Resep Lumpia Basah Lembut Khas Nusantara Langsung ke konten utama

Resep Salad Ikan Salmon Dengan Buah-buahan Lezat

Resep Lumpia Basah Lembut Khas Nusantara

Menu Internasional - Nusantara sangat terkenal dengan jajanan pasar yang sudah tidak bisa dihitung lagi macam dan jenis jajanan khas Nusantara. Salah satu yang sangat terkenal adalah lumpia. Kali ini kami akan memberikan resep lumpia basah yang citarasanya sangat nikmat dan mantap. Pada artikel sebelumnya kami juga pernah membagikan resep yang sama namun dengan bahan yang sedikit berbeda. Jadi resep ini merupakan resep lumpia basah yang kedua. Meskipun sama bahan yang digunakan sebagai isian berbeda dari resep sebelumnya. Selain itu takaran untuk resep juga berbeda dari resep lumpia basah yang sebelumnya telah kami bagikan.

Pada artikel sebelumnya kami memberikan resep lumpia basah khas Semarang, nah kali ini lumpia basah yang akan kami bagikan kami beri nama lumpia basah khas Nusantara. Lumpia memang sangat terkenal sebagai makanan khas Semarang dan juga sangat terkenal di Bandung jadi anggap saja lumpia ini makanan atau jajanan pasar khas Nusantara. Makanan ini memang sangat terkenal di berbagai daerah sebagai makanan murah namun memiliki rasa yang sangat nikmat dan sedap. Makanan ini bisa dijual oleh pedagang kakli lima hingga tidak jarang kita menemukan nya dihidangkan dalam jamuan makan di restoran.

Selain lumpia basah di Indonesia juga dikenal makanan dengan nama yang sama namun diolah dengan cara digoreng, makanan ini sering disebut sebagai lumpia goreng. Tak kalah dengan rasa nikmat dari lumpia basah, lumpia goreng juga menjadi makanan kesukaan sebagian masyarakat di seluruh kepulauan Nusantara. Maka tak heran jika baik lumpia basah maupun lumpia kering menjadi ikon makanan tradisional khas Nusantara yang selalu diperkenalkan sebagai kekayaan kuliner Nusantara kepada para wisatawan dunia.

Resep Lumpia Basah Lembut Khas Nusantara

Uniknya rasa dari lumpia basah dengan isian yang beraneka ragam juga bisa anda buat sendiri di rumah, dah hasilnya mungkin juga tidak kalah dengan lumpia basah yang biasa anda beli di luar. Siapkan saja bahan-bahan yang akan kami berikan pada resep di bawah ini, simak resepnya dan silahkan mencoba resep dibawah ini.

Bahan isi :

  • 5 siung bawang putih (dicincang halus)
  • 6 siung bawang merah (dicincang halus)
  • 2 buah wortel (potong kecil ukuran korek api)
  • 175 gram rebung (potong kecil ukuran korek api)
  • 2 potong dada ayam Direbus, lalu potong/suwir kecil-kecil)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • 2 sendok makan kecap asin
  • Penyedap rasa secukupnya (hanya jika suka)

Bahan kulit lumpia :

  • 200 gram terigu protein sedang
  • 750 ml santan (hasil parutan 1 butir kelapa)
  • 2 butir telur ayam (dikocok lepas)
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Membuat isi : tumis bawang putih dan bawang merah hingga keluar aroma harum. Lalu masukkan potongan rebung, potongan wortel, daging dada ayam ke dalam tumisan. Kemudian tambahkan gula pasir, garam, bubuk merica, bubuk pala, kecap asin dan penyedap rasa jika suka, aduk hingga bahan isian matang, lalu angkat dan dinginkan.
  2. Membuat kulit : Campurkan terigu protein sedang, telur, santan dan garam. Kemudian tuangkan minyak goreng dan aduk-aduk hingga rata. Panaskan wajan datar, lalu buatlah dadar tipis dari campuran bahan tersebut hingga adonan bahan kulit habis.
  3. Lebarkan dadar, lalu isi dengan sesendok makan bahan isian yang sudah dibuat sebelumnya. Gulung dadar kulit seperti membuat risol, lalu sajikan.

Nah lumpia basah khas Nusantara sudah selesai kami bagika resepnya, sudah siap untuk mencobanya di rumah? Bahan yang digunakan untuk membuat lumpia basah di atas bisa menghasilkan lumpia untu empat hingga lima orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kue Kering Sagu Tabur Wijen Renyah dan Gurih

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep spesial untuk anda. Setelah kemarin kita membuat resep kue kering yang sering disebut banyak orang sebagai kue semprit, kali ini kita akan membuat resep kue kering yang tak kalah menariknya. Resep kali ini kita akan membuat resep kue sagu tabur wijen. Seperti yang kita tau bahwasannya kue kering memang sangat populer terutama saat hari raya. Kue kering dengan karakter kue nya yang lebih tahan lama menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dari pada menyuguhkan kue basah yang jauh lebih cepat basi atau tidak tahan lama. Kue sagu meskipun termasuk dalam kategori kue kering namun memiliki tekstur yang lembut, setelah gigitan pertama kue akan segera lumer di dalam mulut. Hal ini membuat kue sagu menjadi sajian primadona saat hari raya tiba. Pada prakteknya kue sagu juga mengalami pengembangnan dan variasi meskipun tidak terlalu banyak. Seperti resep yang akan kita buat kali ini merupakan variasi sederhana dari kue sagu yaitu

Cara Membuat Kue Ape Crispy Lembut

Menu Internasional - Kue Ape adalah kue yang berasal dari Betawi/Jakarta. Menurut sejarahnya nama kue ini cuma dari masalah tanya jawab sepele antara pembeli dengan penjualnya, "ini Kue Ape bang? dijawab "ini Kue Ape neng!" Nah jadilah tuh nama kue Ape dari masalah tanya jawab sepele. Benar atau tidaknya saya sendiri tidak tau, namun cukup kocak juga jika memang itu benar-benar asal usul nama kue ini. Tapi biarpun cuma dari masalah sepele jadi nama Kue Ape jangan sepelekan rasa kue yang satu ini, begitu digigit bagian pingirnya rasa crispy, renyah, kriyuknya bikin lidah bergoyang, apalagi bagian tengahnya yang lembut larut di lidah dan aroma wanginya bikin kue satu ini terasa sangat nikmat. Kue ape tradisional ini sekilas tampak seperti bentuk kue serabi solo akan tetapi lebih tipis, dan bagian tengahnya hanya sedikit yang basah dan agak tebal. Dari segi rasa kue ini juga sangat mirip dengan kue serabi, namun kebanyakan kue ape menggunakan adonan pandan, hal tersebu

Manfaat dan Kerugian Mengkonsumsi Brem (Alkohol)

Menu Internasional - Anda tau apa itu "Brem", brem merupakan minuman ber-alkohol yang berasal dari daerah Bali. Minuman ber-alkohol dalam hal ini brem jika dikonsumsi secukupnya memiliki manfaat mencegah stroke dan penyakit jantung. Nah lho? Namun juga perlu diingat bahwa yang namanya minuman ber-alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan dan juga menimbulkan berbagai penyakit yang berakibat hingga kematian. Ada berbagai jenis Brem yang kita tau, hal ini bisa anda lihat jika anda sedang melakukan perjalanan disekitaran Jawa Timur dan Bali, brem sangat mudah ditemukan dalam bentuk padat di Jawa Timur dan berupa minuman di Bali. Biasanya brem tidak akan pernah lupa dibeli jika kita sedang jalan-jalan didaerah tersebut, karena brem merupakan oleh-oleh yang tak bisa dilupakan terutama dalam hal rasa. Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa brem memiliki tiga jenis, dua diantaranya berbentuk padat dan satu lagi berbentuk cairan/minuman. Yang