Resep Cara Membuat Nasi Cah Ayam Citarasa Mantap Sedap Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Cara Membuat Nasi Cah Ayam Citarasa Mantap Sedap

Menu Internasional - Menikmati cah jamur atau cah kangkung memang sudah menjadi hal yang wajar bagi kita yang berada di Indonesia. Namun apakah di antara anda sudah pernah menikmati cah ayam? Bisa jadi ada yang menjawab sudah dan ada juga yang belum. Nah bagi anda yang belum pernah menikmati cah ayam kami akan memberikan resep nasi cah ayam yang bisa jadi akan sesuai dengan selera anda. Bagi para pecinta kuliner yang berupa daging ayam, cah ayam bisa menjadi salah satu variasi makanan yang bisa anda coba untuk keluarga anda di rumah. Bisa saja menggantikan resep ayam goreng atau ayam bakar yang sudah sangat biasa bagi anda.

Sangat mudah untuk membuat cah ayam, bahan yang digunakan juga sangat sederhana dan begitu mudah untuk di dapatkan. Hanya saja yang perlu anda perhatikan dalam membuat cah ayam adalah racikan bumbu yang pas sehingga bisa menghasilkan makanan yang nikmat dan mantap. Ada banyak bumbu yang digunakan untuk membuat cah ayam ini, namun sekali lagi bumbu yang digunakan juga sangat mudah disiapkan, karena bumbu dan bahan yang digunakan adalah bumbu yang umum tersedia di dapur untuk masak sehari-hari. Selain bumbu biasa ada juga bumbu untuk merendam ayam sebelum digoreng. Sama dengan resep nasi cah jamur yang sebelumnya telah kami bagikan juga menggunakan bumbu perendam, namun dengan bumbu yang berbeda.

Bagi anda yang ingin menyajikan resep cah ayam jangan  khawatir kami akan memberikan langkah demi langkah yang mudah untuk membuat masakan yang satu ini. Semoga dengan resep yang sederhana yang kami sajikan pada situs sederhana ini bisa membantu anda menyiapkan makanan yang nikmat sekaligus sehat. Untuk itu segera saja kita simak dan coba resep yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Nasi Cah Ayam Citarasa Mantap Sedap

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg daging ayam (pilih bagian dada, potong kecil bentuk dadu)
  • 5 buah jamur hioko (rendam dalam air hingga mengembang, iris memanjang)
  • 25 gram jamur kancing (potong tipis menyerong)
  • 2 buah paprika (buang bijinya dan iris kasar)
  • 5 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Minyak goreng secukupnya
  • 100 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh tepung kanji (larutkan dengan air)
  • 4 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh arak beras
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh bumbu penyedap (jika suka)

Bumbu perendam :

  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 sendok teh kecap inggris
  • 1/2 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok teh bubuk merica 
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya :

  1. Lumuri ayam dengan menggunakan bumbu perendam, kemudian diamkan ayam tersebut kira-kira hingga 30 menit. Gorenglah ayam hingga matang, lalu angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan lagi minyak dalam wajan, lalu tumislah potongan wortel dan jamur, lakukan hingga bahan menjadi layu, lalu segera angkat dan sisihkan. Panaskan minyak lagi untuk menumis bawang putih yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum. Masukkan air, garam, kecap asin, arak beras, bumbu penyedap, gula, bubuk merica, dan minyak wijen, biarkan beberapa saat hingga mendidih.
  3. Selanjutnya masukkan ayam, serta wortel dan jamur yang sudah ditumis sebelumnya, lalu tuangkan larutan tepung kanji dan lanjutkan memasak hingga mengental, dan segera angkat.
  4. Siapkan nasi sebanyak empat porsi, sajikan dengan cah ayam yang sudah anda masak selagi hangat.

Nasi cah ayam nan lezat sudah selesai kami bagikan resepnya, kini giliran anda membuat sendiri dirumah. Seperti dijelaskan di atas resep ini untuk empat porsi makan. Selamat mencoba dan berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang