lalu, kami akan membagikan resep cumi bakar dengan bumbu kare yang mungkin akan mampu memberikan citarasa yang nikmat untuk mengisi meja makan anda. Cumi bakar mungkin sudah biasa anda nikmati, terutama bagi anda yang menyukai jenis masakan seafood. Namun cumi bakar bumbu kare mungkin belum pernah anda coba resepnya. Untuk resep lain dari cumi anda bisa lihat juga resep calamary ring yang kami bagikan beberapa waktu yang lalu.

Sebagaimana kita ketahui bahwasannya cumi merupakan sumber makanan yang berasal dari laut atau kita sering menyebutnya dengan kata seafood. Cumi merupakan sumber makanan yang selain nikmat juga memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan makanan laut yang lain, yaitu tidak memiliki tulang belakang. Kelebihan ini membuat cumi mudah untuk di cerna. Cumi juga memiliki kandungan gizi dan manfaat yang banyak. Selain mengandung gizi yang cukup tinggi, cumi juga memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan tulang, pembentuk sel darah merah, tinta cumi bisa mengobati kanker (berdasarkan penelitian) dan juga membantu menghilangkan bekas cacar.

Namun dibalik segudang manfaat baik dari cumi anda juga harus waspada dengan tingginya kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada cumi. Hendanknya setiap anda menikmati makanan apapun bahannya tetap harus dengan porsi yang sesuai. Karena apapun makananya jika berlebihan tetap tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Resep Cara Membuat Cumi Bakar Bumbu Kare Enak Sedap

Nah bagi anda yang habis berlibur ke pantai menyambut tahun baru dan memiliki stok cumi yang banyak, resep ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk itu segera saja akan kami bagikan resepnya yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram cumi (kuliti dan buang isi perutnya)
  • 100 ml santan kental
  • 4 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu (dihaluskan) :
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih\
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok teh tekumbar (disangrai dahulu)
  • 1 sendk teh adas (disangrai)
  • 1/4 sendok teh jinten/jintan (disangrai)
  • 1/4 sendok teh kelabat/klabet (bumbu khas kare)
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Bumbu pelengkap :
  • 2 buah kapulaga
  • 6 buah cengkih
  • 2 buah pekak
  • 2 cm kayu manis

Cara membuatnya :
  1. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan bumbu pelengkap hingga bumbu matang. Selanjutnya masukkan cumi ke dalam tumisan bumbu, kemudian aduk-aduk cumi hingga cumi berubah warna. Tunagkan santan kental kedalam campuran , lanjutkan memasak hingga kuah habis, lalu angkat masakan.
  2. Selanjutnya tusuk cumi menggunakan tusuk sate, kemudian bakar hingga cumi berubah warna menjadi kecoklatan. Jangan lupa sesekali olesi cumi bakar menggunakan bumbu. Jika sudah sajikan cumi dengan nasi hangat.

Mudah sekali kan membuat cumi bakar bumbu kare. Yang harus diperhatikan dalam memasak kali ini adalah kombinasi bumbu kare yang khas. Dengan bumbu yang pas dipastikan masakan anda akan makin mantap. Masakan ini untuk empat orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang