Resep Kari Telur Puyuh Bumbu Rempah Sederhana Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Kari Telur Puyuh Bumbu Rempah Sederhana

Menu Internasional - Dari sekian banyak pembaca pasti sudah pernah menikmati makanan kari, entah itu kari ayam, kari daging atau semacamnya. Namun kali ini saya akan membagikan resep kari telur puyuh sederhana. Mungkin sudah ada yang pernah mencobanya, namun tidak sedikit pula yang mungkin belum pernah tau seperti apa kari telur. Nah mendekati hari raya lebarang biasanya memasak kari adalah hal yang selalu dilakukan dan mungkin sudah menjadi tradisi. Meskipun resep yang saya bagikan kali ini hanya berbahan telur puyuh pastinya tidak akan kalah dengan kari ayam atau kari daging yang pernah anda coba sebelumnya.

Kari sendiri merupakan jenis makanan yang dimasak berkuah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah. Kari yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah umumnya memiliki cita rasa bumbu yang tajam dan ada kalanya anda akan merasakan sensasi pedas. Jika melihat kari yang sudah lama kita kenal, mungkin sebagian dari anda belum tau mengenai sejarah kari yang kita kenal di Indonesia sekarang. Kari merupakan tradisi masakan dari India yang kemudian dikenal luas di kawasan Eropa dan Asia Pasifik. Kari yang awalnya berasal dari India ini kemudian di kenal luas akibat dari orang India yang hijrah ke berbagai negara untuk berdagang. Dengan banyaknya pendatang dan membawa tradisi memasak semakin memperkaya kuliner di kawasan tersebut, tak ketinggalan juga di Indonesia.

Keragaman bumbu untuk memasak kari ini bermacam-macam di setiap daerah atau di setiap negara. Semua memiliki ciri khas sesuai dengan kondisi dan keberadaan bumbu yang ada di masing-masing negara. Sehingga anda akan bisa menikmati jenis kari yang berbeda-beda di setiap daerah ataupun di setiap negara yang anda kunjungi. Hal ini menyebabkan kari menjadi makanan yang paling banyak variasinya. Tidak hanya dari bumbunya saja yang membedakan kari, namun bahan yang akan dimasak karipun bisa apa saja. Dalam artikel sebelumnya saya juga pernah membagikan resep kari bebek dengan bumbu rempah khas Nusantara. Resep ini juga jika dilihat dengan teliti akan berbeda dengan resep yang akan saya bagikan kali ini, baik dari bumbu dan yang pasti dari bahan karinya.

Resep Kari Telur Puyuh Bumbu Rempah Sederhana

Sebagai makanan yang telah mendunia tak heran jika kari menjadi buruan para pecinta makanan khususnya kari, apalagi di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah merupakan tempat yang istimewa untuk berburu kari. Nah apabila anda juga ingin membuat kari dengan cita rasa sesuai dengan kari yang asli silahkan adan coba resep kari telur puyuh sederhana yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 30 butir telur puyuh
  • 750 ml air (untuk merebus telur)
  • 3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 1 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas (geprak atau memarkan)
  • 2 batang serai (geprak atau memarkan)
  • 200 gram buncis (rajang serong)
  • 4 buah cabai hijau besar (rajang serong tipis saja)
  • 800 ml santan (hasil parutan 1 biji kelapa)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan bawang goreng (untuk taburan)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 4 cm kunyit
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendook teh pala
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 2 butir kemiri

Cara membuatnya :
  1. Rebus dahulu telur puyuh hingga matang, lalu angkat dan dinginkan dahulu, kemudian kupas cangkangnya dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun salam, serai dan lengkuas hingga tercium aroma harum, lalu masukkan udang dan aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga warnanya berubah. Selanjutnya masukkan uncis dan rajangan cabai hijau, aduk lagi hingga menjadi layu.
  3. Langkah selanjutnya masukkan santan, garam dan gula, aduk-aduk perlahan agar santan tidak pecah. Lanjutkan memasak dengan menggunakan api kecil hingga semua bahan matang, lalu segera angkat.
  4. Sajikan kari telur puyuh dengan taburan bawang goreng bersama dengan nasi hangat.

Nah resep kari telur puyuh sudah selesai saya bagikan untuk anda. Kari ini bisa dinikmati kapan saja dan sangat cocok disajikan hangat saat udara dingin. Untuk resep di atas saya sarankan untuk disajikan bagi 4-5 porsi makan. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang