Resep Cara Membuat Kue Lapek Bugih Khas Sumatra Barat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Kue Lapek Bugih Khas Sumatra Barat

Menu Internasional - Jika kita mengingat kota Padang kita pasti akan mengingat rumah makan Padang yang banyak tersebar di seluruh wilayah tanah air. Namun selain itu kami juga akan memberikan resep kue lapek bugih atau lepat bugis yang merupakan salah satu makanan tradisional asal Sumatra Barat. Kue ini sebenarnya hampir sama dengan kue bugis di Betawi atau kue mendut di Jawa Tengah. Namun tentu saja lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikan nya. Artinya masing-masing daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam hal makanan sekalipun. Jika di Jawa bahan isian enten dibuat dengan campuran gula merah, sedangkan di Sumatra Barat dicampur dengan gula pasir. Perbedaan yang lain jika di Jawa menggunkan tepung ketan putih di Sumatra menggunakan tepung ketan hitam dan ketan putih. Seperti hal nya makanan khas Sumatra Barat yang lain santan sangat dominan dalam pembuatan kue ini.

Itulah uniknya kue tradisional Nusantara, semua mengikuti tradisi daerah masing-masing. Dengan adanya perbedaan tersebut justru semakin memperkaya budaya kuliner Nusantara. Yang unik lagi adalah kue bugis yang ada di Jakarta biasanya dimasak dahulu sampai matang baru di bungkus. Nah prosesnya saja juga berbeda-beda yang di setiap daerahnya. Nah kembali lagi ke kue lapek bugih khas Sumatra Barat, kue ini ternyata tidak hanya menggunakan bahan dasar ketan hitam, namun juga menggunakan bahan beras ketan putih. Jadi kedua bahan tersebut digabung menjadi satu dalam satu bungkus. Hal ini tidak hanya membuat tampilan kue tampak cantik saja, namun sekaligus memberikan sensasi rasa yang unik akibat percampuran ketan hitam, ketan putih dan bahan isian berupa enten yang pastinya sangat nikmat di lidah.

Resep Cara Membuat Kue Lapek Bugih Khas Sumatra Barat

Nah makin penasaran kan bagaimana ya hasilnya nanti? Saya sendiri juga penasaran, namun jangan khawatir, kami akan selalu memberikan obat penasaran anda dengan resep yang bisa membuat anda langsung mahir membuat kue lapek bugis ini. Karena selain bahannya cukup mudah, proses membuatnya juga tidak sulit. Ya sudah jika sudah tidak sabar, mari kita simak resepnya berikut ini. Untuk resep kue yang hampir sama silahkan simak juga resep kue bugis ketan hitam.

Bahan-bahan :
  • 500 ml santan (hasil parutan 1/2 butir kelapa)
  • 1/4 sendok makan garam
  • 300 gram tepung ketan hitam
  • 100 gram tepung ketan putih
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus kue)

Bahan isi :
  • 1/2 butir kelapa tua (diparut)
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan (buat simpul)
  • 50 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan margarin

Bahan areh :
  • 350 ml santan kental (hasil parutan 1/2 butir kelapa)
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuatnya :
  1. Masak santan dan garam terlebih dahulu hingga mendidih, lalu angkat. Tuangkan santan tersebut ke dalam tepung ketan hitam dan ketan putih. Aduk-aduk hingga rata dan sisihkan.
  2. Membuat isi : Masak parutan kelapa bersama dengan gula pasir dan daun pandan, tuangi air, lalu aduk-aduk hingga berserabut. Masukkan garam dan margarin, lanjutkan memasak lagi hingga matang, kemudian angkat.
  3. Membuat areh : didihkan santan bersama garam, masukkan tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air, lalu masak hingga mengental dan angkat.
  4. Ambil adonan ketan secukupnya, pipihkan, lalu beri isian dan bulatkan adonan hingga bahan isi tertutup. Letakkan adonan di atas daun pisang, kemudian beri areh. Bungkus adonan membentuk kerucut, kukus hingga matang dan angkat.

Nah jadi sudah resep kue lapek bugih khas Sumatra Barat. Hasilnya bisa untuk 16 buah kue. Anda siap untuk mencobanya di rumah? Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang