Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat

Menu Internasional - Kali ini kita akan mencoba membahas cara membuat kue bika Padang. Jika kita mengingat atau menyebut nama kue tradisional bika, maka yang kita ingat adalah kue bika ambon yang begitu terkenal di Medan. Kue Bika Padang sangat berbeda dengan kue Bika Ambon yang sering kita lihat atau kita bicarakan. Jika kita lihat sekilas pun kita dapat langsung melihat perbedaan antara Bika Ambon dengan Bika Medan. Meskipun bahan dasarnya sama namun dalam hal rasa dan bentuk serta cara pengolahannya juga berbeda. 

Jika anda masih bingung dengan bentuk antara kedua bika tersebut, anda bisa melihat dari tekstur masing-masing. Bika Ambon berwarna kuning atau hijau (pandan) dengan tekstur berlubang-lubang seperti sarang tawon. Sedangkan Bika Padang memiliki warna putih, dengan tekstur dan bentuk layaknya apem. Jika Bika Ambon diolah dengan cara dikukus, sedangkan bika Padang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Jika anda masih belum bisa membayangkan juga bagaimana sih kue Bika Padang ini, jangan khawatir selalu ada solusi untuk anda yang ingin melihat atau bahkan membuat da mencicipinya. Kali ini akan saya bagikan resep membuat kue Bika Padang khusus untuk anda, semoga resep ini bisa membantu anda untuk tidak penasaran sekaligus melestarikan kue tradisional Indonesia. Semoga rasanya pun tidak jauh berbeda dengan yang asli. Resepnya ada di Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat yang berikut ini.

Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung beras 
  • 200 gram tape singkong
  • 100 gram gula pasir
  • 300 ml santan
  • 150 gram kelapa parut
  • 2 sendok teh baking powder
Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat :
  1. Campurkanlah bahan tepung beras dengan tape singkong dan gula pasir, lalu aduk-aduk bahan hingga tercampur rata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran bahan tadi sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya tambahkan kelapa parut serta baking powder, aduk-aduk kembali hingga rata. Kemudian diamkan adonan hingga kira-kira 30 menit.
  2. Siapkan cetakan kue muffin, alasi bagian bawahnya dengan paper cup. Tuanglah adonan ke dalam cetakan, lalu panggang adonan di dalam oven atau dipanggang diatas bara api hingga matang sempurna, segera angkat dari oven atau bara api, lalu sajikan selagi panas atau hangat.
Nah gampang sekali kan membuatnya, kue Bika Padang sudah bisa anda nikmati. Bahan-bahan yang disediakan di atas bisa menghasilkan kue Bika Padang sebanyak 15 buah. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Note : Kue bika Padang di tempat asal nya di Sumatra Barat sering disebut orang dengan sebutan kue bakar. Istilah ini muncul karena Bika Padang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar di atas bara api. Cetakan kue ini biasanya berbentuk bintang dan dilapisi dengan daun waru. Lapisan daun waru membuat aroma khas kue yang mengkombinasi aroma daun waru dan aroma kayu bakar. 

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang